Home / Berita Terbaru

Cara Jitu Dapatkan Penghasilan Tambahan Lewat Pinjaman Modal Usaha Kecil

Cara Jitu Dapatkan Penghasilan Tambahan Lewat Pinjaman Modal Usaha Kecil

20 November 2020 | Penulis : Adira Finance

Sahabat yang saat ini masih bekerja sebagai karyawan di suatu instansi, ada baiknya untuk menjajal peruntungan di dunia bisnis. Dengan begitu, Sahabat bisa memiliki pendapatan tambahan yang bisa digunakan untuk memakmurkan rumah tangga dan juga lingkungan. Tidak usah langsung berpikir besar, saat ini sudah banyak tersedia platform bisnis yang menyediakan pinjaman modal usaha kecil.

Ya, untuk mendapatkan yang besar, Sahabat harus memulainya dari kecil. Itu bertujuan agar Sahabat bisa mengetahui semua proses bisnis yang berjalan dan dibutuhkan. Jadi ketika bisnis yang Sahabat jalani berkembang menjadi besar, Sahabat bisa mengerti bagaimana proses yang berjalan dibawahnya.

Dengan begitu Sahabat akan menjadi pemimpin yang adil dan juga baik. Karena paham bagaimana harus bersikap dan memutuskan masalah dengan cepat dan benar.

Banyak orang ketika ditanya mengapa tidak memulai bisnis, yang dijawab adalah modal. Padahal, instrumen modal merupakan 10 persen dari total kebutuhan yang diperlukan dalam bisnis.

90% kebutuhan dalam memulai bisnis adalah kemauan. Dengan kemauan, maka otak akan menyampaikan sinyal ke seluruh organ tubuh untuk memulai bisnis.

Itu mengapa, ketika kemauan sudah bulat, kreativitas biasanya akan mengikuti. Setelah itu, Sahabat hanya perlu mengajukan pinjaman modal usaha kecil guna memulai bisnis.

Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa Sahabat tempuh agar bisa mudah mendapatkan pinjaman modal usaha kecil. Simak yuk

1. Jaga kinerja kredit

Sahabat yang saat ini masih memiliki cicilan kartu kredit ataupun cicilan rumah juga mobil, harus bisa mempertahankan kinerja kreditnya baik. Dalam bahasa keuangan disebut sebagai skor kredit. Ya, skor kredit itu merefleksikan bagaimana Sahabat melakukan setiap cicilan yang ada.

Data tersebut terekam di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dulu sistem ini dikenal sebagai BI Checking yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Namun sekarang pengawasannya berubah.

Nah pinjaman modal usaha kecil merupakan salah satu fasilitas yang bisa Sahabat dapatkan jika skor kredit yang Sahabat miliki bagus. JIka pernah masuk dalam kategori macet, biasanya calon kreditur akan menempatkan nama Sahabat di profil berisiko tinggi.

Akhirnya Sahabat akan lebih sulit untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan. Jadi disiplinlah untuk membayar angsuran secara tepat waktu.

Namun jika ternyata Sahabat lupa dan ingin memperbaiki catatan kreditnya, jangan panik. Sahabat bisa memperbaikinya dengan datang ke OJK atau BI untuk menghapus data kredit bermasalah.

Nanti Sahabat akan diminta untuk menyelesaikan tunggakan yang belum dibayarkan beserta dengan dendanya. Proses pemulihan namanya bisa cukup lama dan panjang. Oleh karena itu, lebih baik Sahabat sedari dini menjaga kualitas pembayarannya.

2. Ajukan KUR

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan fasilitas pembiayaan yang diinisiasi oleh pemerintah. Lewat KUR, Sahabat bisa mendapatkan biaya dana yang lebih murah.

Ya, karena bunga KUR disubsidi oleh Negara. Tujuannya adalah untuk menggerakkan ekonomi kecil atau usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Seksinya sektor tersebut sudah dibaca oleh pemerintah, akhirnya Pemerintah rela memberikan subsidi bunga kepada para pegiat usaha tersebut. Apalagi, data dari Badan Pusat Statistik menyebutkan, bahwa lebih dari 50% produk domestik bruto (PDB) tanah air digerakkan oleh sektor UMKM.

Nah Sahabat bisa menjadi bagian dari program tersebut. Caranya adalah dengan mengajukan fasilitas pembiayaan di lembaga keuangan yang ditunjung oleh pemerintah untuk menyalurkan KUR.
Biasanya lembaga yang ditunjuk adalah perusahaan pelat merah, alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kondisi seperti sekarang dimana ekonomi bergerak pelan, merupakan saat yang tepat untuk Sahabat mengajukan KUR. Lembaga keuangan pasti bisa lebih cepat menyalurkannya, karena diharapkan dengan begitu, ekonomi bisa segera bergerak dan imbasnya adalah pertumbuhan ekonomi bisa terkatrol.

Saat ini rata-rata bunga KUR berada di kisaran 6%. Jauh lebih mudah dibanding bunga kredit komersial yang bisa Sahabat dapatkan.

Selain itu, dengan KUR juga Sahabat ikut mendorong keberhasilan program pemerintah. Jadi manfaatkan KUR sebagai pinjaman usaha modal kecil guna mendorong penghasilan Sahabat sendiri.
Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. BIsnis Sahabat berjalan, program pemerintah juga berjalan. Menarik bukan.

3. Buat rencana bisnis yang matang

Saat ingin mengajukan pinjaman modal usaha kecil, biasanya Sahabat akan diminta bukti usaha yang sudah berjalan, minimal 6 bulan. Jadi memang usaha apapun harus sudah dimulai terlebih dahulu.

Mulailah dengan modal seadanya, yang terpenting konsep bisnisnya tetap harus ada. Rencana pengembangan apa yang akan dilakukan, siapa target pasarnya, bagaimana strategi pemasarannya, apa produk yang ditawarkan, berapa potensi keuntungannya, apa ancaman dari bisnis yang Sahabat jalani dan segala data pendukung lainnya.

Buatlah secara detil dan komprehensif, sehingga calon kreditur bisa dengan mudah menganalisanya. Selain itu jangan juga lupa melampirkan statistik penjualan dan juga laba rugi bisnis Sahabat.

Rencana bisnis juga dibutuhkan untuk membaca arah bisnis Sahabat. Jadi Sahabat bisa menerka sekaligus mengevaluasi langkah apa yang akan dijalankan kedepannya.

4. Jaga dana tabungan

Nah ini erat kaitannya dengan bagaimana Sahabat menjalani hidup. Selama Sahabat bisa cermat dan hemat saat mengatur keuangan keuangan, Sahabat bisa memiliki tabungan yang cukup.

Perolehan dana tabungan erat kaitannya dengan penilaian kreditur terhadap kemampuan bayar yang dimiliki Sahabat. Karena dengan jumlah tabungan yang paling tidak bisa menutupi selama 3 hingga 5 bulan cicilan bulanan, menjadi kelebihan tersendiri bagi Sahabat.

Selain itu, Sahabat yang memiliki deposito juga bisa diagunkan untuk perolehan pinjaman usaha modal kecil. Jangan gunakan dana tabungan untuk memulai usaha.

Hal itu bertujuan agar arus kas yang dimiliki oleh Sahabat berjalan seimbang. Ketika dana tabungan digunakan, berarti kemampuan Sahabat untuk melakukan mitigasi atas berbagai risiko yang timbul juga semakin kecil.
Namun dengan mengandalkan pinjaman usaha modal kecil, Sahabat bisa mudah mengatur alokasi dana untuk hal yang mendesak dan penting.

Selain itu, dengan menggunakan pinjaman usaha modal kecil, maka Sahabat akan terpacu untuk menjalankan bisnis dengan baik.

Karena yang namanya pinjaman, ada biaya dana disitu. Sahabat tidak mendapatkannya secara gratis. Ada beban keuangan berupa bunga yang Sahabat keluarkan ketika membayar cicilan.

Dengan begitu, Sahabat dapat mendapatkan profit yang diinginkan, dan imbasnya pembayaran cicilan berjalan lancar.

Jadi apapun itu yang dilakukan, semuanya akan berpengaruh baik terhadap diri dan rekam jejak Sahabat. Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha kecil untuk mendapatkan hal yang selama ini diimpikan.
Lewat pinjaman usaha modal kecil juga bisa membuat Sahabat bermanfaat bagi orang lain. Ya, seiring berkembangnya usaha Sahabat, berkembang juga perekonomian di lingkungan sekitar. Karena lapangan pekerjaan juga bisa terbuka lebar.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN