Home / Berita Terbaru

Daftar Lembaga Kredit Motor Syariah di Bandung

Daftar Lembaga Kredit Motor Syariah di Bandung

20 November 2020 | Penulis : Adira Finance

Sahabat yang bertempat tinggal di wilayah Bandung, Jawa Barat sudah tidak perlu repot mencari lembaga pembiayaan motor. Apalagi bagi sahabat yang ingin mendapatkan fasilitas kredit motor syariah Bandung, setidaknya terdapat puluhan lembaga pembiayaan yang bisa dijadikan acuan untuk bisa membantu memiliki kendaraan bermotor dengan mudah.

Bandung sebagai ibukota dari Provinsi Jawa Barat, memiliki kesibukan yang tidak jauh berbeda dari Jakarta, selaku ibukota negara. Maka tak aneh, jika sahabat yang saat ini baru pindah ke wilayah tersebut, menemukan banyak titik kemacetan yang tidak jauh berbeda dengan Jakarta.
Kemacetan sejatinya merupakan salah satu indikator bahwa perekonomian bergerak, banyak aktivitas ekonomi terjadi.

Itu mengapa moda transportasi yang memiliki daya jelajah yang gesit seperti sepeda motor menjadi primadona bagi masyarakat perkotaan. Sahabat yang ingin mendapatkan sepeda motor dengan harga yang ringan dapat mengajukan kredit motor syariah di kota Bandung.
Berikut merupakan beberapa lembaga pembiayaan di Bandung yang memiliki fasilitas pembiayaan sepeda motor.

1. Adira Finance

Perusahaan pembiayaan yang memiliki nama lengkap Adira Dinamika Multi Finance itu bisa menjadi rujukan sahabat yang ada di Kota Bandung untuk mendapatkan kredit motor syariah. Rekam jejaknya sebagai salah satu anak usaha Bank Danamon itu di dunia pembiayaan sepeda motor sudah tidak diragukan lagi.

Sahabat hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Keluarga (KK) dan juga slip gaji.

Lebih baik lagi jika sahabat bisa melampirkan rekening koran selama 3 bulan terakhir agar bisa lebih cepat mendapatkan fasilitas pembiayaan. Urusan suku bunga, sudah tidak perlu khawatir, karena menggunakan kredit motor syariah, sahabat yang berada di Bandung bisa memperoleh transparansi marjin keuntungan.

Ya, dalam prinsip syariah, akad yang digunakan adalah murabahah. Artinya, sahabat bakal diberi informasi detail terkait margin keuntungan yang diambil oleh perusahaan. Tidak menggunakan sistem bunga mengambang alias floating.

Selain itu, sahabat juga bisa mendapatkan kredit motor syariah Bandung untuk motor bekas. Bagi pecinta motor dengan kapasitas mesin besar namun sudah tidak diproduksi lagi, sahabat bisa memilikinya dengan mengajukannya kredit motor syariah Bandung di Adira Finance.
Uang muka yang harus sahabat persiapkan juga terbilang ringan, hanya 10% dari total harga bekasnya. Sedangkan untuk kredit motor konvensional di Bandung, sahabat bisa mendapatkannya dengan uang muka 15% dari total harga bekas.

Pembiayaan tersebut juga bisa sahabat dapatkan untuk jenis kendaraan motor bebek, scooter matic, dan sport dengan kapasitas sampai dengan 500 cc.

Adapun usia kendaraan bekas maksimal yang bisa dibiayai adalah 12 tahun sampai dengan akhir tenor. Jadi jika sahabat ingin meminang motor tahun 2011, sahabat bisa mendapatkannya dengan mulai mengajukannya saat ini juga dengan tenor 3 tahun.

Adapun lokasi Adira Finance yang sahabat bisa kunjungi berada di wilayah Bandung dan sekitarnya adalah di Jl. Soekarno Hatta No. 380, Bandung Telp: 022-5210766, 022-5224430.

Kemudian ada di cabang Baleendah-Jaksa Naranata, berlokasi di Jl. Jaksa Naranata No. 7 Bandung, Jawa Barat, Telp: 022 - 88882452. Sahabat yang berada di wilayah Pasir Koja, Bandung juga bisa langsung ke Jl. Terusan Pasir Koja No.43

Selain itu, berikut merupakan Cabang Adira Finance yang bisa kamu ajukan untuk mendapatkan kredit motor syariah Bandung, Cimahi-Ngamprah di Jl. Gadobangkong No 94, Bandung-Ujung Berung di Jl. Raya Sukamiskin No. 118, Cabang Bandung 6 Car-Pungkur di Jl. Pungkur No. 117

Adira Finance cabang Bandung 7-Setiabudi, Jl. Setiabudi No.206, Adira Finance cabang Bandung 2 - Banjaran/Baleendah di Jl. Jaksa Naranata No. 30.

2. BPRS

Bank Perkreditan Rakyat Syariah yang ada di wilayah Bandung juga bisa melayani kredit motor syariah. Sahabat bisa langsung menyambangi kantor cabang yang ada di wilayah tersebut untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan.

Meskipun begitu, sahabat harus tetap memperhatikan izin operasi dari lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas tersebut. Cek di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melihat lembaga keuangan mana saja yang secara resmi sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Dengan begitu, sahabat bisa memperkecil potensi terjadinya kerugian di kemudian hari. Selain itu, sahabat juga bisa menambah wawasan tentang mana perusahaan pembiayaan resmi dan juga tidak.

Secara kelembagaan, BPRS merupakan Bank, jadi konsep pembiayaan yang diberikan tidak berbeda pada umumnya. BPRS merupakan lembaga yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi keuangan, sama dengan Bank Umum.

Aktivitas menyimpan dan juga menyalurkan dana dilakukan juga oleh BPRS. Itu mengapa, di BPRS sahabat bisa mendapatkan kredit motor syariah Bandung secara cepat dan aman.

Perbedaan BPRS dan Bank Umum terletak di mekanisme dan prinsipnya. JIka di BPRS simpanan berupa tabungan dan deposito disandarkan pada akd wadi’ah dan mudharabah ataupun akad lain yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Selain itu, proses pembiayaan, penyewaan barang, pembiayaan bagi hasil menggunakan akad ijarah. Nah kalau untuk proses ambil alih utang atau take over didasarkan pada akad hawalah.

Perbedaan lainnya adalah, terletak pada fungsi sosialnya, BPRS tidak bisa menjalankan fungsi baitul mal untuk menerima dan menyalurkan zakat, infak, sedekah maupun dana sosial lainnya. Sedangkan Bank Umum memiliki kemampuan tersebut.

3. Bank Umum Syariah

Saat ini sahabat bisa dengan mudah menemukan Bank Umum Syariah yang terletak di wilayah Bandung. Ada yang berada di Jl Ir H Juanda No 24 atau Jl Moh Toha No 184. Disana sahabat bisa menemukan cabang dari Bank Syariah Mandiri.

Proses pengajuan kredit motor syariah Bandung juga bisa dilakukan disana, Untuk melihat syarat dan ketentuannya, sahabat bisa langsung mengunjungi laman Bank Syariah Mandiri.

Selain itu, ada juga Bank Umum Syariah lainnya yang sahabat bisa sambangi untuk mendapatkan fasilitas kredit syariah.
Bank Bukopin Syariah, BRI Syariah jugam Bank Jabar Banten Syariah juga merupakan deretan lembaga keuangan yang memiliki cabang di wilayah Bandung.

Tambahkan Asuransi

Jika sahabat sudah mengajukan kredit motor syariah Bandung, sahabat bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli produk asuransi. Hal itu perlu sebagai sarana mitigasi atas kemungkinan yang bisa terjadi.

Di Negara – Negara maju, untuk bisa memiliki kendaraan, sahabat juga sudah diwajibkan untuk memiliki asuransi terlebih dahulu. Keduanya tidak dapat dipisahkan jika sahabat ingin membeli kendaraan.

Jika sahabat sudah memiliki asuransi, maka mau membeli kendaraan atau tidak itu menjadi pilihan. Asuransi juga merupakan bentuk kesiapan sahabat dalam menyongsong masa depan.

Dengan asuransi, kemungkinan biaya yang timbul bisa jauh ditekan melalui pembayaran premi. Jadi jika sudah mendapatkan kredit motor syariah Bandung, jangan juga lupa untuk membeli produk asuransi jiwa maupun kendaraan.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN