Home / Berita Terbaru

Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Pinjaman Syariah Salah Satunya!

10 Juni 2024 | Penulis : Adira Finance

Pinjaman syariah saat ini memang banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat yang membutuhkan biaya untuk berbagai kebutuhan. Alasannya karena pinjaman berbasis syariah tidak mengandung riba karena sistem yang digunakan adalah bagi hasil.

Bahkan, untuk membeli rumah tanpa riba bisa dengan mengajukan pinjaman berbasis syariah jika memang dana yang dibutuhkan masih kurang. Sehingga Sahabat bisa membeli rumah impian secara cash dan juga terhindar dari riba.

Di zaman sekarang ini menghindari riba memang cukup sulit dan menjadi tantangan tersendiri, namun bukan berarti Sahabat tidak bisa membeli rumah tanpa riba. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan ketika ingin membeli rumah tanpa riba:

Rajin Menabung Dari Muda

Pada dasarnya riba bisa dihindari ketika Sahabat membeli rumah secara cash atau tunai. Untuk bisa membeli rumah secara tunai tentu saja bisa dengan mulai rajin menabung dari usia muda.

Cara menabung untuk membeli rumah tanpa adanya riba juga bisa dilakukan dengan cara membuat suatu perencanaan keuangan secara matang. Sahabat bisa mengalokasikan dana sekitar 30% dari total pendapatan setiap bulan untuk ditabung.

Selain itu juga perlu menetapkan sebuah target waktu serta biaya membeli rumah. Hal ini cukup penting karena akan membuat Sahabat selalu terdorong untuk rutin menabung agar bisa segera membeli rumah impian tersebut.

Menyisihkan Gaji Untuk Investasi

Kadang kala sudah menabung tetapi impian untuk membeli rumah tidak kunjung tiba. Terlebih lagi harga rumah saat ini semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, agar uang tabungan Sahabat untuk membeli rumah tidak mengalami inflasi, bisa menginvestasikan gaji ke investasi.

Membuka Usaha Sampingan

Jika memang tidak cukup dengan gaji yang ada, mungkin saja Sahabat bisa mencoba untuk menambah pemasukan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara membuka usaha sampingan. Sekarang ini ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis dari rumah.

Bahkan tidak perlu menggunakan modal yang besar, Sahabat bisa menghasilkan suatu keuntungan yang besar dari usaha rumahan tersebut. Beberapa bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal namun keuntungannya cukup besar adalah reseller ataupun dropshipper.

Keuntungan menjalankan bisnis sampingan di rumah adalah hasil dari usaha tersebut bisa Sahabat tabung untuk tambahan biaya membeli rumah tanpa riba. Sahabat bisa menyisihkan waktu serta meningkatkan ketekunan diri agar bisa membagi waktu untuk mengurus bisnis dan bekerja.

Membuat Alternatif Passive Income

Selama ini orang bekerja tentu saja untuk mendapatkan uang, tetapi di zaman canggih dan modern seperti sekarang ini Sahabat bisa membuat uang yang bekerja. Caranya tentu saja dengan membuat passive income.

Passive income merupakan penghasilan yang tidak membutuhkan usaha lebih, atau dapat dibilang hanya mengeluarkan tak terlalu banyak energi untuk mendapatkan keuntungan.

Hal ini tentunya akan membantu Sahabat untuk mewujudkan impian membeli rumah tanpa adanya riba. 

Salah satu contoh passive income yang bisa Sahabat coba adalah membuat akun Youtube sendiri. Jika akun tersebut sudah diterima Adsense, tentunya konten yang Sahabat buat bisa menghasilkan uang secara terus menerus.

Membangun Rumah Bertahap

Solusi untuk memiliki rumah namun tanpa melakukan riba adalah membangunnya sendiri secara bertahap. Jika memang sedang ada dana, Sahabat bisa membangun rumah tersebut namun jika sedang tidak ada bisa berhenti terlebih dulu.

Mengajukan Pinjaman Syariah

Selain itu, Sahabat bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman syariah untuk membeli rumah tersebut. Tak perlu khawatir karena pinjaman berbasis syariah tidak menggunakan sistem riba karena yang digunakan adalah bagi hasil.

Ada beberapa jenis kredit syariah yang bisa dipilih, sehingga Sahabat bisa melakukan konsultasi terlebih dulu ke lembaga keuangannya agar mendapatkan jenis kredit yang tepat.

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan untuk bisa membeli rumah tanpa riba. Yang terpenting adalah pastikan untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan Sahabat agar nantinya tidak menimbulkan masalah ke depannya.

Bicara tentang pinjaman berbasis syariah, Adira Finance juga menyediakan layanan tersebut. Sehingga Sahabat bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman tersebut ke Adira Finance dan dapatkan berbagai manfaatnya.

Adira Finance menawarkan pinjaman berbasis syariah dengan beberapa pilihan nominal dan tenor atau jangka waktu pinjaman. 
Selain itu juga memberikan kemudahan dalam pembayaran cicilan karena Sahabat bisa menyesuaikan kondisi keuangan dan metode pembayaran cicilannya.

Untuk jaminannya sendiri hanya perlu menggunakan BPKB kendaraan bermotor dengan proses yang mudah dan cepat. 

Jadi, untuk Sahabat yang ingin mengajukan pinjaman syariah bisa langsung hubungi customer service Adira Finance sekarang juga dan dapatkan rumah impian Sahabat di sini!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN