Home / Berita Terbaru

9 Hal Penting dalam Memilih Universitas Swasta Terbaik

9 Hal Penting dalam Memilih Universitas Swasta Terbaik

21 Juli 2022 | Penulis : Adira Finance

Indonesia tentu memiliki sejumlah universitas swasta terbaik di berbagai daerahnya. Meski masih banyak calon mahasiswa yang lebih memilih perguruan tinggi negeri untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka, tapi universitas swasta memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya menjadi pilihan sebagian calon mahasiswa.

Bahkan, banyak juga beberapa calon mahasiswa yang sejak awal memang sudah menargetkan diri ke beberapa nama universitas swasta terbaik di Indonesia. Alasannya pun beragam, mulai dari kurikulum, lokasi, hingga akreditasinya. Tak hanya itu, sebagian universitas swasta Indonesia bahkan bekerja sama dengan universitas luar negeri sehingga membuat calon mahasiswanya menjadi lebih tertarik. 

Lagi pula baik universitas swasta maupun negeri, keduanya tentu sama-sama baik dan kualitas pendidikan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Hal ini bergantung bagaimana mahasiswanya nanti mengaplikasikan dalam hidup atau pekerjaan mereka. 

Dalam informasi kali ini, akan berfokus pada universitas swasta terbaik; seperti hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftar, daftar universitas swasta terbaik di Indonesia, dan kisaran biaya untuk menempuh pendidikan di universitas swasta. Jika ini informasi yang sedang dibutuhkan Sahabat, mari simak bersama ya!

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 

Berikut adalah daftar universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia yang bisa membantu Sahabat dalam memilih universitas swasta terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Daftar ini diambil dari data lembaga pemeringkatan Webometrics di tahun 2022. Ada sekitar 2,585 universitas di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatannya. 

Webometrics menggunakan indikator berikut ini untuk menentukan universitas swasta terbaik:

  • impact atau visibility
  • openness atau transparency
  • excellence

Berikut daftar universitas swasta terbaik versi Webometrics 2022:

  1. Telkom University
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Universitas Mercu Buana
  5. Universitas Islam Indonesia
  6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  7. Universitas Gunadarma
  8. Universitas Ahmad Dahlan
  9. Universitas Kristen Satya Wacana
  10. Universitas Dian Nuswanto

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Universitas Swasta

Sebelum Sahabat memilih universitas yang tepat untuk menimba ilmu, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  1. Peringkat universitas

    Universitas swasta terbaik tentu yang memiliki peringkat tinggi karena biasanya akan beriringan dengan kualitasnya. Sayangnya, beberapa orang sering kali mengabaikan peringkat universitas karena dinilai tidak begitu penting. 

    Padahal, hal ini bisa berpengaruh juga dalam administrasi seleksi pegawai negeri atau perusahaan tertentu yang seleksi karyawannya sudah spesifik ketat dilihat dari administrasinya. Biasanya, ada banyak lembaga yang setiap tahun memberikan daftar universitas swasta terbaik, seperti Kemristekdikti, Webometrics, 4ICU dan lain-lain.

  2. Akreditasi universitas

    Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk memberi standar mutu sebuah universitas atau sekolah. Semakin tinggi akreditasi, tentu citra dan lulusannya akan semakin dipandang berkualitas. Beberapa perusahaan juga membuat syarat karyawan diterima minimal dari institusi pendidikan yang terakreditasi baik. 

    Akreditasi biasanya dibedakan menjadi Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang) dan belum terakreditasi. Nah, peringkat perguruan tinggi ini termasuk universitas swasta terbaik bisa Sahabat lihat di website resmi BAN-PT.

  3. Akreditasi jurusan dan pilihan program studi

    Jangan hanya berhenti di akreditasi universitas ya, Sahabat. Cek juga akreditasi jurusan yang dipilih. Akreditasi jurusan ini tentu punya pengaruh terhadap Sahabat yang nantinya akan mencari pekerjaan.

  4. Keberhasilan alumninya

    Kiprah dan jejak karir alumni bisa jadi indikator sebuah universitas swasta terbaik. Semakin banyak alumni yang berprestasi tentu punya dampak yang besar bagi lulusan baru atau fresh graduate yang akan terjun ke dunia kerja.

  5. Lokasi kampus

    Maksimalkan untuk mencari universitas swasta terbaik pilihan Sahabat di kota atau domisili sendiri. Jika memang benar-benar tidak ada yang sesuai dengan pilihan jurusan dan pertimbangan lainnya, baru bisa cari ke luar daerah atau bahkan luar pulau daerah Anda sendiri. 

    Hal ini akan berkaitan nantinya dengan biaya hidup selama menjalani pendidikan di universitas. Mulai dari ongkos pergi atau kos, biaya semester dan biaya tak terduga lainnya yang mungkin diperlukan selama masa perkuliahan nantinya.

  6. Usia kampus

    Terkadang banyak calon mahasiswa yang mengabaikan hal ini tapi sebenarnya ini penting lho! Logikanya, semakin tua usia universitas maka bisa kita simpulkan citranya baik di mata masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang memilih untuk menempuh pendidikan di sana. 

  7. Fasilitas

    Setelah akreditasi dan peringkatnya, tentu perlu untuk memastikan fasilitas kampus yang memadai dan menunjang proses pembelajaran nantinya. Bahkan lebih detail lagi, pastikan fasilitas fakultas atau jurusan juga memadai. Saat ini sudah banyak universitas swasta terbaik yang menyediakan fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan universitas negri.

  8. Tanya rekomendasi mahasiswa dan alumni

    Jika sudah mencari tahu sendiri, sebelum menentukan universitas swasta terbaik untuk Sahabat pilih, pastikan juga untuk minta review mahasiswa yang sudah belajar di sana atau para alumninya. 

    Pengalaman adalah pertimbangan yang biasanya paling pas karena dengan mendengarkannya kita sendiri bisa memposisikan diri sudah belajar di universitas tersebut sehingga semakin meyakinkan pilihan nantinya.

  9. Biaya

    Nah, hal ini tentu penting untuk dipertimbangkan ya, Sahabat. Karena, pada umumnya biaya menempuh pendidikan sarjana atau gelar lainnya yang setara lebih mahal dibanding biaya pendidikan sekolah. Namun, jangan hanya melihat hal ini dari satu sisi. 

Sebab, universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia memang biasanya mematok biaya yang cukup tinggi dengan menyeimbangakn kualitas pendidikan yang mereka berikan termasuk fasilitas yang bisa memadai dan mempersiapkan calon lulusannya untuk bekerja sesuai dengan fokus ilmu yang mereka pilih nantinya.

Jenis-Jenis Biaya Perkuliahan di Universitas Swasta

Wajar sekali jika biaya kuliah di universitas swasta seringkali dibicarakan karena stigma umum di masyarakat yang biasanya menilai biayanya lebih mahal dibandingkan universitas negeri. Apalagi, biaya perkuliahan akan mengalami kenaikan tiap tahunnya. Supaya persiapan dalam memilih universitas swasta terbaik jadi lebih mantap, mari kita simak jenis-jenis biayanya:

  • Uang pangkal

    Biasanya untuk biaya jenis ini menggunakan istilah uang gedung. Biasanya akan dibayar sekali ketika calon mahasiswa baru diterima di universitas tersebut. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan metode cicil. Beberapa universitas meringankan dengan menggunakan metode ini yang bisa dilakukan tiap semesternya. 

    Besarannya pun beragam mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah, bergantung bergengsi atau seberapa difavoritkan jurusan ini. Tapi, banyak universitas swasta yang juga memberikan keringanan dengan jalur prestasi atau beasiswa.

  • Biaya pra kuliah

    Selain uang gedung tadi, ada juga biaya lain-lain untuk berbagai kebutuhan; misalnya administrasi, jaket almamater atau biaya untuk kegiatan pengenalan akademik dan universitas.

  • Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)/Uang Kuliah Tetap (UKT)

    Biaya ini biasanya dibutuhkan tiap awal semester. Biasanya besaran tiap mahasiswanya sama namun berbeda pada tiap jurusan-jurusan kuliah. Setelah itu, nantinya akan dibayarkan juga rutin tiap semester. Kisaran UKT bisa dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

  • Satuan Kredit Semester (SKS)

    Selain SPP, di tiap semester mahasiswa perlu membayarkan SKS. Setiap mata kuliah umumnya memiliki 2-4 SKS. Besaran tiap SKS tiap jurusan-jurusan kuliah juga berbda. Jumlah ini akan disesuaikan dengan total mata kuliah yang diambil dan biasanya maksimal pengambilan SKS dalam satu semester mencapai 24 SKS.

  • Biaya praktikum dan alat

    Beberapa jurusan-jurusan kuliah butuh biaya tambahan saat proses pembelajaran memasuki fase praktek. Biaya ini bergantung dari kebijakan tiap jurusan dan universitasnya. Namun jenis biaya ini biasanya tidak dibutuhkan di tiap semester.

Untuk memudahkan dalam menyiapkan biaya perkuliahan setelah menentukan universitas swasta terbaik pilihan Sahabat, Kredit Multiguna di Adira Finance bisa jadi salah satu opsi untuk mengatur keuangan dengan lebih baik dan tidak menghambat proses perkuliahan di kemudian hari. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga transaksinya sudah pasti aman. 

Selain itu, fasilitas kredit multiguna juga memberikan berbagai keuntungan menarik bagi Sahabat, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat
  • Bunga dan angsuran lebih ringan.
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas.
  • Layanan yang bersahabat di raturan kantor cabang atau perwakilan, merchant, toko, contact center, dan media digital.
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan (Swasta/PNS), wiraswasta, profesional, atau kelembagaan.
  • Kemudahan pembayaran angsuran. 
  • Bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti tambah poin atau cashback

Cukup dengan jaminan BPKB motor atau mobil, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman untuk segala jenis kebutuhan termasuk biaya kuliah di universitas swasta terbaik pilihan Anda. Sahabat bisa ajukan kredit multiguna di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN