Home / Berita Terbaru

9 Wisata Religi untuk Umat Islam di Dunia

9 Wisata Religi untuk Umat Islam di Dunia

03 Januari 2022 | Penulis : Adira Finance

Setiap orang mungkin memiliki tempat wisata impian yang ingin dikunjungi, termasuk wisata religi. Bagi umat Muslim, wisata religi menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan hidup, baik itu terkait iman maupun untuk sekadar bersenang-senang menambah pengalaman. Bahkan, dalam agama Islam pun Allah berfirman bahwa sebagai umat Muslim kita dianjurkan untuk bepergian untuk membuka hati kita akan kebesaran Allah SWT yang ada di bumi. 

Dalam Qur’an Surat Al Hajj ayat 46 disebutkan bahwa “maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.” 

Itulah sebabnya, kita juga diajarkan mengenai tadabur alam sebagai bentuk rasa syukur terhadap kebesaran Allah SWT. Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Tadabur alam akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam dalam hati dan pikiran kita, serta sebagai rasa syukur atas karunia Allah SWT yang maha luas. 

Maka dari itu, salah satu bentuk tadabur alam yaitu dengan melakukan wisata religi ke tempat-tempat yang kental akan peradaban Islam, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai rekomendasi destinasi islami dunia yang bisa Sahabat kunjungi sebagai bentuk wisata religi.

Daftar Destinasi Islami Dunia untuk Wisata Religi

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata religi di dunia yang bisa Sahabat masukkan ke dalam wishlist, antara lain: 

  1. Mekkah, Arab Saudi

    Lebih dari sekadar wisata religi, Mekkah merupakan tempat di mana umat muslim bisa melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Mungkin tidak semua umat muslim bisa melaksanakan ibadah haji karena syarat wajibnya yaitu harus mampu secara fisik maupun mental. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Sahabat untuk melaksanakan ibadah umrah langsung ke Tanah Suci. Selain untuk beribadah, Sahabat juga bisa mengunjungi beberapa situs bersejarah di sela-sela ibadah, misalnya berziarah ke makam sahabat nabi atau berkunjung ke Gua Hira. 

  2. Madinah, Arab Saudi

    Madinah merupakan salah satu kota terindah yang layak masuk ke dalam daftar wisata religi. Bahkan, komplek masjid nabawi saja sudah menjadi satu lokasi yang tidak akan habis pesonanya. Selain beribadah di sana, arsitektur dari masjid nabawi juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Sahabat bisa menikmati suasana yang berbeda saat siang dan malam hari, baik ketika payung masjid terbuka maupun tertutup. Keindahannya tak sebatas itu, ada banyak keindahan lain yang Sahabat eksplor saat berkunjung ke Madinah. 

  3. Istanbul, Turki

    Salah satu wisata religi yang dipilih oleh banyak orang karena keindahannya yaitu Istanbul, Turki. Lorong-lorong di Istanbul akan mengingatkan Sahabat kepada kisah sejarah Islam yang penuh dengan makna. Kota Istanbul merupakan pusat pengetahuan politik dan spiritual kekhalifahan Ottoman. 

    Secara geografis, Istanbul berada di perbatasan dunia bagian timur dan barat, Perpaduan budaya, tradisi, dan agama inilah yang membuktikan bahwa tradisi Islam bukan sekadar untuk kaum tertentu saja, tetapi juga untuk seluruh umat manusia. Salah satu wisata religi yang wajib dikunjungi saat Sahabat ke Istanbul yaitu melaksanakan sholat di Masjid Hagia Sophia. 

  4. Fez, Maroko

    Nama kota di Maroko ini mungkin masih jarang terdengar di telinga kita, tapi siapa sangka ternyata kota Fez termasuk wisata religi yang tak kalah penting dan indah dibandingkan wisata religi sebelumnya lho. Sebab, kota Fez merupakan destinasi wisata religi yang tepat untuk Sahabat yang ingin mengetahui perkembangan sejarah Islam. 

    Salah satu landmark yang paling signifikan di Fez yaitu Masjid Al Karaouine yang juga merupakan universitas pertama di dunia. Fez juga terkenal sebagai “kota orang suci” karena begitu banyak tokoh Islam yang meninggalkan jejak di sini. 

  5. Al Quds, Yerusalem

    Salah satu wisata religi yang menjadi idaman sebagian umat Muslim yaitu Al Quds, Yerusalem. Al Quds merupakan salah satu kota suci di dunia. Kota ini adalah bagian penting dalam sejarah dari 3 agama Abrahamik utama, yaitu Islam, Kristen, dan Yudaisme (Yahudi). 

    Al Quds atau Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia yang terletak di sebuah dataran tinggi di pegunungan Yudea, antara laut tengah dan laut mati. Al Quds merupakan tempat suci yang penting bagi umat Muslim karena di dalam Baitul Maqdis terdapat Masjid Al Aqsa yang diberkahi oleh Allah SWT dan sebagai kiblat pertama umat Muslim. 

    Al Quds atau Baitul Maqdis juga dikenal sebagai tempat turunnya wahyu dan kota para Nabi, sehingga termasuk wisata religi yang menjadi impian sebagian besar umat muslim di dunia. 

  6. Kairo, Mesir

    Mesir tak hanya identik dengan piramida Giza dan mumi, tetapi juga sebagai tempat yang ideal untuk dijadikan wisata religi. Kairo merupakan kota yang kental akan nuansa sejarah Islam dengan situs dan monumen penting bagi umat manusia. Bahkan, piramida yang ada di sana juga menjadi pengingat akan kisah Nabi Musa dan Nabi Yusuf ketika berhadapan dengan Fir’aun. 

    Kairo juga merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan yang paling berpengaruh dalam sejarah Islam hingga saat ini. Selain dijadikan wisata religi, Kairo juga menjadi tempat bagi ribuan pelajar dari seluruh penjuru dunia untuk menimba ilmu, khususnya di Universitas Al Azhar. 

  7. Andalusia, Spanyol

    Meskipun bukan termasuk negara Muslim, tetapi siapa sangka ternyata Sahabat juga bisa melaksanakan wisata religi di Eropa, tepatnya di Andalusia, Spanyol. Berlokasi di sebelah selatan negara Spanyol, Andalusia merupakan saksi keberadaan Islam di Eropa Barat.

    Itu menjadi bukti bahwa agama Islam telah dan dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk negara yang mayoritas non-muslim. Banyaknya masjid, taman, dan istana yang ada di Andalusia menunjukkan bahwa agama Islam dapat ditanamkan secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat. 

  8. Amman, Yordania

    Satu lagi wisata religi yang bisa masuk ke dalam wishlist Sahabat, yaitu kota Amman di Yordania. Ibu kota negara Yordania ini tak kalah menarik untuk Sahabat kunjungi, terlebih jika Sahabat merupakan pecinta bangunan dengan arsitektur kuno yang sangat menawan. Ada banyak destinasi wisata religi yang bisa dikunjungi, beberapa di antaranya yaitu Amman Citadel, Masjid King Abdullah, Roman Theatre, Wakalat Street, dan masih banyak lagi. Setiap sudut di kota Amman layak untuk Sahabat jelajahi. 

  9. Abu Dhabi, UAE

    Destinasi wisata religi yang tak kalah menarik yaitu Abu Dhabi di United Arab Emirates (UAE). Abu Dhabi bersama dengan Dubai termasuk destinasi top dunia yang tak hanya bisa dinikmati oleh agama Islam. Kemegahan kota, arsitektur yang luar biasa, serta berbagai kemewahan gedung pencakar langit yang bersanding dengan padang pasir dan aura khas Arab membuat kedua daerah ini menjadi pilihan bagi sebagian besar wisatawan untuk berlibur. 

Destinasi wisata religi yang disebutkan di atas memang terletak di lokasi yang berbeda-beda, namun ada satu kesamaan yang dimiliki, yaitu dapat menyentuh hati setiap wisatawan yang berkunjung sebagai bukti keagungan Allah SWT.

Dari daftar destinasi di atas, kira-kira lokasi mana yang ingin Sahabat kunjungi bila pandemi telah selesai? Apapun jenis wisata religi yang dipilih, Sahabat tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan biayanya. Sebab, saat ini sudah ada kemudahan dalam mendapatkan pinjaman dana untuk keperluan wisata, terutama wisata religi.

Layanan Pembiayaan AMANAH (Adira Multi Dana Syariah) bisa menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan pendanaan yang sesuai dengan prinsip syariah dengan menggunakan akad Al-Bai’ wa al-Isti’jar. 

Pembiayaan AMANAH memberikan pembiayaan dana dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, jaringan pembayaran angsuran yang luas, perlindungan asuransi sesuai prinsip syariah, serta sistem penyimpanan BPKB yang aman.

Sahabat ingin langsung berkunjung ke destinasi wisata religi yang telah disebutkan di atas, kan? Yuk, dapatkan pembiayaan dananya di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN