Home / Berita Terbaru

Apa Saja Keuntungan Melakukan Tukar Tambah Mobil?

Apa Saja Keuntungan Melakukan Tukar Tambah Mobil?

27 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Bagi Sahabat yang ingin memiliki mobil baru, Sahabat bisa lho melakukan tukar tambah mobil. Opsi ini dapat menjadi solusi jika masih bingung untuk memutuskan akan menjual mobil lama atau tukar tambah mobil saja. Tukar tambah mobil ini dikenal juga dengan istilah trade-in. Sahabat bisa segera memiliki mobil baru dengan cepat.

Saat ini, tukar tambah mobil merupakan fasilitas yang dapat ditemukan di mana-mana. Mulai dari media online, situs jual-beli online, hingga showroom yang menawarkan metode trade-in ini. Tukar tambah mobil pun memiliki sejumlah keuntungan, apa saja? Artikel ini akan membahas tentang sejumlah keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan dengan melakukan tukar tambah mobil untuk segera memiliki mobil baru.

Keuntungan Tukar Tambah Mobil

Sahabat, melakukan tukar tambah mobil atau trade-in merupakan keputusan tepat yang menguntungkan. Sahabat bisa menyimak terlebih dahulu keuntungan dari tukar tambah mobil.

  1. Praktis, tidak perlu menunggu mobil terjual

    Keuntungan melakukan tukar tambah mobil adalah tidak perlu menunggu lama sampai mobil Sahabat laku terjual. Melakukan trade-in lebih menguntungkan lantaran mobil akan langsung terjual dan langsung ditukarkan dengan unit mobil yang baru. 

    Trade-in tentu saja lebih menghemat waktu Sahabat dibanding jika menjualnya dan Sahabat tak bisa memastikan kapan mobil itu akan laku dijual. Bahkan semakin lama tidak terjual, bisa saja harganya menjadi jatuh. Karena itu, keuntungan yang Sahabat dapatkan adalah praktis dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memiliki mobil baru.

  2. Cepat, prosesnya mudah

    Tukar tambah mobil ini merupakan fasilitas yang akan ditawarkan di sejumlah tempat untuk menjual atau membeli mobil. Seperti halnya jual-beli mobil, trade-in mobil bisa juga dilakukan di dealer resmi, agen jual-beli mobil, maupun lewat jual-beli secara online. Melakukan tukar tambah mobil akan memberikan Sahabat kemudahan dan kecepatan dalam prosesnya, semua jadi lebih mudah.

  3. Tak perlu memperbaiki mobil

    Keunggulan melakukan tukar tambah mobil yang bisa Sahabat pertimbangkan adalah tidak perlu memperbaiki mobil dahulu. Seperti diketahui, pertimbangan seseorang untuk membeli mobil bekas adalah ketika dilihat dari kondisinya. 

    Jika kondisi mobil bekas itu masih baik, harga jualnya pun lebih bagus. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, tentu itu bisa membuat Sahabat menunggu lebih lama lagi, atau justru mengeluarkan dana untuk perbaikan mobil.

    Nah, tukar tambah mobil bisa menjadi pilihan tepat karena Sahabat tidak perlu membuat pengeluaran lagi untuk memperbaiki kondisi mobil Sahabat. Secara umum, dealer atau agen jual-beli mobil tidak akan meminta Sahabat untuk memperbaikinya terlebih dahulu. 

    Nantinya, pihak merekalah yang akan menilai mobil bekas Sahabat dan membebankan pada biaya tukar tambah mobil. Meskipun begitu, keunggulan dari trade-in akan mengurangi beban Sahabat untuk memperbaiki atau menyervis mobil terlebih dahulu sebelum dijual.

  4. Mendapatkan harga yang cocok

    Sahabat dapat melakukan tukar tambah mobil di berbagai tempat yang menawarkan fasilitas tersebut. Salah satunya adalah dealer resmi. Melakukan trade-in di dealer resmi akan membantu Sahabat mendapatkan harga yang cocok dan bagus, apalagi bila mobil tersebut adalah keluaran dari merek yang sama dan tahun pembelian yang tidak terlalu jauh saat akan ditukar tambah. 

    Mobil merek tertentu dengan jarak pembelian selama tiga tahun misalnya, tentu akan mendapatkan harga yang cocok. Apalagi kalau kondisinya masih baik.

  5. Tidak perlu memberikan garansi

    Melakukan tukar tambah mobil akan memberikan Sahabat keuntungan seperti tidak perlu memberikan garansi. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik yang menjual dan yang membeli. 

    Mengapa? Sebab, kesepakatan dalam proses trade-in hanya berkaitan dengan proses jual-beli dan tidak termasuk hal-hal teknis seperti ketika Sahabat akan membeli mobil baru. Semua sesuai dengan kesepakatan yang Sahabat buat.

  6. Tidak perlu melunasi cicilan

    Keuntungan sekaligus keunggulan dalam proses tukar tambah mobil ini adalah Sahabat juga tak perlu melunasi cicilan mobil sebelumnya. Sahabat tetap bisa melakukan cicilan pada kendaraan yang dijual sembari menukarnya dengan kendaraan yang baru. Keuntungan ini bisa terjadi jika terdapat kesepakatan antara Sahabat dengan pihak penjual mobil.

Hal-hal yang Memengaruhi Nilai Tukar Tambah Mobil

Di samping sejumlah keunggulan proses trade-in, ada beberapa hal yang memengaruhi nilai tukar tambah mobil Sahabat. Apa saja?

  1. Brand mobil

    Nilai trade-in mobil dipengaruhi pula oleh brand mobil Sahabat. Brand yang lebih dikenal dan banyak ditemui tentu saja memiliki nilai tukar tambah yang lebih tinggi ketimbang brand yang lebih jarang ditemui masyarakat.

  2. Tipe mobil

    Tipe mobil juga memiliki pengaruh dalam proses trade-in. Mobil bertipe SUV atau city car memiliki peminat yang lebih tinggi dibanding tipe lain. Dua tipe mobil inilah yang lebih sering dicari orang.

  3. Kilometer mobil

    Jumlah kilometer di dalam mobil Sahabat turut menentukan nilai tukar tambah tersebut. Umumnya, orang-orang lebih tertarik memiliki mobil dengan jumlah kilometer yang rendah, atau yang termasuk jarang digunakan. Pemakaiannya dianggap lebih awet. Sementara jumlah kilometer yang tinggi pastinya sudah beberapa kali mengalami servis atau penggantian spare part.

  4. Kondisi mobil

    Kondisi mobil yang baik juga turut menentukan nilai tukar tambah mobil Sahabat. Kondisi mesin sempurna adalah idaman banyak orang, termasuk kondisi bodi yang mulus, serta interior yang terawat.

  5. Periode pemakaian mobil

    Faktor lain yang menentukan adalah periode pemakaian mobil Sahabat. Ini adalah soal berapa lama Sahabat menggunakan mobil tersebut. Periode pemakaian selama lima tahun misalnya, tergolong pemakaian yang cukup lama. Jadi, jangan heran jika nilainya tak cukup tinggi.

  6. Lokasi

    Faktor lainnya adalah lokasi tempat Sahabat tinggal. Jika Sahabat tinggal di wilayah Jabodetabek, harganya tentu akan lebih tinggi dibanding tukar tambah mobil di luar wilayah tersebut. Hal ini tak lepas dari harga jual-beli mobil di Jabodetabek cukup bersaing.

Bagi Sahabat yang ingin segera memiliki mobil baru namun dana belum memadai, Sahabat bisa memanfaatkan layanan Kredit Mobil dari Adira Finance. Kredit mobil ini adalah cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dapat dicicil. Layanan ini akan memudahkan Sahabat memiliki mobil impian dengan persyaratan yang mudah serta proses yang cepat.

Skema pembayaran kredit mobil ini termasuk persentase uang muka (DP) serta cicilan yang sudah ditentukan sesuai tenor atau periode pembayaran yang Sahabat pilih. Selain itu, Sahabat juga tidak perlu khawatir karena layanan kredit mobil dari Adira Finance pasti aman dan legal. 

Ketentuan konsumen Adira Finance untuk kredit mobil ini terbagi dalam beberapa kategori. Di antaranya adalah konsumen perorangan karyawan (PNS atau swasta), konsumen perorangan wiraswasta dan profesional, serta konsumen perusahaan atau kelembagaan. Dapatkan berbagai informasi termasuk ketentuan konsumen tersebut di sini.

Selain itu, bagi Sahabat yang ingin melakukan tukar tambah mobil, yuk, kunjungi booth Adira Finance di Jakarta Fair 2022. Ada berbagai promo yang sangat menarik dari Adira Finance yang dapat Sahabat nikmati mulai dari tanggal 9 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022. Sahabat dapat mengajukan kredit mobil baru dan bekas, atau melakukan tukar tambah mobil bekas dan mobil baru selama digelarnya Jakarta Fair tahun ini.

Dapatkan penawaran menarik mulai dari bunga spesial 1,69 persen; bebas biaya provisi; diskon biaya admin hingga 50 persen; serta dapatkan cashback sebesar 1,5 juta Adira Poin khusus untuk program tukar tambah mobil di booth Adira Finance Jakarta Fair 2022. Dapatkan informasi mengenai tahapan dan pengajuan tukar tambah mobil di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN