Home / Berita Terbaru

Cara Investasi Emas, Manfaat dan Berbagai Keuntungannya

29 Januari 2024 | Penulis : Adira Finance

Emas merupakan barang bernilai yang telah dikenal manusia sejak zaman dahulu. Selain menjadi lambang kekayaan, keindahan dan status sosial, emas juga kerap digunakan sebagai alat tukar di masa lalu.

Sebagai salah satu logam mulia yang paling berharga, saat ini emas tidak hanya dinilai sebagai perhiasan, akan tetapi juga sebagai instrumen investasi yang masa depan yang menjanjikan. Sahabat, ada beberapa hal mengapa investasi emas terbilang menjadi investasi yang menggiurkan, misalnya dari sisi nilai yang cenderung stabil serta keuntungan jangka panjang dari nilai emas yang terus meningkat.

Sahabat, melalui artikel ini kita akan membahas mengapa investasi emas penting dan mengapa emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi Sahabat saat ini. Hal itu tidak terlepas dari beberapa hal menarik yang dimiliki emas yang belum tentu dimiliki oleh jenis investasi lain, diantaranya sebagai berikut:

1. Melindungi Dari Inflasi
Emas telah terbukti sebagai pelindung yang efektif terhadap inflasi. Ketika mata uang mengalami depresiasi nilainya, harga emas cenderung meningkat. Sebagai contoh, selama periode inflasi tinggi, nilai emas dapat tetap stabil atau bahkan mengalami peningkatan. Oleh karena itu, investasi emas dapat membantu melindungi kekayaan Sahabat dari efek yang ditimbulkan inflasi.

2. Variasi Aset
Variasi atau yang dikenal dengan diversifikasi portofolio merupakan strategi cerdas untuk mengurangi risiko investasi. Sahabat mungkin pernah mendengar istilah “Don’t put your eggs in one basket”, hal itu memiliki makna pentingnya diversifikasi dalam investasi. Jadi dengan banyaknya varian investasi, emas bisa menjadi salah satu pilihan dari banyaknya pilihan investasi aman yang Sahabat bisa pilih.

Emas nilainya tidak selalu berkorelasi dengan aset-aset lain yang cenderung fluktuatif seperti saham atau obligasi. Ketika pasar saham tidak stabil, emas dapat bertindak sebagai perlindungan, membantu menjaga keseimbangan portofolio Sahabat.

3. Investasi Aman pada Waktu Krisis
Emas sering dianggap sebagai "aset aman" apabila terjadi ketidakpastian ekonomi atau seperti krisis keuangan. Saat kondisi pasar tidak menentu, investor cenderung mencari perlindungan dalam emas karena sifatnya yang likuid dan dapat diandalkan. Ini membuat emas menjadi pilihan yang menarik saat terjadi gejolak ekonomi atau ketidakpastian stabilitas ekonomi.

4. Kenaikan Nilai
Secara historis, emas telah mengalami peningkatan nilai yang signifikan dari masa ke masa. Meskipun terdapat fluktuasi harga, emas cenderung mengalami kenaikan nilai seiring waktu. Melihat dari sisi historis ini, maka emas tentu bisa menjadi salah satu instrumen investasi pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang.

5. Tangguh Terhadap Kondisi Ekonomi Global
Investasi emas cenderung lebih tangguh terhadap kondisi ekonomi global jika dibanding aset investasi lainnya. Misalnya saat terjadi resesi atau penurunan ekonomi, emas dapat dijadikan aset yang stabil. Hal ini dikarenakan emas memiliki nilai intrinsik yang tinggi, sehingga emas cenderung tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi pasar maupun ketidakstabilan ekonomi yang terjadi.

6. Likuiditas Tinggi
Emas memiliki keunggulan likuiditas tinggi, yang berarti dapat dengan mudah dijual atau diperdagangkan. Saat ini, Sahabat dapat mengakses emas dengan mudah, baik itu kegiatan membeli maupun menjual dengan fasilitas pasar offline maupun online yang tersedia.

Dengan likuiditas yang tinggi dan akses pembelian serta penjualan yang variatif, maka Sahabat dapat dengan mengubah investasi sesuai akan kebutuhan serta kondisi pasar.

7. Ragam Emas Untuk Investasi
Selain investasi langsung dalam bentuk fisik seperti, logam mulia, perhiasan hingga koin emas, terdapat juga berbagai instrumen investasi emas yang bisa Sahabat pilih. Misalnya reksa dana emas atau tabungan emas yang bisa dicicil pembeliannya. Keberagaman ini memungkinkan Sahabat untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan tujuan investasi.

Perlu Sahabat ketahui bahwa investasi dalam emas bukan hanya tentang memegang logam mulia secara fisik saja, tetapi juga meraih potensi keuntungan jangka panjang. Dengan sifatnya yang stabil, tangguh terhadap inflasi serta portofolio yang aman, emas memainkan peran penting dalam strategi investasi yang penting. 

Tips BerInvestasi di Emas Yang Aman 

1. Lakukan Riset
Sebelum Sahabat terjun untuk investasi emas, penting bagi Sahabat untuk melakukan riset terlebih dahulu. Sahabat mesti memahami tren pasar, faktor-faktor apa saja yang dapat berpengaruh terhadap harga emas dan situasi ekonomi. Riset yang dilakukan akan memberikan pemahaman baru terkait investasi yang dilakukan, seperti membuat keputusan dalam menentukan momentum terbaik untuk membeli atau menjual.

2. Pilih Bentuk Investasi
Banyak bentuk emas yang bisa Sahabat pilih, seperti perhiasan, bentuk koin, emas batangan atau tabungan emas. Pilih investasi emas yang paling sesuai dengan tujuan Sahabat dan ketahui profil risikonya. Sebagai contoh, jika tujuan Sahabat adalah peningkatan nilai jangka panjang, maka emas batangan atau koin mungkin lebih cocok daripada perhiasan yang nilainya bisa susut akibat pemakaian.

3. Beli Emas dari Lembaga Terpercaya
Jika Sahabat memilih untuk memiliki emas fisik, pastikan untuk membelinya dari sumber terpercaya. Pilih dealer atau lembaga keuangan yang memiliki reputasi baik dan transparansi dalam transaksi. Hindari membeli emas dari sumber yang meragukan atau tidak dikenal untuk menghindari risiko pemalsuan atau penipuan.

4. Simpan dengan Aman
Menyimpan emas secara aman adalah kunci untuk melindungi investasi Sahabat. Pertimbangkan menyimpan emas di deposit bank atau lembaga penyimpanan logam mulia yang terkemuka. Jika Sahabat menyimpannya di rumah, maka pertimbangkan dari sisi keamanannya seperti menggunakan brankas yang aman dan terlindungi.

5. Portofolio 
Diversifikasi portofolio emas Sahabat adalah langkah bijak untuk mengurangi risiko. Selain emas fisik, pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian investasi Sahabat dalam instrumen keuangan seperti reksa dana emas atau saham perusahaan pertambangan emas. Dengan diversifikasi, Sahabat dapat mengimbangi potensi kerugian di satu aset dengan keuntungan di aset lainnya.

6. Perhatikan Biaya dan Pajak
Sebelum melakukan investasi emas, pahami dengan baik biaya yang terkait, seperti spread (selisih harga jual dan beli), penyimpanan dan biaya transaksi. Selain itu, pahami implikasi pajak investasi emas di wilayah tempat Sahabat tinggal. Mengetahui semua biaya dan pajak akan membantu Sahabat mengoptimalkan keuntungan dan menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

7. Pantau Perkembangan Pasar
Sahabat perlu untuk memantau perkembangan pasar, terutama terkait ekonomi global yang dapat memicu pergerakan harga emas. Dengan mengetahui informasi terkini, Sahabat dapat mengambil keputusan yang bijak, responsif dan tepat terhadap investasi emas yang dimiliki.

Investasi emas dapat menjadi strategi yang cerdas untuk melindungi dan mengembangkan aset Sahabat. Dengan mengikuti tips berinvestasi emas yang aman, Sahabat dapat merencanakan dan melaksanakan strategi investasi yang seimbang, melindungi keamanan finansial Sahabat sambil mengambil keuntungan dari potensi pertumbuhan nilai emas dalam jangka panjang.

Bagi Sahabat yang saat ini baru merencanakan investasi emas namun masih terkendala akibat kebutuhan yang mendesak, Sahabat dapat menggunakan layanan pinjaman dana cepat dengan memanfaatkan layanan Fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance.

Persyaratan pengajuan Kredit Multiguna juga mudah, Sahabat bisa menggunakan BPKB kendaraan seperti mobil/motor untuk dijadikan jaminan. Proses pencairan dana yang cepat, pilihan perlindungan asuransi yang lengkap serta jaringan angsuran yang luas menjadi salah satu keunggulan dari layanan Adira Ini.

Adira Finance merupakan salah satu lembaga keuangan yang terpercaya selama bertahun-tahun dan telah terdaftar di OJK yang menjamin keamanan nasabahnya. Yuk, ajukan sekarang juga pinjaman untuk berbagai keperluan Sahabat sekarang juda bersama Adira Finance.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN