Home / Berita Terbaru

9 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Bikin ‘Cuan’, Berani Coba?

9 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Bikin ‘Cuan’, Berani Coba?

21 Desember 2021 | Penulis : Adira Finance

Bisnis dalam dunia kuliner merupakan jenis bisnis yang tak akan lekang oleh waktu. Artinya, bisnis kuliner akan selalu berkembang dan menguntungkan karena makanan merupakan kebutuhan primer yang diperlukan oleh setiap orang. Itulah sebabnya, Sahabat bisa lho mulai merintis bisnis kuliner dengan melihat peluang yang ada. 

Nah, berikut ini ada beberapa ide jualan makanan kekinian yang bisa menguntungkan, antara lain: 

  • Gilgeori toast

    Seperti yang diketahui, saat ini tengah marak Korean Wave yang membuat sebagian kalangan mulai tertarik terhadap hal-hal yang identik dengan Korea, mulai dari dunia entertainment, kuliner, wisata, dan lain sebagainya. 

    Nah, ada satu ide jualan makanan kekinian yang bisa Sahabat maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu dengan menjual gilgeori toast. Mungkin sebagian dari Sahabat masih asing dengan istilah roti panggang ini. Gilgeori toast merupakan roti panggang khas Korea yang diisi oleh telur dadar, wortel, kol, bawang bombay, smoked beef, dan lain sebagainya. 

    Cara membuat gilgeori toast sebenarnya cukup mudah, Sahabat bisa mengombinasikan bahan-bahan utama tersebut dengan tambahan mayonaise, saus tomat, saus sambal, dan keju. Selain itu, supaya ide jualan makanan kekinian ini semakin dilirik banyak orang, Sahabat bisa membungkusnya dengan tampilan yang lebih menarik. Tambahan variasi rasa yang beragam juga bisa menjadi nilai plus untuk menarik perhatian pembeli. Siap coba?

  • Croffle 

    Croffle termasuk ide jualan makanan kekinian yang memiliki peluang cukup besar lho. Croffle merupakan makanan paduan dari pastry croissant dan waffle yang populer berkat banyaknya artis dan idol K-Pop menyukainya. 

    Di Indonesia, tren croffle mulai meningkat sejak tahun lalu. Pada akhir 2020, mulai banyak usaha kuliner yang menyediakan menu makanan satu ini. Tak heran jika bisnis makanan ringan ini bisa menjadi salah satu ide jualan makanan kekinian yang diminati banyak orang.

    Untuk membedakan bisnis croffle Sahabat dengan bisnis sejenis lainnya, Sahabat bisa menyediakan berbagai variasi rasa croffle, mulai dari yang manis, asin, dan pedas. 

  • Banana nugget 

    Banana nugget termasuk ide jualan makanan kekinian yang bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menu yang satu ini merupakan kreasi terbaru dalam mengolah pisang. 

    Jika biasanya pisang identik dengan olahan kolak, pisang keju, gorengan pisang, sup buah, dan sejenisnya, kali ini Sahabat bisa berkreasi membuat nugget pisang yang menggugah selera. Banana nugget merupakan olahan pisang kepok yang digoreng menggunakan tepung terigu dan tepung roti, sehingga tampilan luarnya mirip seperti nugget ayam biasa. 

    Supaya ide jualan makanan kekinian ini semakin laris, Sahabat juga bisa mengolah banana nugget dengan lebih kreatif, yaitu ditambah berbagai topping lezat untuk menambah cita rasa. Pastikan juga untuk memilih pisang yang sudah matang, sehingga rasanya semakin lezat. 

  • Takoyaki

    Sebenarnya ide jualan makanan kekinian yang satu ini sudah diminati sejak lama. Bahkan, popularitasnya masih cukup digandrungi hingga saat ini. Takoyaki identik dengan camilan khas Jepang yang gurih dan nikmat, sangat cocok dijadikan camilan di sore hari. 

    Takoyaki identik dengan camilan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung.Tekstur kulit luarnya sedikit renyah, sedangkan bagian dalamnya lembut. Rasa takoyaki akan semakin nikmat jika dilengkapi dengan berbagai jenis isian, mulai dari daging gurita, cumi, smoked beef, keju, sosis, dan lain sebagainya. 

    Ide jualan makanan kekinian ini bisa menjadi peluang usaha cukup menjanjikan karena hampir semua kalangan menyukai takoyaki. Apalagi dengan tambahan mayonnaise, saos tomat, saos sambal, dan taburan bonito flakes, rasanya pun pasti lebih menggugah selera. 

  • Bola ubi

    Meski termasuk camilan tradisional, tetapi bola ubi bisa menjadi ide jualan makanan kekinian yang menguntungkan lho, Sahabat. Berbeda dengan jenis bola ubi zaman dulu, saat ini bola ubi dijual dengan berbagai varian rasa dan warna, seperti green tea, hazelnut, taro, oreo, tiramisu, dan lain sebagainya. 

    Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur gurih, membuat siapapun yang memakannya akan ketagihan. Mengapa bola ubi termasuk ide jualan makanan kekinian? Karena banyak anak muda yang menganggap camilan yang satu ini cukup unik. Sebab, tekstur luarnya cukup renyah, sedangkan bagian dalamnya tampak kopong alias tidak padat, sehingga menghadirkan rasa yang lezat saat mengonsumsinya, apalagi ditemani dengan kopi atau teh hangat. 

    Olahan berbahan dasar ubi ini sangat mudah dibuat lho. Sahabat juga hanya memerlukan modal kecil untuk bisa memulai ide jualan makanan kekinian ini. Yuk, cobain? 

  • Corn dog mozzarella 

    Satu lagi ide jualan makanan kekinian yang sempat viral di Indonesia, yaitu corn dog. Corn dog adalah salah satu jajanan khas Korea Selatan yang mengombinasikan sosis dengan adonan tepung tebal. Sebelum digoreng, corn dog biasanya dilapisi dengan tepung jagu yang kasar. Ada pula corn dog yang dilapisi dengan kentang goreng renyah.

    Sebagai ide jualan makanan kekinian, corn dog sekarang sudah banyak macamnya lho, tak hanya isian sosis namun juga dilengkapi dengan mozarella. Bahkan, lapisan luarnya juga bisa ditambah dengan mie yang dihancurkan. Jangan lupa ditambahkan saus tomat atau saus sambal supaya semakin lezat. 

  • Bakso aci

    Bakso aci juga termasuk ide jualan makanan kekinian yang disukai oleh banyak kalangan. Meskipun namanya aci, tetapi bakso yang satu ini tidak sepenuhnya berisi bakso yang berbahan dasar aci atau tepung sagu ya, Sahabat. Dalam satu menu bakso aci biasanya dilengkapi dengan bakso daging, kaki ayam atau ceker, siomay, tahu kering, kacang pilus, dan lain sebagainya. 

    Ide jualan makanan kekinian ini cukup menguntungkan karena Sahabat bisa menjualnya secara langsung dengan tambahan kuah, cara jualan ini cocok untuk pembeli yang ingin mengonsumsi bakso aci secara langsung. Namun, Sahabat juga bisa menjual bakso aci dengan menggunakan kemasan kedap udara, sehingga bisa dikirim ke luar kota. 

    Untuk menjual bakso aci berbentuk kemasan, biasanya penjual menyertakan pula bahan-bahan pelengkap untuk kuah baksonya, mulai dari bumbu kuah bakso, rempah tambahan, garam, ebi, dan daun jeruk. 

  • Dessert box 

    Nah, ide jualan makanan kekinian selanjutnya yaitu dessert box. Sahabat pasti sudah sering melihat berbagai macam dessert box dengan tampilan menarik, kan? Makanan yang satu ini memang tengah diminati oleh banyak orang, khususnya penyuka manis. 

    Sama seperti rasanya yang manis, keuntungan dessert box juga bisa membuahkan hasil yang manis pula lho. Sebelum mengembangkan ide jualan makanan kekinian ini, Sahabat perlu tahu bahwa ada 2 jenis dessert box yang bisa jadi pilihan, di antaranya cold dessert dan hot dessert. 

    Untuk cold dessert, biasanya harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin agar tekstur lembut dari cake dan cream menyatu dan menambah kelezatan. Sedangkan, untuk hot dessert harus dalam keadaan panas atau hangat agar cream di dalamnya meleleh. 

  • Sambal rumahan

    Ide jualan makanan kekinian yang tak kalah menguntungkan yaitu menjual sambal rumahan. Saat ini sudah banyak sambal rumahan yang dikemas dan diperjualbelikan di marketplace. Hal ini karena sudah banyak orang yang ingin menambahkan sambal ke dalam menu makanannya, tetapi dengan cara yang lebih praktis. Itulah sebabnya, mereka memilih sambal kemasan dengan citarasa rumahan. 

    Ide jualan makanan kekinian ini bisa menguntungkan karena hanya membutuhkan modal yang cukup terjangkau lho. Apalagi Sahabat bisa menambah berbagai variasi sambal supaya menarik perhatian pembeli, mulai dari variasi sambal cumi, sambal udang, sambal paru, dan lain sebagainya. 

Itulah beberapa ide jualan makanan kekinian yang bisa Sahabat jual mulai sekarang. Apapun jenis ide jualan makanan kekinian yang dipilih, pastikan Sahabat menyiapkan segala hal sebelum memulai bisnis, mulai dari modal usaha, perencanaan, target market, promosi, dan lainnya.

Bagi Sahabat yang membutuhkan modal usaha, sekarang sudah bisa menggunakan aplikasi Adiraku karena menghadirkan layanan Pinjaman Dana Multiguna yang bisa memberikan kemudahan untuk mendapatkan modal usaha. Hanya dengan mengagunkan BPKB motor atau mobil, Sahabat sudah bisa mendapatkan pinjaman dana dari Adira Finance. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung ajukan pinjaman modal usaha di sini.

Ajukan Kredit Multiguna

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motor.

Ajukan Kredit Motor

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN