Home / Berita Terbaru

9 Tips Membeli Mobil Baru dengan Lebih Mudah

9 Tips Membeli Mobil Baru dengan Lebih Mudah

02 Juli 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat berniat beli mobil baru? Membeli mobil baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan memang tidak mudah, ada banyak faktor yang harus dipikirkan sebelum memutuskan satu jenis mobil. Sebab, membeli mobil baru pun memerlukan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk melakukan beberapa cara sebelum menentukan mobil impian yang akan dibeli. Berikut ini beberapa tips sebelum membeli mobil baru, di antaranya:

  1. Pilih model yang sesuai kebutuhan

    Sahabat pasti memiliki mobil impian yang ingin segera dimiliki. Namun, mobil impian tersebut terkadang belum tentu sesuai dengan kebutuhan Sahabat saat ini. Maka dari itu, penting bagi Sahabat untuk mempertimbangkan mengenai kebutuhan dan kesanggupan sebelum membeli mobil baru. Jika saat ini Sahabat membutuhkan mobil dengan kapasitas yang dapat diisi oleh keluarga, maka pilihlah mobil dengan kapasitas yang memadai, sebaiknya hindari mobil jenis sedan karena tidak sesuai dengan kebutuhan. 

  2. Tentukan anggaran belanja (budget)

    Ketika berniat membeli mobil baru, Sahabat pasti sudah menentukan berapa dana yang harus disiapkan untuk membawa pulang mobil tersebut. Menentukan anggaran belanja atau budget penting dilakukan agar Sahabat membeli mobil baru sesuai kesanggupan dan tidak melebihi batas anggarannya. Sebab, jika melebihi batas anggaran, kemungkinan bisa menguras dana yang dibutuhkan untuk kebutuhan penting lainnya. 

  3. Cek harga pasaran

    Saat ini sudah banyak kemudahan dalam mencari berbagai informasi, salah satunya informasi mengenai harga mobil di pasaran. Hal ini penting dilakukan Sahabat sebelum membeli mobil baru agar mendapatkan referensi harga dan mencegah terjadinya membeli mobil baru dengan harga yang sangat tinggi dibandingkan harga pasaran. 

  4. Baca ulasan tentang mobil tersebut

    Tips selanjutnya sebelum memutuskan untuk beli mobil baru yaitu membaca ulasan atau review seputar mobil tersebut. Ulasan atau review ini biasanya berasal dari pengguna mobil atau pecinta otomotif mengenai kelebihan dan kekurangan suatu jenis mobil. 

    Penting bagi Sahabat untuk memahami apa saja kelebihan dan kekurangan mobil agar tidak kecewa setelah membeli. Pendapat dari ulasan tersebut tentu bisa menjadi acuan Sahabat karena para pembeli atau pecinta otomotif sudah punya pengalaman mencoba mobil tersebut. 

  5. Perhatikan biaya pemeliharaan mobil

    Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat membeli mobil baru yaitu mengetahui biaya pemeliharaan yang akan dihabiskan untuk jenis mobil yang ingin Sahabat beli. Setiap mobil tentu memiliki biaya pemeliharaan yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada faktor suku cadang, bensin, servis bulanan, dan lain sebagainya. 

    Baca juga: Kiat Cerdas Dapatkan Kredit Mobil Bekas DP Murah Cicilan Ringan

  6. Pilih dealer rekomendasi

    Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru dan datang ke sebuah dealer atau showroom, tentukan dulu mana dealer tujuan. Hal ini dilakukan karena sudah banyak dealer atau showroom yang hadir di beberapa kota, sehingga bisa saja membuat Sahabat kebingungan memilih dealer yang tepat.

    Oleh karena itu, pilih dealer mobil terpercaya. Sahabat bisa meminta rekomendasi dari teman, keluarga, atau tetangga yang pernah membeli mobil baru di suatu dealer. Terlebih, hal tersebut juga berguna apabila rekan Sahabat kenal dekat dengan pemilik dealer mobil tersebut, sehingga kemungkinan besar bisa mendapatkan harga spesial dan bonus-bonus menarik.

  7. Tentukan waktu yang tepat 

    Pastikan memilih waktu yang tepat untuk membeli mobil baru dan datang ke dealer yang telah ditentukan. Cara ini penting dilakukan terutama jika ada promo-promo musiman di waktu tertentu, sehingga Sahabat bisa mendapatkan harga spesial saat membeli mobil baru. Biasanya waktu-waktu terbaik untuk membeli mobil baru yaitu pada akhir tahun dan pada saat pameran mobil. Di waktu-waktu tersebut, biasanya pihak penjual memberikan berbagai promo dan potongan harga menarik. Namun, tak menutup kemungkinan di luar waktu tersebut pun ada promo menarik yang bisa menguntungkan Sahabat. Oleh karena itu, penting untuk memantau harga pasaran mobil dan promo yang sedang berlangsung. 

  8. Lengkapi dengan asuransi

    Jika sudah yakin memilih satu jenis mobil, sebaiknya Sahabat lengkapi mobil baru tersebut dengan asuransi terbaik. Pemilihan asuransi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat saat menjalankan aktivitas dengan mobil tersebut.

  9. Beli mobil baru dengan cara kredit 

    Sahabat ingin membeli mobil baru, tetapi uang tunai atau dana di tabungan belum cukup? Sekarang tidak perlu khawatir lagi ya, karena Sahabat bisa membeli mobil baru atau bekas dengan cara kredit. Kredit mobil adalah cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dicicil atau diangsur kepada lembaga keuangan yang menyediakan layanan tersebut. Kredit memudahkan siapapun untuk mendapatkan mobil impian dengan cepat dan mudah. Terdapat skema pembayaran, seperti persentase uang muka dan cicilan yang telah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Lantas, bagaimana persyaratan untuk mengajukan kredit mobil? Untuk mengajukan kredit mobil baru dan bekas, ada beberapa persyaratan yang ditentukan oleh lembaga keuangan. Biasanya syarat pengajuan kredit mobil untuk konsumen baru terbagi dalam empat kategori, di antaranya karyawan, wiraswasta, profesional, dan perusahaan. Masing-masing kategori memiliki syarat khusus. Untuk konsumen baru, persyaratan umumnya meliputi:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat kredit lunas
  • Memiliki penghasilan tetap 

Saat Sahabat mengajukan kredit untuk membeli mobil baru atau bekas, nantinya lembaga keuangan membutuhkan bukti asli mengenai data calon konsumen yang akan mengajukan kredit mobil baru maupun bekas. Ada berbagai dokumen penting yang harus dipenuhi oleh konsumen, umumnya dokumen tersebut berupa fotokopi KTP, kartu keluarga, kepemilikan rumah, rekening tabungan, NPWP, dan lainnya. 

Perlu Sahabat ketahui bahwa memilih layanan kredit mobil harus dilakukan secara cermat karena saat ini banyak oknum yang justru merugikan konsumen. Bagi Sahabat yang ingin mengajukan kredit mobil, pilihlah lembaga keuangan yang aman, terpercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan lembaga keuangan tersebut memberikan layanan kemudahan dalam setiap proses pengajuan dan pembayaran dengan suku bunga yang kompetitif, agar tidak memberatkan konsumen saat membayar cicilan setiap bulannya. 

Salah satu perusahaan pembiayaan yang menyediakan kredit mobil baru atau bekas adalah Adira Finance. Dengan menggunakan layanan kredit mobil dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan mobil impian yang baru atau bekas dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang panjang, dan disertai perhitungan simulasi kredit yang memudahkan Sahabat untuk mengetahui berapa nominal dana dan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Adira Finance juga memiliki dua sistem pembiayaan yang dapat dipilih Sahabat, yaitu pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah. Berbeda dengan pembiayaan konvensional, pembiayaan syariah merupakan jenis pembiayaan yang di dalamnya berdasarkan prinsip dan ketentuan syariah sebagai landasan penyusunan produk dan layanannya. Pembiayaan syariah terdiri dari beberapa jenis, salah satunya pembiayaan untuk kendaraan bermotor dengan menggunakan akad murabahah. 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN