Home / Berita Terbaru

8 Tips Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

8 Tips Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

06 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal memang tidak mudah. Terlebih jika usaha yang akan dijalankan membutuhkan dana yang cukup besar. Sebagian orang melakukan berbagai cara demi mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal. Sebenarnya, modal usaha bukanlah faktor utama yang harus dipikirkan dalam membangun sebuah bisnis. Akan tetapi, tanpa modal otomatis bisnis tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

Hal ini karena beberapa bisnis membutuhkan modal yang memadai agar operasional, promosi, dan segala aspeknya berjalan sesuai rencana. Nah, jika Sahabat kesulitan dalam mencari modal usaha, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha awal. Yuk, simak tipsnya dalam artikel ini. 

Baca Juga : Ini Harga Off The Road Suzuki Baleno Hatchback Mulai Rp 116 Juta

Cara Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

Berikut ini beberapa cara mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal yang bisa Sahabat pilih, di antaranya: 

  1. Mendapatkan modal dari kredit multiguna

    Kredit multiguna termasuk layanan pinjaman untuk modal usaha awal yang mudah, aman, dan proses cepat. Kredit Multiguna adalah jenis pembiayaan barang dan/atau jasa dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif dengan tujuan penggunaan pembiayaan yang spesifik. 

    Dengan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Cara ini cukup mudah digunakan karena aset tersebut tetap bisa digunakan untuk mendukung mobilitas dan memperluas usaha yang dikembangkan. 

    Lantas, apa perbedaan fasilitas dana dan multiguna (jasa)? Fasilitas dana merupakan pencairan dana diberikan langsung kepada konsumen dan konsumen wajib menyerahkan bukti penggunaan dana berupa invoice atau kuitansi dari pihak ketiga. Sedangkan, multiguna (jasa) merupakan pencairan dana diberikan kepada pihak ketiga (mitra maxi) yaitu penyedia barang dan/atau jasa. Sebagai contoh, dana diberikan langsung kepada perguruan tinggi jika dana tersebut digunakan untuk biaya pendidikan. Begitu pula saat Sahabat membutuhkan pinjaman untuk modal usaha awal, kredit multiguna hadir untuk memudahkan Sahabat dalam menjalankan bisnis. 

    Sahabat bisa menggunakan layanan kredit multiguna dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tentunya dengan suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulannya. Dengan begitu, Sahabat pun bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal tanpa beban dan repot. 

  2. Mendapatkan modal dari koperasi

    Sahabat juga bisa mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal dari koperasi simpan pinjam. Namun, sebagian koperasi hanya menyediakan layanan ini khusus untuk para anggotanya saja. Layanan pinjaman tidak bisa diberikan kepada orang di luar anggota. Oleh karena itu, jika Sahabat berniat menggunakan sumber pinjaman ini, pastikan untuk bergabung dulu dengan koperasi simpan pinjam agar mendapat dana tunai yang diinginkan. 

  3. Mendapatkan modal dari pinjaman keluarga atau teman

    Pinjaman untuk modal usaha awal lainnya bisa didapatkan dari keluarga atau teman dekat. Sumber pinjaman ini memang terlihat mudah, namun ternyata ada beberapa hal yang harus Sahabat perhatikan, salah satunya dengan melakukan perjanjian tertulis antara kedua belah pihak serta menjalin hubungan yang baik selama proses pelunasan pinjaman tersebut. Oleh karena itu, Sahabat bisa membuat skema pinjaman dengan cara profesional yang mencakup informasi jumlah dana, batas tenggat waktu, keuntungan atau pengembalian yang didapatkan oleh pihak yang meminjamkan modal usaha tersebut. 

  4. Mendapatkan modal dari pinjaman online 

    Saat ini sudah banyak jasa pinjaman online yang menyediakan layanan pinjaman untuk modal usaha awal. Banyak pula orang yang memanfaatkan layanan ini karena persyaratan dan prosesnya cepat. Namun, pinjaman online juga tak sepenuhnya aman dan menguntungkan lho. Sebab, saat ini sudah banyak oknum yang menyediakan layanan pinjaman online ilegal. Bahkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah mendapatkan banyak laporan mengenai lembaga pinjaman online yang ilegal dan merugikan banyak konsumen. Pastikan memilih lembaga keuangan yang sudah legal dan kredibel agar terhindar dari penipuan. 

  5. Mendapatkan modal dari menggadaikan aset

    Menggadaikan aset juga bisa menjadi cara saat mencari pinjaman untuk modal usaha awal lho, Sahabat. Biasanya, barang atau aset yang dapat digadaikan berupa emas, kendaraan, atau alat elektronik rumah tangga. Pihak pegadaian akan menentukan nilai dari barang-barang yang layak digadai untuk memberikan pinjaman modal usaha kepada Sahabat. Pilihlah perusahaan gada yang sudah legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu Sahabat ketahui, biasanya jangka waktu pinjaman untuk modal usaha awal yang diberikan oleh perusahaan gadai tidak sepanjang tenor yang diberikan oleh lembaga keuangan lainnya. 

  6. Mendapatkan modal dari tabungan

    Cara yang paling umum untuk mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal yaitu dengan menggunakan tabungan pribadi. Meskipun menggunakan dana pribadi, namun Sahabat perlu memastikan sendiri bahwa dana tersebut merupakan sebuah pinjaman, sehingga jika bisnisnya sudah balik modal, maka dana pinjaman dari tabungan harus dikembalikan sesuai nominal awal. Cara ini bisa membuat Sahabat lebih disiplin dalam membedakan keuangan pribadi dan pemasukan dari bisnis yang dijalani.

    Namun, sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan oleh sebagian orang karena jumlah dana di tabungannya kurang. Selain itu, banyak pula orang yang menabung untuk keperluan penting lainnya, seperti dana pendidikan, dana pensiun, dan lainnya. Dengan begitu, tabungan tidak bisa dijadikan sebagai sumber pinjaman untuk modal usaha awal. Akan tetapi, Sahabat tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa dipilih untuk mendapatkan modal usaha. 

    Baca juga: Butuh Pinjaman Dana? Ini Syarat dan Tips Agar Cepat Cair

  7. Mendapatkan modal dari Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    Layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) biasanya disediakan oleh lembaga perbankan sebagai fasilitas pinjaman untuk modal usaha awal. Biasanya layanan KTA hanya dapat dimanfaatkan untuk para nasabah bank yang bersangkutan. Maka dari itu, jika Sahabat ingin mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal dengan KTA, maka Sahabat harus menjadi nasabah di salah satu bank yang menyediakan layanan ini. 

    Saat memilih layanan KTA untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, Sahabat harus cermat untuk mengetahui berapa besaran suku bunga yang diberikan. Hindari memilih layanan KTA dengan suku bunga yang sangat tinggi, karena akan menyulitkan saat proses pelunasan.

  8. Mendapatkan modal dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)

    Mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal juga bisa dengan cara Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sebuah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia, bekerja sama dengan perbankan dan ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK). 

Kredit Usaha Rakyat (KUR) meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan usaha jasa simpan pinjam. KUR dikenal sebagai cara mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal yang menawarkan bunga rendah karena disubsidi oleh pemerintah. 

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Pinjaman Bunga Rendah. Pasti Cair!

Itulah beberapa tips mendapatkan pinjaman untuk modal usaha awal yang bisa Sahabat pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Pastikan memilih jenis pinjaman yang aman, terpercaya, dan tidak memberatkan saat proses pembayaran di kemudian hari. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN