Home / Berita Terbaru

Bagaimana Memulai Bisnis yang Menjanjikan? Intip Tipsnya, Yuk!

Bagaimana Memulai Bisnis yang Menjanjikan? Intip Tipsnya, Yuk!

26 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Setiap orang pasti ingin membangun bisnis yang menjanjikan dengan untung berkali lipat. Apalagi saat ini sudah banyak kemudahan dalam dunia digital yang bisa mendorong seseorang untuk memulai sebuah bisnis. Ditambah lagi pandemi Covid-19 yang membuat sebagian orang harus berhenti dari pekerjaan sehingga berharap dengan membangun bisnis yang menjanjikan, ia bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun, bisnis yang menjanjikan sebenarnya harus dipikirkan secara matang dan melalui beberapa proses yang harus dilakukan dengan tepat. Jika Sahabat membangun bisnis, tetapi tidak memerhatikan beberapa hal penting, kemungkinan bisnisnya pun tidak akan berkembang dalam jangka panjang. Tentu Sahabat tidak ingin mengalami hal tersebut, kan? Untuk itu, jika ingin membangun bisnis yang menjanjikan, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan. Simak tipsnya di bawah ini, yuk! 

Tips Memulai Bisnis yang Menjanjikan dengan Mudah

Memiliki keinginan dan niat untuk memulai bisnis yang menjanjikan memang mudah, namun biasanya keinginan tersebut tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi di awal. Bisa jadi muncul berbagai kendala di tengah jalan yang menggoyahkan konsisten Sahabat, terutama bagi para pemula yang baru terjun ke dalam dunia bisnis. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan untuk membangun bisnis yang menjanjikan, antara lain:

  1. Tanamkan pola pikir bisnis di dalam kepala

    Dengan membentuk pola pikir bisnis, Sahabat akan mulai terbiasa peka terhadap peluang yang ada dan dapat mempertimbangkan antara untung rugi dari bisnis yang akan Sahabat mulai.Solan pola pikir, hal yang akan membantu Sahabat untuk tetap menjalankan bisnis secara maksimal adalah niat.

    Niat yang kuat serta dukungan dari orang-orang terdekat dapat memberi Sahabat tambahan motivasi untuk selalu berusaha yang terbaik. Setelah ada niat, maka tentukan juga tujuannya. Bukan hanya bisnis yang menjanjikan, tetapi juga tujuan lain yang mungkin dapat memberikan dampak positif. Tujuan ini yang akan mendorong Sahabat untuk selalu fokus bila di tengah jalan. 

    Baca juga: Tren Bisnis Anak Muda yang Bikin ‘Cuan’

  2. Riset dan lihat peluang yang potensial

    Setelah membentuk pola pikir, niat, dan tujuan yang jelas, saatnya Sahabat mulai action untuk riset serta melihat peluang yang potensial untuk dijadikan bisnis yang menjanjikan. Pada dasarnya, bisnis muncul sebagai sebuah solusi atas masalah yang dialami oleh orang. 

    Apalagi Sahabat cermat memantau situasi yang ada, maka akan semakin mudah untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi. Dengan begitu, Sahabat juga jadi lebih mudah melihat peluang untuk membangun bisnis yang menjanjikan. 

    Ketika sudah mengetahui peluang yang ada, saatnya Sahabat menentukan jenis bisnis yang bisa menjadi solusi atau jawaban atas kebutuhan masyarakat. Sahabat dianjurkan untuk memilih bisnis yang menjanjikan hingga jangka panjang. 

  3. Komitmen dan konsisten

    Komitmen berkaitan juga dengan tujuan di awal membangun bisnis yang menjanjikan. Jika Sahabat sudah berkomitmen, maka sudah seharusnya menjalankan bisnis tersebut meskipun mengalami kegagalan di tengah jalan.

    Selain komitmen, konsistensi juga berperan penting dalam membangun sebuah bisnis. Seperti yang Sahabat ketahui, membangun bisnis itu tidak instan, butuh proses hingga bisa mendapatkan untung yang berlipat. Bayangkan jika tidak konsisten, maka bisnis tersebut bisa saja tidak akan berkembang atau bahkan bisa berhenti di tengah jalan. 

  4. Lakukan promosi secara online dan offline 

    Jika Sahabat ingin membangun bisnis yang menjanjikan, penting untuk memaksimalkan promosi secara online maupun offline. Sebagai pemula, Sahabat bisa membuat akun media sosial dari bisnis yang akan dijalankan, sambil mempromosikan produk atau jasa melalui media sosial pribadi. 

    Sahabat juga perlu mengoptimalkan penggunaan iklan digital di berbagai platform media sosial maupun marketplace. Selain promosi online, Sahabat juga perlu memaksimalkan promosi secara offline ke orang-orang terdekat. Metode promosi ini dikenal juga dengan istilah word of mouth. 

  5. Buat pembukuan bisnis dengan benar

    Kunci untuk mengembangkan bisnis yang menjanjikan adalah pembukuan yang benar. Sahabat tidak bisa begitu saja membangun bisnis tanpa mengontrol pemasukan, pengeluaran, asset, dan risiko lainnya. Dengan adanya pembukuan yang benar, Sahabat bisa mendapatkan beberapa manfaat, di antaranya:

    • Dapat mengetahui perkembangan bisnis yang dijalankan, apakah hasil yang didapat untung atau rugi?
    • Dapat mengontrol biaya yang dikeluarkan dalam operasional bisnis
    • Dapat mengetahui secara pasti hutang piutang
    • Dapat mengetahui aset yang dimiliki oleh bisnis
    • Dapat mengetahui kewajiban yang timbul dari bisnis tersebut, misalnya pajak
    • Mengurangi risiko kehilangan aset, produk, atau uang

    Baca juga: Ingin Ajukan Pinjaman Cepat Cair? Simak Dulu Penjelasannya di Sini

  6. Fokus dengan satu bisnis di awal

    Siapa yang tidak ingin langsung sukses dan mendapatkan keuntungan berkali lipat? Rasanya setiap pebisnis ingin hal tersebut terjadi, terutama bagi pemula. Namun, kadang keinginan ini kerap membuat Sahabat gegabah dalam membuat keputusan sehingga Sahabat berpikir bahwa memiliki bisnis yang banyak akan menghasilkan untung yang banyak pula. 

    Padahal, sebagai pemula, membangun bisnis yang banyak sekaligus bisa meningkatkan risiko yang lebih besar terhadap perkembangan bisnis tersebut. Supaya lebih aman dan tetap menjadi bisnis yang menjanjikan, sebaiknya Sahabat fokus dengan satu bisnis di awal. Dengan begitu, Sahabat akan lebih mudah memantau dan memahami mengenai perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

  7. Kelola keuangan dengan bijak

    Untuk mengembangkan bisnis yang menjanjikan, penting bagi Sahabat untuk mengelola keuangan dengan bijak. Artinya, Sahabat harus membedakan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis tersebut. Selain itu, penting juga untuk memahami aspek-aspek apa saja yang bisa Sahabat tekan pengeluarannya atau sektor apa saja yang bisa memaksimalkan pendapatan bisnis tersebut.

Cara Mendapatkan Modal untuk Bisnis yang Menjanjikan 

Seperti yang telah dijelaskan, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan bisnis yang menjanjikan, salah satunya adalah modal. Meskipun saat ini sudah banyak bisnis yang menjanjikan tanpa modal, tetapi untuk sebagian sektor, modal ini justru diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan bisnis dengan lebih baik. 

Namun sayangnya, karena persoalan ini juga banyak pemula yang mundur perlahan karena tidak memiliki modal yang cukup untuk membangun bisnis yang menjanjikan. Sebenarnya Sahabat tidak perlu khawatir mengenai modal bisnis, saat ini sudah ada kemudahan yang bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan pinjaman dana bisnis, seperti layanan Kredit Multiguna yang disediakan oleh perusahaan pembiayaan. 

Pastikan Sahabat memilih layanan Kredit Multiguna dari perusahaan pembiayaan yang terpercaya, seperti Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, layanan Kredit Multiguna di Adira Finance juga memberikan kemudahan dan manfaat bagi Sahabat saat mengajukan pinjaman dana untuk modal bisnis. Sebab, Sahabat bisa mendapatkan modal bisnis secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. 

Selain untuk modal bisnis, Kredit Multiguna bisa digunakan oleh Sahabat yang membutuhkan dana untuk biaya pendidikan, pernikahan, khitanan, wisata, kebutuhan renovasi rumah, serta kebutuhan produktif dan konsumtif lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung ajukan Kredit Multiguna di sini.

Ajukan Kredit Multiguna

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motor.

Ajukan Kredit Motor

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN