Home / Berita Terbaru

Berencana Buka Usaha Sembako? Ini Panduan yang Bisa Dilakukan

30 Januari 2024 | Penulis : Adira Finance

Sahabat, dalam era yang dinamis dan penuh tantangan seperti sekarang, banyak orang yang mulai tertarik untuk membuka usaha sendiri. Salah satu pilihan yang cukup menjanjikan dan pangsa pasar yang cukup luas adalah membuka usaha toko sembako atau warung kelontong.

Selain pasar yang sudah terbentuk, bisnis sembako juga memiliki pangsa pasar yang stabil karena kebutuhan konsumen terhadap bahan pokok sehari-hari.

Bagi pemula, memulai bisnis sembako pasti terasa menantang, namun dengan persiapan dan langkah-langkah yang tepat, Sahabat optimis dapat meraih kesuksesan dalam usaha ini.

Penasaran seperti apa tips dan panduan membuka usaha sembako?. Intip yuk kiat-kiatnya berikut ini.

Panduan Lengkap Memulai Usaha Sembako Bagi Pemula

1. Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis sembako, hal pertama yang penting untuk Sahabat lakukan adalah melakukan riset pasar. Sahabat memerlukan pemahaman terkait karakteristik konsumen potensial di wilayah tempat bisnis Sahabat akan dimulai.

Selain mengetahui karakter pelanggan, riset terhadap pesaing juga diperlukan untuk identifikasi kompetitor sejenis sekaligus mempelajari tren pasar sekitar. Informasi ini dapat membantu Sahabat dalam menentukan strategi pemasaran serta kesesuaian stok barang dengan dibutuhkan oleh konsumen.

2. Lokasi

Sahabat, lokasi bisnis yang strategis sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha sembako. Sahabat mesti cermat dalam memilih lokasi. Carilah tempat yang strategis, ramai dan mudah diakses oleh pelanggan termasuk ketersediaan lahan parkiran.

Pastikan lokasi tersebut memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi seperti perumahan namun masih minim persaingan dari usaha sejenis.

3. Perizinan dan Legalitas

Sebelum membuka usaha sembako, pastikan Sahabat telah mengurus semua perizinan dan legalitas yang diperlukan. Hal ini termasuk izin usaha, izin RT/RW setempat serta izin lain yang diperlukan. Mematuhi regulasi akan menjaga bisnis Sahabat tetap berjalan secara berkelanjutan.

4. Modal Awal

Kondisi finansial merupakan hal penting yang perlu dipikirkan saat memulai sebuah usaha, tak terkecuali usaha sembako. Persiapkan modal awal yang mencakup pembelian stok barang, sewa tempat, renovasi toko serta biaya operasional awal. Sahabat bisa mencari bantuan dari lembaga keuangan atau memanfaatkan tabungan pribadi untuk hal ini.

Sebagai salah satu opsi terbaik, Sahabat bisa mendapatkan bantuan pinjaman Fasilitas Kredit Usaha (KUA) dari Adira Finance untuk pembentukan awal bisnis sembako yang akan dirintis. Selain menggunakan KUA, Sahabat juga bisa mengajukan Kredit Multiguna dengan jaminan BPKB kendaraan dengan proses yang cepat dan mudah.

5. Atur Keuangan

Penting untuk memiliki sistem manajemen keuangan yang baik agar dapat memonitor omzet serta pengeluaran secara teratur. Sahabat dapat menggunakan metode yang lebih mudah dengan bantuan software akuntansi atau aplikasi keuangan untuk pencatatan transaksi hingga arus kas masuk dan keluar.

Dengan manajemen keuangan yang baik, Sahabat dapat membuat laporan keuangan secara berkala setiap hari, setiap minggu bulan hingga tahunan untuk berbagai keperluan termasuk membuat keputusan bisnis yang tepat dan terukur.

6. Pilihan Distributor dan Supplier

Ketika memilih distributor dan supplier, pastikan untuk bekerja sama dengan pihak yang terpercaya dan harga yang kompetitif. Kualitas produk juga harus menjadi pertimbangan utama. Menjalin kerjasama yang baik dengan supplier dapat membantu Sahabat mendapatkan harga yang lebih murah dan pelayanan yang prima.

7. Tata Letak Toko

Tata letak toko yang strategis dapat meningkatkan visibilitas calon konsumen yang berdampak positif terhadap pengalaman belanja. Selain masalah tempat, pengaturan barang (display) yang disusun dengan rapi dapat memudahkan pelanggan menemukan produk yang mereka butuhkan. Jangan lupa berikan sentuhan penataan ruang yang nyaman serta bersih agar pelanggan merasa senang berbelanja di toko Sahabat.

8. Pelayanan Pelanggan

Sahabat, pelayanan pelanggan yang baik adalah kunci kesuksesan dalam setiap bisnis. Ajarkan karyawan penjaga toko untuk selalu ramah dalam membantu pelanggan saat berbelanja. Tanggapi saran serta keluhan dari pelanggan dengan cara yang cepat serta profesional. Pelanggan yang puas akan kembali berbelanja dan merekomendasikannya kepada orang lain.

Sahabat juga bisa menerapkan sistem layanan antar ke rumah untuk membuka peluang yang lebih besar.

9. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis Sahabat. Gunakan sistem kasir modern untuk memudahkan proses transaksi dan jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial atau platform e-commerce untuk memasarkan produk secara online.

Di era yang semakin modern dan maju seperti saat ini, Praktik ini dapat membuka peluang bisnis yang lebih luas.

10. Stok dan Penggantian Produk

Pantau stok barang secara teratur dan pastikan selalu tersedia produk yang paling diminati oleh pelanggan. Hindari kelebihan stok yang berlebihan, namun juga hindari kekurangan stok yang dapat membuat pelanggan merasa kapok hingga akhirnya beralih ke toko lain. Pantau tren pasar dan sesuaikan stok Sahabat sesuai dengan kebutuhan.

11. Promo dan Diskon Menarik

Promosi dan diskon dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Sahabat bisa mengadaptasi sistem promo dan diskon yang diberikan oleh supermarket ke toko yang Sahabat miliki. Berikan promo atau diskon pada produk-produk tertentu atau berikan reward kepada pelanggan setia, terutama menjelang hari besar seperti Ramadhan atau Lebaran. Hal ini tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga membangun hubungan baik yang dengan pelanggan.

12. Evaluasi dan Pengembangan Bisnis

Lakukan evaluasi secara berkala terhadap performa toko Sahabat. Mulai dari sistem pembukuan, analisa penjualan, margin keuntungan dan identifikasi pelanggan loyal yang dimiliki. Evaluasi ini penting untuk dilakukan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan bisnis, retensi pembelian atau penambahan produk baru yang diperlukan untuk ekspansi toko.

Membuka usaha sembako terutama bagi pemula pasti menghadirkan sejumlah tantangan, namun dengan persiapan yang matang dan langkah-langkah yang tepat, kesuksesan dapat dicapai. Selalu terbuka dengan inovasi, pantau perkembangan pasar dan berikan layanan terbaik kepada pelanggan adalah kunci dari majunya sebuah bisnis.

Sahabat, kira-kira itulah pembahasan kita terkait memulai usaha sembako bagi pemula. Bagaimana, apakah sahabat tertarik ingin memulai usaha sembako sendiri, atau mungkin masih terkendala dengan masalah permodalan?

Tenang, bagi Sahabat yang membutuhkan dana tambahan untuk memulai sebuah usaha, Sahabat bisa menggunakan layanan Pembiayaan AMANAH (Adira Multi Dana Syariah) dari Adira Finance.

Layanan Adira Multi Dana Syariah (AMANAH) ini adalah produk dari Adira Finance bagi Sahabat yang sedang membutuhkan pinjaman dana cepat untuk modal usaha, pendidikan, renovasi rumah, perjalanan wisata, kesehatan, acara pesta (pernikahan, sunatan, akikah, dan lainnya).

Persyaratan pengajuan untuk mendapatkan pinjaman dari layanan Adira Finance cukup mudah, Sahabat bisa menggunakan aset bergerak yang dimiliki seperti sepeda motor atau mobil, Sahabat bisa menjaminkan BPKB dari aset bergerak tersebut untuk mendapatkan pinjaman dan tunai. Dan proses pencarian dananya pun cepat.

Selain itu perlindungan asuransi yang sudah menerapkan prinsip syariah agar kebutuhan dan usaha Sahabat menjadi lebih berkah, serta jaringan pembayaran yang luas, dan sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan dari ratusan kantor cabang/perwakilan yang bersahabat. Jadi tunggu apalagi, segera ajukan pinjaman di Adira Finance Untuk mendapatkan modal membuka usaha sembako sendiri untuk stabilitas finansial di masa mendatang.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN