Home / Berita Terbaru

Cari Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil? Ini Jawabannya

Cari Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil? Ini Jawabannya

29 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Kehadiran layanan pinjaman uang yang bisa dicicil seolah menjadi solusi bagi sebagian orang saat membutuhkan dana mendesak, baik untuk keperluan yang produktif maupun konsumtif. Apalagi seiring dengan perkembangan dunia digital yang kian pesat, membuat banyak perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan mudah dan bunga rendah.

Di balik banyaknya layanan pinjaman uang yang bisa dicicil, penting bagi Sahabat untuk lebih cermat memilih perusahaan pembiayaan dan layanan yang terpercaya. Ini karena tak sedikit pula perusahaan pembiayaan ilegal yang justru merugikan konsumen. Maka dari itu, Sahabat sebaiknya memilih layanan pinjaman uang yang bisa dicicil yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan begitu, proses pengajuan hingga pembayaran angsuran lebih aman, mudah, dan cepat karena perusahaan pembiayaan tersebut sudah profesional dalam menyediakan layanan pinjaman uang yang bisa dicicil.

Lantas, apa saja rekomendasi layanan pinjaman uang yang bisa dicicil? Simak jawabannya di bawah ini, yuk! 

Rekomendasi Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi layanan pinjaman uang yang bisa dicicil dan bisa jadi pertimbangan Sahabat untuk menggunakannya, antara lain:

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

    Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan layanan pinjaman uang yang bisa dicicil yang biasanya disediakan oleh perusahaan perbankan dan diberikan khusus untuk nasabahnya. Maka dari itu, Sahabat harus menjadi nasabah di bank yang bersangkutan terlebih dahulu jika ingin memanfaatkan layanan pinjaman uang yang bisa dicicil berbentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA). 

    KTA merupakan jenis pinjaman yang dapat diajukan oleh nasabah tanpa perlu jaminan apapun. Syarat ini memang terbilang cukup mudah, tetapi memang layanannya diperuntukkan khusus nasabah bank tersebut. Meskipun terlihat mudah, tetapi Kredit Tanpa Agunan (KTA) umumnya memiliki bunga pinjaman yang lebih besar jika dibandingkan jenis pinjaman uang lainnya, seperti kredit multiguna dan pinjaman online. Hal ini karena tidak adanya jaminan yang harus diagunkan oleh konsumen, sedangkan nominal pinjamannya terbilang cukup besar. 

    Oleh karenanya, penting bagi Sahabat untuk lebih cermat dalam memilih perusahaan perbankan yang menyediakan layanan ini. Sebab, ada beberapa layanan KTA yang memiliki besaran suku bunga yang relatif tinggi dan memberatkan nasabah saat proses pembayaran. 

    Nantinya setiap perusahaan perbankan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing yang ditujukan kepada nasabah yang ingin mengajukan KTA. Jika Sahabat berminat mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil berbentuk KTA, sebaiknya riset terlebih dahulu di website masing-masing bank atau berkunjung langsung ke kantor cabang. 

  2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

    Layanan pinjaman uang yang bisa dicicil selanjutnya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan layanan pembiayaan dari Pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan perbankan dan ditujukan khusus untuk Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK).

    Kredit Usaha Rakyat (KUR) meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan jasa simpan pinjam. KUR merupakan salah satu layanan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan tawaran bunga rendah karena telah disubsidi oleh pemerintah. 

    Sebelum mengajukan pinjaman uang berbentuk KUR, Sahabat perlu mengetahui bahwa layanan pinjaman uang yang bisa dicicil ini terbagi ke dalam 2 jenis, di antaranya: 

    • Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro yang ditujukan hanya untuk pengusaha mikro. Jumlah pinjaman yang diberikan pun memiliki limit maksimal Rp 25 juta, dengan jangka waktu pinjaman maksimal 36 bulan atau setara 3 tahun. Layanan KUR Mikro bisa diajukan tanpa menggunakan jaminan.
       
    • Kredit Usaha Rakyat (KUR) Ritel yang ditujukan untuk pengusaha kecil dan menengah dengan jumlah plafon pinjaman mencapai Rp 500 juta. Karena nominal pinjamannya cukup besar, maka Sahabat perlu memberikan jaminan atau agunan saat mengajukan pinjaman tersebut. 

    Meskipun terlihat mudah dan sangat aman, tetapi pengajuan KUR harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Maka dari itu, Sahabat harus mengetahui terlebih dahulu informasi yang lengkap terkait persyaratan, ketentuan, dan lainnya sebelum mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil berbentuk KUR ini. 

  3. Pinjaman Online 

    Berbeda dengan KTA dan KUR, pinjaman online merupakan jenis layanan pinjaman yang lebih mudah dan nominal pinjamannya tidak terlalu tinggi. Itulah sebabnya, layanan pinjaman online lebih sering digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan dana untuk kebutuhan konsumtif. Misalnya, dana untuk membeli HP, laptop, TV, dan barang-barang lainnya. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan layanan pinjaman uang yang bisa dicicil ini untuk keperluan mendesak lainnya. 

    Di balik kemudahannya, justru pinjaman online lebih rentan merugikan konsumen karena banyak layanan yang ilegal. Bahkan, melansir laman resmi CNBC Indonesia, terhitung sejak 2018 hingga 26 Oktober 2021, Kominfo telah memblokir 4.906 konten pinjaman online yang terbukti ilegal. Tindakan ini diiringi dengan semakin banyaknya korban yang merugi akibat pinjol yang ilegal. 

    Maka dari itu, meskipun layanan pinjaman online memberikan kemudahan dalam syarat, ketentuan, dan proses pengajuan, sebaiknya Sahabat tidak terlena dengan hal tersebut dan harus lebih waspada mengetahui besaran bunga, nominal angsuran, dan tenor pinjamannya. 

    Solusinya, sebelum memilih jenis pinjaman uang yang bisa dicicil, pastikan Sahabat mengetahui terlebih dahulu rekam jejak perusahaan pembiayaannya. Apakah sudah terpercaya dan diawasi oleh OJK atau belum? Setelah itu, baca kembali syarat dan ketentuan yang berlaku.

  4. Kredit Multiguna 

    Pinjaman uang yang bisa dicicil dengan aman, mudah, dan prosesnya cepat adalah Kredit Multiguna. Kredit Multiguna adalah jenis pembiayaan barang dan/atau jasa dengan jaminan BPKB kendaraan motor maupun mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif, seperti biaya pernikahan, biaya pendidikan, wisata, perayaan tertentu, dan lain sebagainya, serta kebutuhan produktif seperti modal usaha. 

    Dengan mengajukan Kredit Multiguna di Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman uang yang bisa dicicil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, jaringan pembayaran angsuran luas, pilihan perlindungan asuransi yang lengkap, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang, call center, dan media digital. 

    Bahkan, sekarang ada kemudahan dalam mengajukan Kredit Multiguna, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Adiraku. Dengan begitu, Sahabat bisa mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil hanya melalui HP. Tak hanya itu, Adiraku juga menyediakan beragam fitur yang menguntungkan bagi Sahabat, di antaranya fitur promo, poin, serta layanan pinjaman lain seperti kredit mobil, kredit motor, pembiayaan Umrah, serta kredit elektronik dan furnitur. 

    Layanan pinjam uang online di aplikasi Adiraku memberikan banyak manfaat bagi konsumen, di antaranya log in cukup dengan nomor HP, bayar angsuran mudah, praktis, dan lebih menguntungkan, serta terdapat promo dan poin untuk konsumen.

    Ingin dapat pinjaman uang yang bisa dicicil dengan mudah, aman, dan cepat? Yuk, langsung ajukan pinjamannya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN