Home / Berita Terbaru

8 Ide Bisnis Online untuk Pemula, Siap Coba?

8 Ide Bisnis Online untuk Pemula, Siap Coba?

07 Desember 2021 | Penulis : Adira Finance

Bisnis online untuk pemula bisa jadi pilihan tepat untuk Sahabat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini sudah banyak bisnis online yang bisa dilakukan tanpa mengganggu kegiatan sekolah atau kuliah, sehingga memudahkan Sahabat untuk menjalankan kedua kegiatan tersebut dengan seimbang. Bahkan, jika Sahabat menjalankan bisnis online untuk pemula ini dengan konsisten, bukan tidak mungkin jika bisnis tersebut bisa menjadi sumber penghasilan utama. Yuk, kita simak beberapa ide bisnis online yang bisa Sahabat coba mulai sekarang! 

Ide Bisnis Online untuk Pemula

Berikut ini beberapa ide bisnis online untuk pemula yang bisa Sahabat coba: 

  1. Thrift shop 

    Saat ini semakin banyak orang yang mencari pakaian bekas yang masih layak pakai, apalagi jika pakaian tersebut bermerek. Nah, Sahabat bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka thrift shop sebagai bisnis online untuk pemula dengan untung yang menjanjikan. 

    Tipsnya, Sahabat bisa mencari pusat thrift yang menjual barang-barang dengan harga miring, setelah itu jual kembali pakaian tersebut dengan cara mencuci, menyetrika, dan memotret setiap pakaian secara menarik. Jika menjalankan bisnis online untuk pemula ini dengan sungguh-sungguh, Sahabat pasti akan banjir orderan dan bisnisnya pun semakin berkembang. 

  2. Aksesoris resin

    bisnis online untuk pemula yang tak kalah populer yaitu menjual aksesoris resin. Sahabat pasti sering melihat aksesoris berupa cincin, kalung, gelang, gantungan kunci, case HP dengan bahan resin, kan? Nah, berbagai jenis aksesoris itu sebenarnya bisa Sahabat buat sendiri di rumah. Jika ada keinginan dan niat, Sahabat bisa lho menjual barang-barang tersebut sebagai salah satu ide bisnis online untuk pemula dengan modal minim. 

    Tipsnya, Sahabat bisa membeli resin, bunga kering, cetakan, dan barang-barang yang dibutuhkan untuk proses pembuatan aksesoris resin secara online. Setelah itu, Sahabat bisa melihat berbagai macam inspirasi dari internet, salah satunya dari website pinterest.com untuk mengeksplorasi berbagai bentuk dan tampilan yang menarik. Dengan begitu, bisnis online untuk pemula ini akan semakin banyak yang melirik dan membeli produk Sahabat. 

  3. Reseller atau dropship 

    Ingin mengembangkan bisnis online untuk pemula dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal? Reseller atau dropship bisa jadi pilihan tepat yang bisa Sahabat lakukan. Saat ini, menjadi reseller atau dropshipper bukan diperuntukkan khusus ibu rumah tangga lho, tetapi pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, dan lainnya pun bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah. Bahkan, saat ini sudah banyak supplier atau produsen yang menjual aneka macam barang khusus reseller atau dropshipper. 

    Tipsnya, supaya bisnis online untuk pemula ini semakin berkembang, Sahabat bisa memilih jenis produk yang memang saat ini sedang diminati oleh banyak orang. Selain itu, Sahabat juga bisa menjual produk sesuai dengan passion Sahabat. Misalnya, Sahabat suka dengan dunia fashion, maka cobalah cari supplier atau produsen yang menjual produk fashion. 

  4. Fotografer lepas

    bisnis online untuk pemula yang satu ini cocok bagi Sahabat yang memiliki minat dalam dunia fotografi sekaligus memiliki kamera sendiri. Sebenarnya untuk menjadi fotografer itu Sahabat tidak perlu menunggu untuk memiliki kamera yang sangat bagus. Sebab, hal penting lainnya untuk menjadi fotografer adalah skill atau kemampuan. Dengan rajin berlatih dan mengumpulkan portofolio, Sahabat bisa menawarkan jasa fotografer lepas untuk kebutuhan pre-wedding, acara lamaran, ulang tahun, pernikahan, dan lain sebagainya. 

    Tipsnya, Sahabat bisa menawarkan jasa sebagai fotografer ke orang-orang terdekat dulu, tanpa mematok harga yang tinggi. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan portofolio sebanyak mungkin. Jika portofolio Sahabat semakin banyak, otomatis banyak orang pula yang mulai melirik jasa fotografer yang Sahabat tawarkan. 

  5. Penulis lepas

    Sama seperti jasa fotografer lepas, Sahabat juga bisa menjalankan bisnis online untuk pemula sebagai penulis lepas. Tahukah Sahabat, saat ini sudah banyak perusahaan yang mencari penulis lepas untuk kebutuhan promosi berbasis digital. Nah, Sahabat bisa memaksimalkan peluang ini dengan mengembangkan bisnis online untuk pemula untuk mendapatkan penghasilan tambahan di samping bersekolah. 

    Tipsnya, Sahabat bisa mencari lowongan sebagai penulis lepas di website khusus freelancer. Sebelum itu, akan lebih baik jika Sahabat sudah mengumpulkan beberapa hasil tulisan sebagai portofolio untuk meyakinkan para pencari penulis lepas. Jika jam terbang Sahabat dalam dunia tulis menulis sudah semakin luas, maka bisnis online untuk pemula ini bisa berkembang sampai ke luar negeri lho. 

  6. Affiliate marketing 

    Salah satu bisnis online untuk pemula yang tak kalah dilirik oleh banyak orang adalah bisnis affiliate marketing. Singkatnya, affiliate marketing adalah suatu metode bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang atau merchant. 

    Saat ini mungkin Sahabat sering melihat orang-orang yang mempromosikan suatu barang di satu marketplace ternama. Biasanya orang tersebut akan menyertakan link produk dalam promosinya. Nah, nantinya jika semakin banyak orang yang klik link tersebut dan membeli produk itu, maka si orang tersebut akan mendapatkan komisi dari marketplace yang bersangkutan. Itulah yang dinamakan affiliate marketing. 

    Tipsnya, Sahabat bisa membuat konten-konten yang menarik dan unik menggunakan produk yang dipromosikan agar banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Pilihlah produk yang memang dibutuhkan sebagian besar orang. Misalnya, meja kerja untuk WFH. Affiliate marketing akan semakin menguntungkan jika Sahabat memiliki pengikut (followers) di media sosial yang cukup banyak. 

  7. Jasa Titip

    Pssssst, ternyata jasa titip (jastip) termasuk bisnis online untuk pemula dengan untung yang menjanjikan lho. Selain itu, bisnis online untuk pemula yang satu ini pun sangat mudah untuk dijalankan. Sahabat bisa menjalankan bisnis jastip berbagai produk yang sering diburu oleh banyak orang. Misalnya, Sahabat bisa membuka jastip untuk produk fashion, oleh-oleh khas daerah, produk luar negeri, dan lain sebagainya.

    Tipsnya, jika rumah Sahabat dekat dengan mall, cobalah membuka jasa titip untuk beberapa produk fashion ternama. Akan lebih baik jika produk tersebut sedang promo. Lalu, Sahabat bisa tambahkan fee atau uang tambahan untuk jastip, misalnya sebesar 20.000 per produk. Selain itu, jika Sahabat sedang liburan ke satu daerah, Sahabat juga bisa membuka jastip oleh-oleh di daerah tersebut yang tentunya diminati banyak orang. 

  8. Admin media sosial

    Saat ini online shop kian menjamur dan semakin banyak pula pemilik online shop yang membutuhkan admin media sosial untuk membalas pertanyaan dari konsumen, menjawab komentar, memosting produk, dan lain sebagainya. Nah, Sahabat bisa memanfaatkan peluang ini sebagai bisnis online untuk pemula agar mendapatkan penghasilan tambahan. 

    Tipsnya, cobalah cari lowongan sebagai admin media sosial di website khusus lowongan pekerjaan. Buat curriculum vitae (CV) yang menarik dengan tambahan portofolio yang dapat meyakinkan.

Bagaimana Mendapatkan Modal Bisnis Online untuk Pemula?

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, mencari modal usaha merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi sebagian orang. Sebab, terkadang banyak yang mengurungkan niat untuk memulai berbisnis karena keterbatasan modal. Padahal, saat ini sudah banyak kemudahan untuk mendapatkan modal bisnis dengan layanan pinjaman dana tunai lho. 

Salah satu layanan yang bisa Sahabat maksimalkan yaitu Kredit Multiguna dari Adira Finance. Kredit Multiguna adalah jenis pembiayaan barang dan/atau jasa dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif maupun produktif dengan tujuan penggunaan yang spesifik, seperti modal bisnis. Layanan ini sangat memudahkan bagi Sahabat yang sudah berusia di atas 21 tahun dan ingin mendapatkan modal usaha dengan mudah, proses cepat, dan aman. 

Dengan memanfaatkan layanan Kredit Multiguna, maka Sahabat bisa mendapatkan pinjaman untuk modal bisnis dengan proses cepat, mudah, dan aman. Ini karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga lebih aman dan menguntungkan bagi konsumen. Yuk, ajukan pinjaman dana untuk modal bisnis di sini.

Ajukan Kredit Multiguna

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motor.

Ajukan Kredit Motor

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN