Home / Berita Terbaru

8 Komponen Penting dalam Komputer Gaming

8 Komponen Penting dalam Komputer Gaming

21 Desember 2021 | Penulis : Adira Finance

Komputer gaming yang berkualitas menjadi barang elektronik incaran oleh sebagian kalangan, termasuk bagi Sahabat yang gemar bermain game. Tak bisa dipungkiri bahwa komputer merupakan salah satu media paling seru untuk digunakan bermain game. Jika komputer gaming dirakit dengan kombinasi yang benar dan berkualitas, maka sangat bermanfaat untuk melakukan kegiatan lain selain bermain game. 

Sayangnya, memilih komponen yang tepat untuk komputer gaming merupakan tantangan tersendiri karena kegiatan ini bukanlah hal yang mudah. Berbagai aspek perlu Sahabat perhatikan jika tidak ingin rugi mengeluarkan banyak uang hanya untuk komponen yang ternyata tidak kompatibel alias tidak cocok satu dengan yang lainnya. 

Melihat betapa menariknya komputer gaming, namun cukup sulit merakit komputer yang berkualitas dan ekonomis, membuat sebagian orang mencari berbagai cara untuk mengetahui panduan merakit komputer gaming dengan mudah. Apakah Sahabat salah satunya? Nah, sekarang tidak perlu khawatir karena artikel ini akan menjelaskan mengenai panduan membeli komputer gaming rakitan yang cocok untukmu. 

Saat membahas komputer gaming rakitan, maka hal terpenting yang menunjang agar komputer gaming tersebut berkualitas dan kompatibel adalah komponen-komponennya. Penting bagi Sahabat untuk mengetahui fungsi dari masing-masing komponen penting dalam komputer gaming. 

Komponen dalam Komputer Gaming

Berikut ini beberapa komponen yang harus ada dalam komputer gaming, antara lain:

  • Motherboard

    Sesuai dengan namanya, motherboard merupakan induk dari komputer. Komponen inilah yang menghubungkan setiap komponen seperti prosesor dan memori menjadi sebuah komputer yang bisa kita gunakan. 

    Mengingat fungsinya yang sangat krusial, maka penting bagi Sahabat untuk memilih jenis motherboard yang berkualitas. Jangan sampai motherboard yang dipilih tidak kompatibel dengan komponen lain yang nantinya akan membentuk komputer gaming. 

  • Prosesor

    Prosesor ibarat otak dari sebuah komputer. Tanpa prosesor, maka tidak akan ada komputer yang berfungsi. Prosesor yang nantinya akan melakukan berbagai perhitungan yang dapat komputer lakukan, serta memberi perintah kepada komponen-komponen lainnya. Semakin bagus prosesor yang dipilih, maka performa komputer gaming secara keseluruhan semakin terjamin. 

  • VGA (graphic card

    Nah, ini dia komponen yang paling sering membuat para gamer keringat dingin dan deg-degan. Kok bisa? Sebab, VGA atau Video Graphics Array merupakan komponen yang menentukan kualitas visual atau grafis yang mampu ditangani oleh komputer Sahabat. Meskipun VGA sangat penting untuk performa komputer gaming, tentunya Sahabat juga harus memerhatikan komponen lainnya agar lebih kompatibel. 

  • RAM

    Random-Access Memory atau biasa disingkat menjadi RAM adalah komponen penting selanjutnya yang harus ada dalam perangkat komputer gaming. RAM berfungsi menyimpan data secara tidak permanen, jadi data yang dibutuhkan dan diproses akan disimpan dalam sebuah storage yang nantinya akan langsung digunakan oleh komputer.

    Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin besar juga informasi yang bisa langsung diproses. Dengan begitu, maka akan semakin cepat juga komputer gaming untuk melakukan berbagai perintah yang diberikan. 

  • Storage 

    Storage termasuk salah satu komponen yang kurang mendapat perhatian yang lebih dari sebagian besar gamer. Padahal, spesifikasi hard disk dan SSD merupakan salah satu faktor yang berperan penting untuk mendukung kinerja komputer secara keseluruhan. Kapasitas dan usia penggunaan bisa menjadi tolak ukur dalam memilih storage untuk kebutuhan komputer rakitanmu. 

  • Power supply 

    Semakin canggih komponen yang Sahabat gunakan, tentunya semakin besar juga daya yang dibutuhkan. Sesuai dengan namanya, power supply akan menyuplai komputer Sahabat dengan daya yang dibutuhkan. Jangan sampai Sahabat membeli komponen lain yang super canggih, tetapi power supply yang Sahabat miliki tidak kuat untuk menyuplai daya yang dibutuhkan.

  • Casing 

    Casing atau PC case merupakan bagian terluar dari komputer. Banyak pengguna yang memilih case hanya dari tampilan visualnya saja, padahal banyak juga lho aspek yang harus diperhatikan sebelum memilih case untuk komputer gaming rakitan. Beberapa aspek yang perlu Sahabat perhatikan di antaranya material yang digunakan, ruang kosong di dalam case untuk mendukung upgrade, pola sirkulasi udara, konektivita dari setiap port yang tersedia, kemudahan saat bongkar pasang, serta cable management yang baik. 

  • Optical drive 

    Komponen ini sebenarnya sudah tidak terlalu penting, apalagi jika Sahabat sudah tidak pernah membeli game secara fisik lagi. Namun, apabila Sahabat masih rajin membeli DVD game atau memang gemar membeli CD musik untuk disalin ke hard disk, kehadiran optical drive sangatlah penting. Meski begitu, Sahabat dianjurkan untuk memilih perangkat optik seperti DVD-RW dibandingkan Blu-ray. 

Itulah beberapa komponen penting yang harus kompatibel untuk merakit komputer gaming yang berkualitas. Selain komponen yang telah disebutkan, sebenarnya ada juga komponen pendukung lain yang harus Sahabat miliki, di antaranya monitor, speaker, mouse, keyboard, dan perangkat tambahan lainnya. 

Untuk komponen pendukung tersebut, Sahabat bisa menyesuaikan kembali dengan selera dan kualitas yang ingin dihadirkan saat bermain game. Sebagai contoh, bila Sahabat ingin bermain game dengan layar yang lebar, maka pilihlah ukuran monitor yang sesuai. Begitu pula dengan speaker. Untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih seru, mungkin Sahabat bisa memilih speaker dengan kualitas suara yang sangat bagus. 

Perlu Sahabat ingat bahwa untuk merakit komputer gaming sendiri memang tidak semudah yang dibayangkan. Selain paham mengenai komponen dalam komputer gaming, Sahabat juga perlu mengetahui spesifikasi perangkat terkait yang dibutuhkan guna mengoptimalkan fungsi dari komputer tersebut.

Untuk mendapatkan komputer gaming, sebenarnya Sahabat tidak perlu merakitnya sendiri. Ada pula cara lain dalam mendapatkan komputer impian, yaitu dengan membeli komputer dengan spesifikasi andal, sehingga cocok digunakan untuk bermain game. Sahabat khawatir karena belum ada dana terkumpul untuk membeli komponen atau komputer gaming tersebut?

Eits, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Sahabat bisa memanfaatkan layanan Kredit Elektronik dan Furnitur dari Adira Finance. Kredit Elektronik dan Furnitur merupakan layanan pinjaman dana tunai untuk mendapatkan komputer, handphone, laptop, televisi, AC, lemari es, lemari, kasur, kursi, sofa, alat fitnes, serta berbagai produk elektronik dan furnitur lainnya dengan mudah. 

Sebab, Kredit Elektronik dan Furnitur menawarkan keuntungan dengan persyaratan yang mudah, proses cepat, bunga dan angsuran lebih ringan, jaringan pembayaran angsuran yang luas, serta layanan yang bersahabat karena sudah ada ratusan kantor cabang atau perwakilan, merchant atau toko, call center, serta media digital untuk membantu Sahabat dalam menggunakan layanan ini. Selain itu, layanan Kredit Elektronik dan Furnitur juga terbuka bagi konsumen dengan profesi sebagai karyawan (swasta maupun PNS), wiraswasta, profesional, serta kelembagaan. 

Sahabat juga tidak perlu khawatir karena layanan Kredit Elektronik dan Furnitur dari Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya. Yuk, dapatkan komputer gaming impianmu di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN