Home / Berita Terbaru

Butuh Dana Mendesak Untuk Persalinan? Coba Cara Ini!

01 Juli 2024 | Penulis : Adira Finance

Bagi pasangan suami istri yang masih baru dan sedang merencanakan kehamilan, ada baiknya jika sudah mulai mempersiapkan biaya persalinan sejak dini. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi berbagai biaya yang harus dikeluarkan nantinya.

Biaya persalinan bisa dibilang relatif cukup besar sehingga harus benar-benar disiapkan dengan matang. Meskipun demikian, biaya persalinan juga bisa tergantung dari metode persalinan yang digunakan di masing-masing rumah sakit. 
Tetapi, jika Sahabat sudah mempersiapkannya tentunya tidak akan bingung.

Persiapan Biaya Persalinan

Ketika Sahabat berencana untuk memiliki anak, penghitungan biaya persalinan juga perlu menjadi prioritas yang utama. Persiapan biaya persalinan, khususnya mengenai biaya sebaiknya dilakukan dari jauh hari agar tidak bingung mendapatkannya.

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut datangnya persalinan adalah menghitung estimasinya terlebih dulu. Berikut penjelasannya:

1. Biaya Persalinan Normal

Jika Sahabat melahirkan secara normal, biaya yang dikeluarkan nominalnya bervariasi dan tergantung dari regulasi masing-masing rumah sakit serta tindakannya. 

Umumnya, rata-rata biaya persalinan secara normal di rumah sakit berkisar antara Rp 5 juta untuk kelas 3 serta Rp 20 juta untuk kelas VIP.

Selain di rumah sakit, ada juga pilihan persalinan di bidan. Untuk estimasinya mulai Rp 800 ribu sampai Rp 1, 5 juta. 
Biaya tersebut sudah termasuk untuk perawatan ibu dan bayi, kemudian juga obat yang diberikan setelah melahirkan.

Sedangkan untuk persalinan di puskesmas biayanya mulai dari Rp 700 ribu sampai Rp 1 juta. Namun, biayanya belum termasuk uang pendaftaran serta check up awal.

2. Biaya Persalinan Caesar

Secara umum, untuk persalinan dengan metode operasi Caesar ini tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan secara normal.

Untuk kisaran biayanya sendiri mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 8 juta untuk kelas 3. Sedangkan untuk kelas VIP berkisar antara Rp 40 juta sampai Rp 70 juta. 

Biaya tersebut juga sudah termasuk biaya bersalin, tes laboratorium, perawatan dan obat-obatan untuk ibu serta bayinya. Namun, biaya tersebut variatif tergantung dari masing-masing rumah sakit.

Cara Mendapatkan Biaya Persalinan 

Untuk mempersiapkan biaya persalinan sebenarnya perlu dilakukan jauh-jauh hari, bahkan sebelum hamil, salah satunya dengan cara menabung. Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat sebagian orang sulit menabung untuk biaya persalinan tersebut.

Jadi, ketika membutuhkan biaya persalinan saat mendesak Sahabat bisa mencoba untuk melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Memanfaatkan BPJS dan Tunjangan

Untuk saat ini sebagian besar orang tentu saja mempunyai BPJS ataupun tunjangan melahirkan. Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut, namun pastikan jika BPJS tersebut masih aktif dan dapat digunakan untuk menanggung biaya persalinannya.

Untuk bisa memanfaatkan BPJS sebagai biaya persalinan, Sahabat perlu mempersiapkan beberapa dokumen berikut ini:
 
  - Fotokopi KTP
  - Fotokopi Kartu Keluarga
  - Surat Keterangan Tidak Mampu
  - Surat rujukan dari Puskesmas, dokter ataupun bidan


Selain menggunakan BPJS. Sahabat juga bisa menggunakan tunjangan dari tempat bekerja. Namun, hal ini berlaku untuk Sahabat yang bekerja. Jika tidak bekerja tentu saja tidak bisa memanfaatkan dana tunjangan melahirkan.

2. Pinjam ke Teman atau Saudara

Selain menggunakan BPJS ataupun tunjangan, Sahabat juga bisa mencoba pinjam ke teman jika memang kondisinya benar-benar terdesak. Selain itu, bisa juga meminjam uang ke saudara ataupun keluarga.

Dengan meminjam dana ke teman tentunya akan lebih mudah dan cepat untuk segera mendapatkan pinjaman dana.

3. Menggadaikan Barang Berharga

Jika Sahabat mempunyai barang berharga seperti kendaraan, surat tanah ataupun emas bisa mencoba untuk menggadaikannya. Sahabat bisa menggadaikan beberapa barang tersebut untuk segera mendapatkan pinjaman dana sebagai biaya persalinan.
Namun, pastikan untuk menggadaikan barang-barang tersebut ke layanan yang kredibel dan terpercaya.

4. Pinjam ke Perusahaan Pembiayaan

Selain itu Sahabat juga bisa mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan syariah dengan dana tunai. Untuk saat ini ada banyak sekali perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkannya.

Namun, ketika Sahabat ingin mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan pastikan jika perusahaan tersebut benar-benar terpercaya dan kredibel. Oleh karena itu, Sahabat harus memastikannya terlebih dulu.

Bicara tentang perusahaan pembiayaan, Sahabat bisa mempercayakannya kepada Adira Finance karena layanan ini sudah ada sejak tahun 1990. Jadi, bisa dipastikan jika Adira Finance sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang sangat baik.

Adira Finance memberikan beberapa layanan pembiayaan dan pinjaman dana tunai, salah satunya untuk Kesehatan, termasuk persalinan. Jadi, jika Sahabat membutuhkan dana mendesak bisa menghubungi Adira Finance sekarang juga.

Tak perlu khawatir dengan prosesnya karena sangat mudah dan cepat, bahkan hanya dengan menjaminkan BPKB kendaraan motor atau mobil saja Sahabat sudah bisa mendapatkan pinjaman dana tunai dengan bunga yang rendah dan tenor yang bisa disesuaikan dengan kondisi.

Jadi, untuk informasi lebih lengkap bisa membuka website Adira Finance dan lakukan juga simulasi pinjaman dana tunainya. Setelah itu bisa langsung mengajukan formulirnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN