Home / Berita Terbaru

Berapa Modal Usaha Laundry? Ketahui Tips dan Sumber Pinjamannya Yuk!

Berapa Modal Usaha Laundry? Ketahui Tips dan Sumber Pinjamannya Yuk!

22 April 2021 | Penulis : Adira Finance

Peluang usaha laundry masih cukup menguntungkan terutama di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan masyarakat di perkotaan cenderung lebih sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak ada waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Selain itu, kawasan kampus juga jadi peluang yang potensial untuk mengembangkan bisnis ini. Namun, sebelum mulai merintis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah modal usaha laundry yang perlu dipersiapkan Sahabat. Jika berbicara modal usaha, terkadang membuat sebagian orang kebingungan dan sulit untuk mencari suntikan dana yang cukup. Padahal, ada banyak sumber pinjaman modal usaha laundry yang bisa membantu para pemula. 

Persiapan mengenai modal usaha laundry harus dipikirkan secara matang agar Sahabat bisa memilih strategi yang tepat untuk keberlangsungan usaha rumahan ini hingga jangka panjang. Pasalnya, banyak pula orang yang mengeluarkan modal usaha laundry tanpa mempertimbangkan hal lain. Akibatnya, usaha tersebut tidak berlangsung lama. Sebelum memahami sumber pinjaman modal, sebaiknya ketahui dulu tips membuka usaha laundry untuk pemula, yuk! 

Tips Membuka Usaha Laundry untuk Pemula

Jika Sahabat sudah yakin untuk membuka usaha laundry rumahan, ada beberapa tips saat menjalankan usaha ini untuk pemula, antara lain: 

  • Pilih lokasi yang strategis

    Lokasi yang strategis bisa memudahkan Sahabat untuk mendapatkan pelanggan yang tepat, seperti di kawasan perkantoran dan kampus. 

  • Siapkan modal usaha laundry

    Modal usaha laundry sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis ini. Pastikan untuk menghitung secara rinci modal yang dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis ini hingga jangka panjang.

  • Atur harga yang bersaing

    Riset terlebih dahulu rata-rata harga yang ditawarkan oleh jasa laundry yang sudah ada di sekitar lokasi. Dengan begitu, Sahabat bisa menentukan harga yang bersaing dengan jasa laundry lainnya. 

  • Siapkan layanan tambahan

    Layanan tambahan seperti antar jemput dan laundry ekspress bisa menjadi nilai tambah dalam membuka usaha rumahan ini.

  • Berikan promo

    Siapa yang tidak suka promo? Sepertinya hampir setiap orang tertarik dengan promo yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Oleh karena itu, Sahabat bisa atur strategi promosi agar menarik perhatian pelanggan.

  • Amati kompetitor

    Tips ini tak kalah penting untuk dijadikan tolak ukur Sahabat dalam menjalankan usaha laundry. Sahabat bisa melihat bagaimana kompetitor bekerja dan memberi pelayanan bagi pelanggannya setiap hari. 

  • Pertahankan kualitas jasa laundry

    Dalam mengembangkan sebuah bisnis, kepuasaan pelanggan merupakan faktor penting yang harus tetap dijaga. Maka dari itu, penting bagi Sahabat untuk terus meningkatkan kualitas hasil cucian, ketepatan waktu, dan pelayanan agar pelanggan semakin puas dan percaya.

  • Atur pemasukan dan pengeluaran dengan tepat

    Penting untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran sebuah bisnis guna menghindari risiko kerugian. Selain itu, tips ini berperan penting untuk mengevaluasi setiap progres dari usaha yang dijalani. 

Sumber Pinjaman Modal Usaha Laundry

Modal menjadi salah satu faktor untuk membuka usaha laundry rumahan. Rata-rata modal usaha laundry yang harus dipersiapkan sekitar Rp 6-10 juta. Namun, Sahabat bisa mendapatkan keuntungan bersih setiap bulannya sekitar Rp 3 juta, tergantung dari kapasitas pakaian yang dapat dicuci setiap harinya. Saat mengetahui modal usaha laundry yang harus disiapkan, tak sedikit pula orang yang langsung mundur karena merasa tidak ada dan yang cukup. Nah, Sahabat tidak perlu khawatir karena ada beberapa sumber pinjaman modal usaha laundry yang bisa dipilih, antara lain: 

Modal Usaha Laundry dari Pinjaman Keluarga atau Teman

Sahabat bisa mendapatkan modal usaha laundry dari pinjaman keluarga atau teman dekat. Namun perlu diingat bahwa meminjam dari pihak tersebut sebaiknya melalui proses yang tepat. Ada baiknya Sahabat membuat perjanjian pinjaman antara kedua belah pihak. Hal ini penting agar menghindari kemungkinan buruk mengenai adanya tenggat waktu tagihan yang bisa saja tidak tentu. Buatlah skema pinjaman dengan profesional mengenai jumlah dana, batas tenggat waktu, keuntungan atau pengembalian yang didapatkan oleh pihak mereka, dan lainnya. Selain itu, pastikan untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga atau teman agar proses pinjaman berjalan lancar. Jika cara ini tidak bisa dilakukan, Sahabat bisa memilih pinjaman dari sumber lainnya. 

Modal Usaha Laundry dari Kredit Multiguna

Cara selanjutnya untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yaitu dengan memanfaatkan layanan kredit multiguna dari perusahaan yang terpercaya. Dengan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Cara ini cukup mudah digunakan karena aset tersebut tetap bisa digunakan untuk mendukung mobilitas dan memperluas usaha laundry yang dijalankan. Sahabat bisa memaksimalkan layanan ini melalui aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Dengan menggunakan Adiraku, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman modal usaha laundry hanya dari rumah, tentunya dengan suku bunga yang sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulannya. Dalam memilih layanan kredit multiguna, pilihlah jasa yang terpercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga prosesnya pun lebih aman, mudah, dan cepat. 

Modal Usaha Laundry dari Pinjaman Online 

Pinjaman online dipilih sebagian orang untuk mendapatkan modal usaha. Jasa dari perusahaan pinjaman online menjanjikan kemudahan dan pencairan dana yang cepat tanpa jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Sahabat bisa saja memanfaatkan jasa ini untuk mendapatkan modal usaha laundry. Namun, Sahabat harus ekstra hati-hati karena hingga akhir tahun 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menutup ribuan perusahaan penyedia jasa pinjaman online ilegal. Meski menjanjikan kemudahan, namun pinjaman online biasanya lebih cocok digunakan untuk modal jangka pendek karena memiliki sistem bunga harian. Tak sedikit pula jasa pinjaman online yang memanjakan pencairan dan peminjaman yang mudah, namun saat pembayaran justru cukup menyulitkan. Oleh karena itu, pilihlah sumber pinjaman yang tepat untuk mengembangkan bisnis hingga jangka panjang. 

Modal Usaha Laundry dari Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selain tiga sumber sebelumnya, cara selanjutnya untuk mendapatkan modal usaha laundry, yaitu dengan menggunakan layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di lembaga perbankan. Saat memilih layanan ini, Sahabat harus lebih cermat untuk mengetahui berapa besaran suku bunga yang diberikan. Hindari memilih layanan dengan suku bunga yang sangat tinggi, karena akan menyulitkan Sahabat dalam proses pembayarannya. Selain itu, layanan ini juga umumnya diberikan oleh bank kepada para nasabah yang sudah memiliki rekening di bank tersebut. Jangka waktu yang diberikan pun biasanya tidak sepanjang kredit multiguna. 

Modal Usaha Laundry dari Gadai Barang

Menggadaikan barang bisa menjadi cara mendapatkan pinjaman modal usaha laundry. Sistemnya, Sahabat harus menggadaikan barang di perusahaan gadai, saat sudah bisa melunasinya, Sahabat dapat menebus kembali barang tersebut. Pastikan untuk berhati-hati karena banyak pula perusahaan gadai yang tidak terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, biasanya jangka waktu pinjaman yang diberikan oleh perusahaan gadai tidak sepanjang tenor yang diberikan oleh lembaga keuangan lainnya. 

Dari lima sumber pinjaman modal usaha laundry, kredit multiguna bisa menjadi pilihan tepat Sahabat untuk menjalankan bisnis hingga jangka panjang. Seperti yang sudah dijelaskan, pilihlah lembaga atau layanan yang mudah digunakan hanya dari rumah. Pilihannya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Kredit multiguna ini bisa diajukan dengan bunga rendah dan tenor panjang, sehingga tidak memberatkan Sahabat saat proses pembayarannya. Sahabat butuh biaya apapun, cukup ajukan melalui smartphone. Praktis, bukan?

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN