Home / Berita Terbaru

Berapa Biaya Sunatan Berdasarkan Metode yang Aman?

Berapa Biaya Sunatan Berdasarkan Metode yang Aman?

08 Desember 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat pasti sudah paham bahwa sunat atau khitan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Sunat dinilai penting untuk mengurangi risiko penyakit tertentu. Meskipun sudah ada sejak zaman dahulu dan bersifat secara turun temurun, apalagi bagi umat Muslim, tetapi metode dan biaya sunatan pun pasti mengalami perubahan di tiap tahunnya. Itulah sebabnya, penting bagi Sahabat untuk mengetahui biaya sunatan berdasarkan metode yang dipilih. 

Namun, sebelum mengetahui metode-metodenya, Sahabat juga sebaiknya mengetahui manfaat di balik sunatan. Jika dilihat dari sisi medis, ada banyak manfaat yang bisa Sahabat peroleh setelah menjalani prosedur sunat atau khitan, di antaranya:

  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis
  • Mencegah terjadinya penyakit pada alat kelamin, seperti nyeri pada kepala atau kulup yang disebut dengan istilah fimosis
  • Mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan
  • Membantu meningkatkan kesehatan organ vital

Berapa Estimasi Biaya Sunatan Berdasarkan Metode?

Berikut ini beberapa estimasi biaya sunatan berdasarkan metodenya, antara lain:

  1. Metode konvensional

    Biaya sunatan konvensional termasuk metode yang sudah ada sejak zaman dahulu dan masih dipilih oleh sebagian orang sampai saat ini. Untuk mengetahui estimasi biaya sunatannya, Sahabat perlu mengetahui bahwa metode ini dilakukan menggunakan alat potong yang tajam berupa pisau bedah atau alat potong khusus. 

    Biaya sunatan dengan metode konvensional diketahui relatif paling murah dibandingkan metode lain. Meskipun biaya sunatannya murah, tetapi kelebihan dari konvensional ternyata minim risiko dan dapat dilakukan untuk pasien segala usia. Di balik kelebihan dari biaya sunatan dan minim risiko, metode ini proses penyembuhannya lebih lama dan membutuhkan perawatan dengan cermat. 

    Lantas, sebenarnya berapa biaya sunatan dengan metode konvensional? Untuk biaya sunatan dengan metode konvensional sebenarnya terbilang relatif terjangkau. Melansir laman resmi lifepal.co.id, beberapa klinik memasang biaya sunatan di kisaran 700.000 sampai 2.000.000 dengan sistem paket.

  2. Metode electric cauter atau laser

    Perlu Sahabat ketahui, metode sunat laser bukanlah metode yang menggunakan sinar laser, tetapi menggunakan alat yang disebut dengan electric cauter (pemanas elektrik). Biaya sunatan dengan metode laser ini tentu lebih mahal dibandingkan metode konvensional. Ini karena metode sunat laser lebih cepat dibandingkan metode lainnya. Selain itu, minim jahitan dan perdarahan. 

    Bahkan, proses penyembuhannya pun bisa lebih cepat dan perawatannya lebih sederhana. Namun, Sahabat perlu mengetahui risiko di baliknya karena jika metode ini tidak dilakukan oleh ahlinya, maka akan meningkatkan risiko terpotong. Untuk itu, sebelum menentukan metode dan biaya sunatan, pastikan juga keamanannya.

    Untuk estimasi biaya sunatan metode laser, biasanya 750.000 sampai 1.500.000. Akan tetapi, biaya sunatan ini tergantung dari setiap klinik. Pastikan Sahabat memilih klinik yang memang sudah terpercaya agar tidak menimbulkan efek samping. 

  3. Metode klem

    Metode sunatan yang selanjutnya yaitu klem. Biaya sunatan metode ini terbilang cukup mahal dibandingkan metode lainnya, yaitu kisaran 1.500.000 sampai 3.000.000. Di samping biaya sunatan yang terjangkau, kelebihan dari metode klem yaitu tidak menggunakan jahitan dan minim perdarahan. Selain itu, proses penyembuhannya pun berlangsung lebih cepat dan tidak terlalu nyeri. 

  4. Metode stapler 

    Metode sunatan stapler umumnya dilakukan pada pria remaja dan dewasa, sehingga kemungkinan besar biaya sunatannya terbilang lebih mahal dibandingkan sunatan pada bayi dan anak-anak. Sahabat perlu mengetahui biaya sunatan dengan metode stapler berada di kisaran 1.000.000 sampai 5.000.000. Selain itu, metode ini juga memiliki kelebihan jahitan yang lebih kuat dan minim perdarahan.

Itulah beberapa estimasi biaya sunatan berdasarkan metode. Seperti yang telah dijelaskan, pastikan Sahabat memilih metode yang tepat dan juga klinik yang memang sudah terpercaya serta berpengalaman dalam menggunakan metode tersebut. 

Selain itu, dari segi kesehatan pun sunat memang sangat bermanfaat karena dapat membersihkan sekaligus terhindar dari risiko infeksi saluran kemih. Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, sunat mesti dilakukan dengan prosedur yang benar. Meskipun setiap klinik memiliki estimasi biaya sunatan yang berbeda, tetapi Sahabat tidak perlu khawatir memikirkan biayanya.

Hal tersebut dikarenakan saat ini sudah banyak kemudahan dalam mendapatkan dana pinjaman, termasuk untuk mendapatkan biaya untuk sunatan. Salah satu layanan yang bisa Sahabat gunakan adalah Pembiayaan AMANAH (Adira Multi Dana Syariah)

Pembiayaan AMANAH merupakan layanan pembiayaan dana berlandaskan prinsip syariah dengan menggunakan akad Al-Bai’ wa al-isti’jar. Akad Al-Bai’ wa al-isti’jar adalah salah satu mekanisme pembiayaan ulang atau refinancing yang dilakukan berdasarkan prinsip Al-Bai’ dalam bentuk penjualan suatu barang oleh konsumen kepada Adira Finance yang disertai dengan menyewakan kembali barang tersebut kepada konsumen yang sama berdasarkan prinsip Ijarah Muntahiyah Bittamlik, pada akhir masa sewa tersebut dilakukan pengalihan kepemilikan kepada konsumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Pembiayaan AMANAH memberikan kemudahan dana pinjaman dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, jaringan pembayaran angsuran yang luas, perlindungan asuransi sesuai prinsip syariah, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, call center, dan media digital. 

Layanan pembiayaan AMANAH dari Adira Finance pasti aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pengajuannya pun terbilang mudah lho. Berikut ini beberapa persyaratan bagi Sahabat yang ingin mengajukan pembiayaan AMANAH, antara lain: 

  1. Konsumen perorangan karyawan (Swasta atau PNS):
    • Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Lama bekerja minimal 1 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • Usia maksimal pada saat pembiayaan lunas adalah 55 tahun
    • Tempat tinggal bukan kost
    • Khusus rumah kontrak: berakhirnya masa kontrak > akhir tenor pembiayaan atau sudah tinggal di rumah tersebut minimal 2 tahun
  2. Konsumen perorangan wiraswasta dan profesional
    • Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Lama usaha minimal 2 tahun
    • Usia minimal 21 tahun / sudah menikah / pernah menikah
    • Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 6 tahun
    • Tempat tinggal bukan kost
    • Khusus rumah kontrak: berakhirnya masa kontrak > akhir tenor kredit atau sudah tinggal di rumah tersebut minimal 2 tahun

Perlu Sahabat ketahui juga bahwa pembiayaan AMANAH bukan hanya ditujukan bagi Sahabat yang membutuhkan dana untuk biaya sunatan atau khitanan, tetapi layanan ini juga bisa memudahkan Sahabat untuk memenuhi beragam kebutuhan yang bersifat konsumtif maupun produktif, seperti untuk keperluan modal usaha, biaya renovasi rumah, biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya wisata atau perjalanan, biaya pernikahan, kelahiran, dan perayaan lainnya. Dengan mengajukan pinjaman untuk pembiayaan AMANAH, Sahabat bisa mendapatkan beragam manfaat yang tentunya berlandaskan syariat Islam. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung ajukan pembiayaan AMANAH di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN