Home / Berita Terbaru

9 Tips Memilih Hingga Membeli Mesin Cuci Laundry yang Tepat

05 Desember 2022 | Penulis : Adira Finance

Bagi Sahabat yang sudah memutuskan untuk memulai usaha laundry di lokasi yang strategis, persiapan itu dilanjutkan dengan membeli mesin cuci laundry yang tepat. Mesin cuci merupakan kebutuhan utama dalam usaha ini. Oleh karena itu, Sahabat jangan sampai keliru memilih mesin cuci laundry.

Secara umum, terdapat tiga tipe mesin cuci di toko elektronik, yaitu mesin cuci dua tabung, mesin cuci satu tabung top loading, dan mesin cuci satu tabung front loading. Nah, mesin cuci laundry dua tabung merupakan tipe lama, untuk mencuci dan membilas pakaian, serta untuk mengeringkan pakaian. Sementara mesin cuci satu tabung adalah upgrade dari tipe lama tadi, baik yang top loading maupun front loading, yang lebih efisien, canggih, dan praktis.

Lantas, bagaimana cara memilih mesin cuci untuk usaha laundry yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan? Sahabat, simak tips-tips memilih mesin cuci laundry berikut ini.

Tips Memilih Mesin Cuci Laundry

Mesin cuci adalah barang elektronik yang akan mendukung usaha laundry Sahabat. Maka, pastikan Sahabat memilih mesin cuci laundry yang tepat dengan menyimak beberapa tips memilihnya berikut ini.

  1. Sesuaikan budget

    Mesin cuci adalah investasi jangka panjang dalam jenis usaha ini. Oleh karena itu, gunakan perhitungan modal yang dimiliki dengan tepat dan cermat untuk memiliki mesin cuci dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan modal yang ada. Membeli mesin cuci laundry dalam jumlah yang banyak tentu bukan keputusan yang tepat.

    Sebaliknya, mulailah dengan memiliki mesin cuci dalam jumlah sedikit sesuai kebutuhan dan modal. Kemudian, seiring berkembangnya usaha laundry nanti, Sahabat bisa menambahkan beberapa unit lagi untuk mempermudah proses mencuci hingga mengeringkan pakaian.

  2. Sesuaikan dengan daya listrik

    Ketika akan membeli mesin cuci laundry, pastikan juga mesin cuci itu sesuai dengan daya listrik di tempat usaha Sahabat. Daya listrik berperan besar agar dalam pengoperasian mesin cuci tidak terjadi gangguan akibat daya listrik yang tidak cukup. 

    Mesin cuci satu tabung front loading dan top loading memang lebih efisien dan praktis, namun membutuhkan daya listrik rata-rata di atas 2.000 watt. Sementara jika di tempat usaha Sahabat memiliki daya listrik sekitar 1.000 watt, mesin cuci semi-otomatis dengan dua tabung bisa menjadi pilihan yan tepat.

  3. Sesuaikan dengan segmentasi laundry

    Sahabat perlu menentukan dahulu jenis usaha laundry yang akan dibuka, apakah laundry kiloan atau laundry hotel? Hal ini penting sebelum Sahabat membeli mesin cuci laundry karena laundry kiloan biasanya membutuhkan mesin cuci berkapasitas ringan dan sedang, contohnya untuk kapasitas 5-6 kg yang lebih cocok untuk mencuci pakaian per orang dengan target pasar mahasiswa atau pegawai perkantoran.

    Mesin cuci laundry dengan kapasitas antara 10-19 kg cocok digunakan untuk mencuci kain yang tebal seperti sprei, selimut tipis, hingga gorden. Sedangkan mesin cuci dengan kapasitas berat, antara 20-100 kg (heavy duty), cocok digunakan untuk membuka laundry hotel dan tepat untuk mencuci boneka, bed cover, handuk, dan pakaian tebal lainnya.

  4. Tentukan kapasitasnya

    Setelah daya listrik, Sahabat juga perlu mengetahui kapasitas mesin cuci laundry tersebut. Kapasitas mesin cuci 5-6 kg adalah untuk 25-30 potong kaus atau kemeja katun, sementara kapasitas 7-8 kg adalah untuk 35-40 potong kaus atau kemeja. Kapasitas mesin cuci 9-10 kg untuk 45-50 potong kaus atau kemeja. 

    Sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan ukuran, jenis, dan bahan pakaian. Hindari menggunakan mesin cuci dengan kapasitas penuh agar tetap awet.

  5. Tempat mesin cuci laundry

    Pastikan pula Sahabat telah menyediakan tempat atau ruang untuk meletakkan mesin cuci laundry tersebut. Sebab, dimensi mesin cuci berbeda-beda, maka diperlukan ruangan yang cukup. Ukuran mesin cuci dua tabung misalnya, memiliki dimensi yang lebih besar dari mesin cuci satu tabung. Maka, pastikanlah tempat untuk meletakkannya muat, terlebih untuk memasang instalasi mesin cuci, listrik, dan saluran airnya.

  6. Perhatikan fitur-fiturnya

    Beberapa tipe mesin cuci laundry memiliki fiturnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengguna. Di antaranya hemat listrik, hemat air, body yang tahan karat, fitur smart alarm, dan beragam fitur-fitur pendukung lainnya. 

    Sementara itu, secara umum terdapat dua jenis material yang digunakan untuk tabung mesin cuci, yaitu plastik dan stainless steel. Tabung bermaterial stainless steel diklaim lebih awet dan anti-karat. Tabung jenis ini juga tidak cepat rusak ketika berputar cepat saat proses mencuci, membilas, dan mengeringkan pakaian. Lebih awet ketimbang yang bermaterial plastik.

  7. Dapat dioperasikan dengan mudah

    Pastikan pula Sahabat membeli mesin cuci laundry yang mudah dioperasikan oleh staf bila Sahabat mempekerjakan seorang atau beberapa staf. Jika mesin cuci laundry itu dapat dioperasikan dengan mudah, tentu akan mempermudah proses pengerjaan laundry dari awal hingga akhir. Bila layanan laundry Sahabat memuaskan, pelanggan tentu akan datang lagi.

  8. Pilih merek terbaik

    Ada beragam merek mesin cuci laundry di pasaran. Sebelum membelinya, adalah penting bagi sahabat untuk mencari tahu keunggulan dan kekurangan dari setiap brand. Sahabat bisa membandingkan fitur-fitur merek A dan B, misalnya, agar dapat menentukan pilihan yang tepat. Termasuk juga dari segi harga yang kompetitif. Hal ini penting dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal.

  9. Perhatikan garansi mesin cuci

    Mesin cuci laundry nantinya akan menjadi alat yang paling sering digunakan dalam jenis usaha ini. Tetapi, mesin cuci tentunya tak bisa terhindar dari segala jenis kerusakan. Oleh sebab tiu, Sahabat perlu memastikan mesin cuci itu sudah dilengkapi dengan garansi yang mumpuni. Sebab, mesin cuci tergolong sangat sulit untuk diperbaiki sendiri bila terjadi kerusakan.

Sahabat, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin cuci laundry. Mesin cuci merupakan salah satu alat pendukung utama jenis usaha ini, maka penting untuk memastikan beberapa hal tadi demi kelancaran usaha Sahabat. Sahabat pun dapat mempersiapkan kebutuhan untuk usaha ini dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance.

Fasilitas Kredit Multiguna ini bisa diajukan hanya dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil yang akan membantu Sahabat dalam menyiapkan anggaran usaha laundry ini. Proses pengajuan untuk fasilitas ini pun cukup praktis dan cepat, jadi Sahabat tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan dana.

Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna ini melalui aplikasi Adiraku. Adiraku merupakan aplikasi mobile yang dapat diakses lewat mobile platform Android maupun iOS. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan layanan Adira Finance secara digital. 

Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai layanan menguntungkan, seperti kredit mobil baru atau bekasi, kredit motor, kredit elektronik dan furniture, serta pembiayaan syariah umrah. Sahabat bisa melakukan pengajuan langsung dari smartphone dengan menginstall aplikasi Adiraku di halaman ini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN