Home / Berita Terbaru

9 Cara Agar HP Tidak Ngelag

9 Cara Agar HP Tidak Ngelag

02 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Di zaman sekarang, sudah banyak smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Namun sayangnya, masih ada pula yang tak bisa terhindar dari permasalahan lemot atau ngelag. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui cara agar HP tidak ngelag agar terhindar dari permasalahan tersebut.

Permasalahan HP ngelag muncul karena beberapa penyebab, mulai dari terlalu banyak install aplikasi, kondisi baterai yang semakin menurun, hingga kapasitas RAM yang terlalu kecil. Akan tetapi, tak sedikit pula permasalahan ini muncul karena banyaknya virus yang masuk ke dalam sistem HP, sehingga menjadi lemot atau ngelag. Sekarang Sahabat tidak perlu khawatir lagi, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara agar HP tidak ngelag. Simak artikelnya sampai selesai yuk!

Cara Agar HP Tidak Ngelag 

Supaya Sahabat lebih nyaman menggunakan smartphone, berikut ini beberapa cara agar HP tidak ngelag: 

  1. Perhatikan jumlah memori

    Setiap smartphone dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda. Spesifikasi inilah yang dapat memengaruhi performa smartphone milik Sahabat. Selain RAM, kapasitas memori juga perlu Sahabat ketahui agar terhindar dari permasalahan lemot atau ngelag. Maka dari itu, cara agar HP tidak ngelag ini perlu dilakukan oleh Sahabat dengan menghindari menyimpan terlalu banyak data di dalam HP. 

  2. Gunakan aplikasi antivirus

    Cara agar HP tidak ngelag selanjutnya yaitu gunakan aplikasi antivirus. Cara ini penting untuk mencegah virus-virus untuk merusak sistem HP. Namun, ada hal yang harus Sahabat perhatikan juga lho. Sebaiknya hindari meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di HP ya, Sahabat. Hal ini dikarenakan aplikasi antivirus akan terus berjalan di background HP, sehingga bisa menyebabkan RAM semakin boros dan performa HP jadi lemot. 

  3. Rajin membersihkan junk, cache, dan file yang tak dipakai

    Sahabat juga bisa melakukan cara agar HP tidak ngelag dengan rajin membersihkan junk, cache, dan file yang tak terpakai di HP. Sebab, file-file tersebut akan dianggap sebagai ‘sampah’ oleh sistem HP, sehingga jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan HP jadi lemot atau ngelag. 

  4. Perbarui sistem dan perangkat lunak

    Rutin perbarui sistem merupakan salah satu cara agar HP tidak ngelag. Sebaiknya segera lakukan update jika ada pemberitahuan untuk perbarui sistem dan perangkat lunak (update software). Cara ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang mungkin dibawa oleh sistem sebelumnya. Sebab, bisa dipastikan update software tersebut bertujuan untuk memberikan perbaikan yang lebih stabil dan disertai fitur-fitur baru. 

  5. Kurangi penggunaan widget 

    Tahukah Sahabat bahwa mengurangi penggunaan widget ternyata bisa jadi cara agar HP tidak ngelag lho. Namun, apa sebenarnya widget? Widget adalah tampilan aplikasi mini yang dapat disematkan dalam aplikasi lain atau layar utama. 

    Tak hanya mempercantik tampilan layar utama, tetapi widget juga berguna sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Meskipun dapat mempercepat akses, namun penggunaan widget justru akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar lho. Akibatnya, HP Sahabat menjadi lemot atau ngelag. Oleh karena itu, kurangi penggunaan widget sebagai cara agar HP tidak ngelag. 

  6. Hapus atau hentikan aplikasi yang tak diperlukan

    Biasanya kita selalu tergoda untuk meng-install berbagai macam aplikasi yang hanya digunakan satu atau dua kali. Kebiasaan ini dilakukan karena aplikasi tersebut cukup menarik untuk dicoba. Bahkan, sering kali aplikasi yang baru di-install tersebut justru memiliki fungsi yang hampir mirip dengan aplikasi yang sudah Sahabat pasang sebelumnya. Dampaknya, ruang penyimpanan HP Sahabat semakin penuh oleh aplikasi yang tidak diperlukan.

    Maka, Sahabat perlu melakukan cara agar HP tidak ngelag dengan menghapus atau menghentikan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai dan memiliki fungsi sama dengan aplikasi lainnya. 

  7. Gunakan memori eksternal

    Penggunaan memori eksternal bisa menjadi salah satu cara agar HP tidak ngelag. Sebab, salah satu penyebab HP lemot yaitu karena kapasitas memori yang sudah penuh, sehingga sistem HP semakin sulit untuk berfungsi. Solusinya, Sahabat bisa menggunakan memori eksternal agar HP tidak mudah lemot. 

  8. Lakukan setel ulang (factory reset)

    Cara agar HP tidak ngelag yang bisa Sahabat pilih yaitu dengan melakukan setel ulang (factory reset) secara berkala. Cara ini bertujuan untuk membersihkan semua yang telah menumpuk di dalam sistem HP. Cara agar HP tidak ngelag dengan factory reset mungkin akan berbeda di setiap jenis HP. Sebab, setiap jenis atau merek HP memiliki pengaturannya sendiri. Oleh karena itu, Sahabat bisa mencari tahu mengenai factory reset di website resmi dari jenis HP yang digunakan. 

  9. Hindari menggunakan baterai HP hingga 0%

    Cara agar HP tidak ngelag yang tak kalah penting yaitu memerhatikan kondisi pemakaian baterai. Bermain games atau media sosial terkadang sering membuat Sahabat lupa waktu, bukan? Jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus, bisa jadi Sahabat mengalami kecanduan gadget. Hal ini bisa berdampak buruk karena baterai HP akan lebih mudah habis, bahkan Sahabat bisa saja menggunakan HP hingga baterainya habis. Nah, kebiasaan inilah yang bisa jadi salah satu penyebab HP lemot. Oleh karena itu, Sahabat perlu melakukan cara agar HP tidak ngelag dengan tidak membiarkan baterai hingga 0%. Alangkah lebih baik jika Sahabat langsung segera isi daya baterai jika sudah 20%. 

Sahabat mungkin akan terganggu jika HP yang digunakan mengalami kondisi lemot atau ngelag. Maka dari itu, beberapa cara agar HP tidak ngelag di atas bisa jadi solusi. Jika Sahabat sudah melakukan cara-cara di atas, tetapi HP tetap ngelag, mungkin sudah saatnya Sahabat menggantinya dengan HP baru. 

Penggunaan HP baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi bisa memudahkan Sahabat dan bisa menjadi cara agar HP tidak ngelag. Apalagi saat ini HP sangat diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk komunikasi, hiburan, dan urusan pekerjaan. Akan tetapi, kendala yang sering muncul saat ingin membeli HP idaman, yaitu dana yang belum tercukupi. Eits, Sahabat tidak perlu khawatir ya, karena saat ini sudah ada kemudahan yang bisa Sahabat manfaatkan saat ingin membeli HP idaman. 

Ada berbagai layanan pinjaman dana yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan. Bahkan, persyaratan dan proses pengajuannya pun cukup mudah, Sahabat hanya perlu duduk manis di rumah dan mengunduh aplikasi Adiraku untuk mengajukan pinjaman dana. Aplikasi Adiraku merupakan salah satu fasilitas dari Adira Finance yang menyediakan layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, kredit elektronik dan furnitur, hingga kredit multiguna.

Bila berniat membeli HP idaman, Sahabat bisa memaksimalkan layanan kredit elektronik dan furnitur dari Adira Finance karena sudah terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain HP, kredit ini juga bisa digunakan untuk pembiayaan produk-produk berikut ini:

  • Elektronik: home appliance, au-vi, kamera
  • Furnitur: spring bed, sofa, meja, kursi, lemari
  • Komputer: desktop pc, laptop
  • Gadget: smartphone, tablet
  • Barang lainnya: sepeda, generator listrik, alat fitnes, dan lain sebagainya 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN