Home / Berita Terbaru

Bedah Perbedaan Mesin Verza Saat Ditempel ke Honda CRF150LBedah Perbedaan Mesin Verza Saat Ditempel ke Honda CRF150L

Bedah Perbedaan Mesin Verza Saat Ditempel ke Honda CRF150LBedah Perbedaan Mesin Verza Saat Ditempel ke Honda CRF150L

23 November 2017 | Penulis : Adira Finance

BANDUNG – Kendati dikatakan motor trail 150cc terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) menggendong platform mesin Verza 150, tapi tidak lantas secara “bulat” dipasangkan di rangka Honda CRF150L. Karena kebutuhan yang berbeda, Honda telah melakukan penyesuaian dan penyempurnaan sejumlah komponen. Apa saja itu?

“Perbedaannya ada pada silinder head, per klep, piston, camshaft dan crankcase-nya. Perbedaan itu didasari atas karakter mesin CRF ini power band (distribusi tenaga) mengandalkan di putaran mesin bawah dan tengah,” ungkap Sarwono Edhi, Senior Analyst New Model Service & Publication Dept PT, Astra Honda Motor, di Bandung, Rabu (15/11).

Lebih lanjut, pria akrab disapa Edi itu menjelaskan, bahwa camshaft-nya berbeda durasinya, disesuaikan dengan penggunaan power band di CRF150L yang rata-rata bermain di putaran mesin bawah dan tengah.

Selain itu, sistem injeksi (PGM-FI) milik CRF150L memiliki sensor unit yang lebih komplit, seperti IAT (Intake Air Temp), MAP (Manifold Absolute Pressure), IACV (Idle Air Control Valve) dan TPS (Throttle Position Sensor).

Tidak itu saja, perbedaan lainnya ada pada rasio gear. Jika pada Honda Verza rasio gearnya 14/41, sedangkan rasio gear pada CRF 150 ini 15/49, sehingga dengan formasi seperti itu dapat mendukung distribusi tenaga di putaran awal dan tengah.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN