Home / Berita Terbaru

8 Tips Membeli Mobil Bekas

8 Tips Membeli Mobil Bekas

02 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat sedang membutuhkan mobil untuk menunjang aktivitas harian? Tidak ada salahnya jika Sahabat membeli mobil bekas dengan kualitas terbaik lho. Ada beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa Sahabat lakukan sebelum menentukkan satu jenis mobil. Sebab, banyak pula mobil bekas yang terlihat mulus, namun ternyata kondisi mesin, komponen, dokumen, dan lainnya tidak baik. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui apa saja tips membeli mobil bekas agar kondisinya masih layak digunakan dan sesuai dengan anggaran.

Tips Membeli Mobil Bekas

Selain jeli melihat kondisinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas. Berikut ini beberapa tips memilih mobil bekas yang berkualitas:

  1. Pilih showroom dengan stok mobil banyak

    Tips membeli mobil bekas yang pertama kali harus diperhatikan Sahabat adalah mencari showroom atau dealer dengan stok mobil banyak dan terpercaya. Sebab, dengan banyaknya pasokan mobil tentu semakin memberikan banyak pilihan bagi calon pembeli. Selain itu, sebaiknya Sahabat juga survei ke beberapa showroom untuk dijadikan alternatif saat memilih mobil bekas yang berkualitas. 

  2. Kelengkapan dokumen

    Tips membeli mobil bekas yang penting adalah memeriksa kelengkapan dokumen dari pemilik sebelumnya. Membeli mobil bekas tanpa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan/atau tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sangat berisiko. Pasalnya, akan membutuhkan waktu dan biaya lain untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut jika Sahabat tetap ingin membeli mobil yang bersangkutan. Dampak lainnya, ketiadaan dokumen penting mobil bekas dapat menimbulkan risiko yang lebih serius, yaitu bisa saja BPKB mobil sedang dititipkan atau digadaikan. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui tips membeli mobil bekas ini dengan cara memeriksa surat-surat kendaraan yang meliputi BPKB, STNK, form A jika mobil impor, faktur, dan lainnya. Jika perlu, Sahabat bisa melakukan pengecekan keabsahan surat-surat tersebut melalui aplikasi online yang bisa dengan mudah diakses. 

  3. Komponen mobil

    Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu memeriksa komponen mobil, baik eksterior maupun interiornya. Untuk komponen eksterior, Sahabat perlu memastikan kondisi pintu, kap mesin, dan kaca mobil apakah masih orisinil atau tidak. Selain itu, perhatikan pula kondisi cat mobil, terkadang cat mobil menjadi belang karena perbaikan sebelumnya yang tidak rapi. 

    Yang paling penting dalam tips membeli mobil bekas untuk bagian body yaitu memeriksa struktur rangka utama mobil tersebut. Sebaiknya rangka mobil masih dalam keadaan prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

    Setelah itu, tips membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan yaitu cermat memeriksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsinya, mulai dari AC, sistem audio, lampu, dan lainnya. Sahabat harus memastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

  4. Kondisi mesin

    Jika Sahabat melihat ada mobil bekas yang bagian body atau eksteriornya mulus, sebaiknya jangan langsung tergiur untuk membawanya pulang ya. Sebab, banyak pula mobil bekas yang terlihat mulus, namun kondisi mesinnya justru sudah tak layak. Maka dari itu, tips membeli mobil bekas yang satu ini sangat krusial untuk dilakukan Sahabat. Mobil harus mudah di-starter, kemudian pastikan suara mesin tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin atau tidak.

    Baca juga: Cara Dapatkan Kredit Mobil Murah Tanpa DP

  5. Test drive 

    Tips membeli mobil bekas yang tak kalah penting adalah test drive. Sebab, kualitas mesin mobil akan lebih terasa saat Sahabat mengendarainya langsung di jalan raya. Maka dari itu, mintalah untuk melakukan test drive pada penjual mobil bekas tersebut. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi dan kaki mobil, cara ini juga dapat menguji kenyamanan berkendara. 

  6. Bawa mekanik ahli

    Peran mekanik ahli merupakan salah satu tips membeli mobil bekas yang berkualitas lho. Jika Sahabat masih pemula dalam dunia otomotif, tidak perlu khawatir saat ingin membeli mobil bekas. Sebab, Sahabat masih bisa membawa mekanik ahli atau teman yang sudah paham mengenai mobil dan komponennya. Dengan keahlian yang dimilikinya, mekanik bisa mendeteksi kondisi mobil bekas, termasuk jika nantinya akan ada kerusakan atau kekurangan. 

    Tips membeli mobil bekas yang satu ini penting supaya Sahabat tidak mudah tergoda dengan promosi dari penjual. Dengan bantuan mekanik ahli, Sahabat pun akan merasa lebih yakin dalam membeli mobil pilihan. 

  7. Perhatikan catatan perawatannya

    Tips membeli mobil bekas lainnya yang perlu diperhatikan adalah catatan perawatannya. Meskipun mobil bekas, namun jika pemilik sebelumnya melakukan perawatan yang baik dan rutin, maka kondisi mobilnya pun akan tetap bagus. Aspek perawatan ini sangat penting dan tidak bergantung terhadap berapa jauh jarak yang sudah pernah ditempuh oleh mobil tersebut. Ini karena jarak tidak begitu penting jika melakukan perawatan yang rutin. 

  8. Tentukan Anggaran 

    Anggaran juga termasuk ke dalam tips membeli mobil bekas lho. Saat membeli mobil bekas, Sahabat pasti ingin membeli mobil bekas dengan harga terjangkau dan kualitasnya sangat baik. Bukan berarti Sahabat tidak dapat menemukan mobil kualitas bagus dengan harga terjangkau, akan tetapi Sahabat harus lebih berhati-hati dan jeli memeriksa kondisi mobil bekas apabila harganya jauh di bawah pasaran. Hal ini karena banyak mobil bekas kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga miring. 

Namun, Sahabat tidak perlu khawatir jika ingin membeli mobil bekas, tetapi dananya belum terkumpul dengan cukup. Sebab, ada cara lain yang memudahkan Sahabat untuk memiliki mobil tersebut, yaitu dengan memanfaatkan layanan kredit mobil.

Kredit mobil adalah cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dicicil atau diangsur kepada perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan tersebut. Kredit memudahkan siapapun untuk mendapatkan mobil impian dengan cepat dan mudah. Terdapat skema pembayaran, seperti persentase uang muka dan cicilan yang telah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Layanan ini termasuk salah satu tips membeli mobil bekas yang bisa Sahabat lakukan dengan mudah dan cepat. Pastikan Sahabat memilih layanan kredit mobil dari perusahaan pembiayaan yang sudah terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan perusahaan pembiayaan tersebut memberikan layanan kemudahan dalam setiap proses pengajuan dan pembayaran dengan suku bunga yang kompetitif, agar tidak memberatkan Sahabat sebagai konsumen saat membayar cicilan setiap bulannya. 

Salah satu perusahaan pembiayaan kredibel yang menyediakan kredit mobil adalah Adira Finance. Di Adira Finance, Sahabat bisa mengajukan kredit untuk mobil baru maupun bekas dengan persyaratan sesuai kategori, yaitu karyawan, wiraswasta, profesional, atau perusahaan. Masing-masing kategori ini memiliki persyaratan khusus yang perlu dipenuhi saat mengajukan kredit mobil. Namun, umumnya ada beberapa dokumen penting yang harus dipenuhi oleh konsumen, di antaranya fotokopi KTP, kartu keluarga, kepemilikan rumah, rekening tabungan, NPWP, dan lainnya.

Itulah tips membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan oleh Sahabat. Intinya, Sahabat tetap harus teliti dan tidak terburu-buru dalam menentukkan satu jenis mobil saja. Pastikan untuk selalu cermat sebelum melakukan transaksi, serta gunakan tips membeli mobil bekas di atas sebagai cara untuk mendapatkan mobil dengan mudah dan sesuai harapan. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN