Home / Berita Terbaru

Biaya Operasi Caesar dan Tips Mendapatkan Dana yang Cepat!

Biaya Operasi Caesar dan Tips Mendapatkan Dana yang Cepat!

22 Maret 2022 | Penulis : Adira Finance

Selama ini biaya operasi caesar memang terbilang lebih mahal dibandingkan biaya persalinan normal. Tetapi, nyatanya rentang biayanya pun cukup bervariasi lho, mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Hal ini dipengaruhi oleh rumah sakit yang dipilih, fasilitas yang didapatkan, kelas rawat inap, tingkat kesulitan, dan lain sebagainya. 

Prosedur Operasi Caesar

Sebelum mengetahui kisaran biaya operasi caesar di Indonesia, Sahabat juga perlu tahu bahwa prosedur ini biasanya dilakukan pada ibu hamil yang memiliki komplikasi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi, janin dalam posisi melintang, dan lain sebagainya. 

Biasanya operasi caesar karena komplikasi akan dijadwalkan 1 minggu sebelum prediksi persalinan (due date), hal ini bertujuan agar rahimnya tidak kontraksi. Sedangkan, operasi caesar yang bersifat emergensi biasanya tidak dijadwalkan atau direncanakan dulu, mengingat kondisi ini dilakukan sesegera mungkin untuk menyelamatkan ibu hamil dan si Kecil. 

Operasi caesar biasanya tidak memerlukan waktu yang lama, yaitu sekitar 25-60 menit saja. Waktu tersebut tergantung dari tingkat kesulitan dan kondisi pasien. Namun, pemulihannya yang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan persalinan normal. Kira-kira pemulihan operasi caesar harus sekitar 3-5 hari di rumah sakit, serta ditambah pemulihan 1 bulan pemulihan total. 

Lamanya pasien pemulihan di rumah sakit berhubungan juga dengan pilihan ruang inap yang ditempati, hal inilah yang menyebabkan biaya operasi caesar di setiap rumah sakit berbeda. Biaya operasi caesar di sebagian rumah sakit sudah dihitung secara paket dengan aneka fasilitas yang disediakan. 

Akan tetapi, ada juga rumah sakit yang membandrol biaya operasi caesar dan biaya fasilitas medis lainnya secara terpisah. Nah, pastikan Sahabat memilih fasilitas-fasilitas ini dengan teliti dan bijak. 

Kisaran Biaya Operasi Caesar

Rumah sakit di berbagai daerah dikelompokkan berdasarkan fasilitas dan kemampuan pelayanan menjadi tipe umum dan khusus. Semua hal mengenai pembagian tipe rumah sakit telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/Menkes/Per/III/2010. 

Tipe rumah sakit terbagi ke dalam 4 tipe, yaitu A, B, C, dan D. Setiap tipe tersebut memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum, termasuk yang memiliki BPJS. 

Rumah sakit tipe A biasanya menyediakan pelayanan kesehatan pusat. Tipe ini memiliki pelayanan yang lebih lengkap dibandingkan dengan tipe rumah sakit lain. Rumah sakit tipe B umumnya memiliki pelayanan kedokteran medis spesialis luas hingga sub-spesialis lebih terbatas. Biasanya, rumah sakit tipe B dijadikan rujukan di rumah sakit kabupaten. 

Rumah sakit tipe C biasa disebut dengan fasilitas kesehatan tingkat dua. Tipe ini menyediakan pelayanan kesehatan dari kedokteran sub-spesialis, tetapi lebih terbatas. Sedangkan, rumah sakit tipe D merupakan rumah sakit transisi atau sementara. 

Melansir berbagai sumber, berikut ini rata-rata kisaran biaya operasi caesar di sejumlah rumah sakit di Indonesia, antara lain:

  • Rumah Sakit Swasta

    Umumnya, biaya operasi caesar di rumah sakit swasta jauh lebih mahal dibandingkan rumah sakit pemerintah. Rata-rata biaya di beberapa rumah sakit swasta di Jakarta berkisar antara Rp 32 juta - Rp 48 juta. Biaya tersebut biasanya sudah mencakup biaya operasi dan rawat inap selama 4 hari 3 malam. 

  • Rumah Sakit Tipe A

    Kisaran biaya persalinan dengan cara caesar di RS tipe A dibandrol dengan harga sekitar Rp 6 juta - Rp 9 juta. Biaya tersebut biasanya belum termasuk hal-hal lain, seperti biaya rawat inap, obat, dan tindakan medis lainnya. Jika ditotalkan, kurang lebih biaya yang harus disiapkan sekitar Rp 8 - 16 juta. 

  • Rumah Sakit Tipe B

    Tak jauh berbeda dengan RS tipe A, biaya persalinan caesar di RS tipe B berkisar Rp 4 juta - 16 juta. Biaya tersebut belum termasuk berbagai tindakan darurat yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi pada saat proses persalinan.

  • Rumah Sakit Tipe C dan D

    Kisaran biaya persalinan caesar di RS tipe C dan D di wilayah Jakarta umumnya sekitar Rp 5 juta - Rp 7,5 juta. Biaya tersebut belum termasuk kunjungan dokter dan biaya kamar selama proses pemulihan. Biasanya RS tipe C dan D menerima pasien rujukan BPJS kesehatan. 

Sebagai catatan ya, Sahabat, harga di atas hanyalah kisaran di wilayah Jakarta. Bisa jadi harganya tidak sama dengan rumah sakit di wilayah lain. Maka dari itu, Sahabat perlu lebih cermat saat melihat biaya operasi caesar di rumah sakit yang dituju, termasuk berbagai fasilitas yang didapatkan. 

Nah, jika Sahabat ingin mendapatkan fasilitas yang jauh lebih baik dibandingkan rumah sakit tipe di atas, Sahabat bisa lho memilih rumah sakit yang menyediakan layanan operasi caesar dengan kelas VIP. Penasaran berapa kisaran biaya operasi caesar untuk kelas VIP? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

Kisaran Biaya Operasi Caesar Kelas VIP

Sahabat pasti paham kalau kelas VIP pasti menawarkan fasilitas yang sangat nyaman untuk ibu, bayi, dan keluarga yang menemani selama proses operasi. Ternyata kisaran biaya operasi caesar untuk kelas VIP di beberapa rumah sakit di Jakarta berkisar Rp 32 juta - Rp 70 juta. Biaya tersebut tergantung pada tipe kamar dan fasilitas yang ada. 

Berikut ini kisaran biaya operasi caesar kelas VIP sesuai dengan tipe kamar:

  • Tipe Kamar Suite

    Tipe kamar suite dikenal juga sebagai kamar VIP paling mahal di rumah sakit. Kisaran biaya operasi caesar untuk tipe kamar suite sekitar Rp 68 juta - 70 juta. Umumnya, biaya ini sudah termasuk paket, pasien akan mendapatkan fasilitas yang sangat mewah, seperti kamar yang luas, ruang tamu terpisah, sofa, televisi, kitchen set, meja makan, toilet untuk tamu, dan lain sebagainya. 

  • Tipe Kamar VVIP A

    Nah, kalau tipe kamar VVIP A masih di bawah tipe kamar suite, tetapi harganya cukup mahal juga, yaitu sekitar RP 55 juta. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk biaya operasi dan rawat inap. Kamar tipe VVIP A juga sangat nyaman, tetapi fasilitasnya tidak sebanyak tipe kamar suite ya, Sahabat. 

  • Tipe Kamar VVIP B

    Sedang mencari tipe kamar di bawah kamar suite dan VVIP A? Tenang, Sahabat bisa memilih tipe kamar VVIP B. Kisaran biaya operasi caesar tipe VVIP B ini yaitu Rp 50 juta. Jika memilih tipe ini, biasanya pasien akan mendapatkan fasilitas serupa dengan kelas VIP, tetapi kamar yang ditawarkan akan jauh lebih luas dan disediakan meja makan di dalam kamarnya. 

  • Tipe Kamar VIP

    Satu lagi tipe kamar yang bisa jadi pilihan saat persalinan caesar, yaitu tipe kamar VIP. Biaya operasi caesar untuk tipe kamar VIP yaitu sekitar RP 45 juta. Harga tersebut biasanya sudah masuk ke dalam paket. Meskipun kamarnya tidak seluas tipe VVIP dan suite, tetapi pasien di kamar VIP juga tetap nyaman karena kapasitas pasien pada setiap kamar dibatasi, yaitu hanya untuk 1 orang per ruangan.

Itulah kisaran biaya operasi caesar dari yang termurah hingga termahal. Perlu Sahabat ingat lagi ya, biaya di atasnya masih bersifat kisaran, sehingga setiap rumah sakit menawarkan harga yang berbeda pula. Untuk itu, Sahabat perlu mencari dulu rumah sakit yang dituju, melihat harga yang ditawarkan, dan membandingkannya dengan rumah sakit lain. Pastikan juga memilih rumah sakit yang memiliki pelayanan baik. 

Bagaimana Mendapatkan Dana untuk Biaya Operasi Caesar?

Untuk mengumpulkan biaya operasi caesar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan ya, Sahabat? Apalagi jika prosedur operasi harus dilakukan secara tiba-tiba karena kondisi medis pasien. 

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Sahabat tidak perlu khawatir berlebihan ya, karena ada kemudahan untuk mendapatkan biaya operasi caesar yang cepat. Caranya dengan menggunakan layanan Kredit Multiguna dari Adira Finance

Kredit Multiguna merupakan fasilitas pinjaman dana dengan jaminan gadai BPKB motor atau mobil untuk keperluan konsumtif (biaya melahirkan, pendidikan, wisata, renovasi rumah, dan lainnya) maupun keperluan produktif (modal usaha). 

Sahabat tidak perlu ragu karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga transaksi yang dilakukan dijamin aman, mudah, dan cepat. Yuk, langsung ajukan pinjaman dana untuk biaya operasi caesar di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN