Home / Berita Terbaru

Deretan Contoh Soft Skill Mahasiswa yang Wajib Dimiliki!

Deretan Contoh Soft Skill Mahasiswa yang Wajib Dimiliki!

21 Oktober 2021 | Penulis : Adira Finance

Sahabat sedang mencari informasi contoh soft skill mahasiswa? Soft skill dan hard skill memang dibutuhkan oleh setiap mahasiswa agar mampu bersaing di dunia kerja setelah lulus dari perkuliahan. Dua kemampuan ini bukan hanya perlu diketahui oleh para mahasiswa, tetapi juga harus dimiliki dan dibiasakan sejak masuk masa perkuliahan. 

Soft skill merupakan keterampilan yang berhubungan dengan kepribadian seseorang untuk mendukung pekerjaan serta hubungan interpersonal saat dirinya berada di lingkungan kerja. Sedangkan, hard skill merupakan keterampilan yang berhubungan dengan suatu pekerjaan. Itulah sebabnya, Sahabat perlu mengetahui apa saja contoh soft skill mahasiswa yang bisa dikembangkan mulai sekarang. 

Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai contoh soft skill mahasiswa yang biasanya dibutuhkan saat terjun ke dunia kerja. Simak penjelasannya sampai selesai, yuk! 

Contoh Soft Skill Mahasiswa 

Berikut adalah beberapa contoh soft skill mahasiswa yang perlu Sahabat ketahui dan miliki, antara lain:

  1. Integritas

    Contoh soft skill mahasiswa yang perlu dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah integritas. Integritas adalah suatu konsep yang berkaitan dengan konsistensi dan keteguhan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai dan keyakinan yang dimiliki. Sederhananya, integritas dalam diri mahasiswa itu berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan, penentuan keputusan, dan lain sebagainya. 

    Contoh soft skill mahasiswa dalam hal integritas mencakup tentang perkataan yang dilontarkan adalah jujur, sehingga dapat dipercaya oleh teman-teman, dosen, dan orang di lingkungan sekitar. Serta, dapat bertindak dengan cara yang baik jika sedang bekerja sama dalam kelompok. 

  2. Tanggung jawab

    Contoh soft skill mahasiswa selanjutnya adalah tanggung jawab. Tanggung jawab adalah sebuah sikap yang wajib dimiliki setiap orang dan dibentuk sejak dini. Contoh soft skill mahasiswa dalam hal tanggung jawab mencakup menyelesaikan tugas dan kewajiban yang diberikan hingga tuntas, tepat waktu, dan untuk mencapai hasil yang terbaik.

    Sebagai contoh sikap tanggung jawab seorang mahasiswa yaitu dengan menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu dan ketentuan yang telah ditentukan. Memiliki keinginan untuk mencari cara yang lebih baik dalam menyelesaikan tugas, memahami tugas tersebut, serta kewenangan dengan baik. Selain itu, sikap ini juga harus dimiliki agar dapat bertanggung jawab mengenai hasil tugas atau pekerjaan yang telah dilakukan. 

  3. Komunikasi efektif

    Kemampuan komunikasi yang efektif termasuk contoh soft skill mahasiswa yang perlu Sahabat miliki juga. Ini karena dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia harus bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang efektif juga mencakup cara Sahabat untuk bisa meletakkan diri di berbagai situasi serta dapat melakukannya dengan sopan santun. 

    Dalam masa perkuliahan, komunikasi efektif diperlukan secara terbuka. Artinya, sebagai seorang mahasiswa, Sahabat perlu berkomunikasi dengan pikiran yang terbuka agar bisa mendapat perspektif baru dari orang lain sebagai lawan bicara. Komunikasi efektif juga mencakup sikap saling menghormati ketika sedang mengobrol dengan orang lain.

  4. Kerja sama

    Contoh soft skill mahasiswa yang tak kalah penting adalah kerja sama (teamwork). Sebagai mahasiswa, Sahabat tidak bisa mengerjakan semua tugas yang diberikan secara mandiri, begitu pula saat Sahabat memasuki dunia kerja. Dalam hal ini diperlukan soft skill kerja sama agar dapat bekerja dengan rekan satu tim untuk bisa mencapai tujuan bersama. 

    Contoh soft skill mahasiswa dalam hal kerja sama, Sahabat dianjurkan untuk melakukan kerja sama yang harmonis dan efektif untuk mencapai tujuan bersama dengan mengutamakan kepentingan kelompok. Selain itu, kerja sama juga mencakup sikap saling berusaha mengerti pendapat orang lain, memiliki sikap problem solving, serta dapat melaksanakan kesepakatan hasil kerja sama secara bertanggung jawab. 

  5. Pengelolaan diri

    Contoh soft skill mahasiswa yang perlu Sahabat miliki selanjutnya yaitu sikap pengelolaan diri. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pastinya Sahabat tidak akan melewati situasi yang sesuai harapan. 

    Terkadang Sahabat harus menghadapi suatu situasi yang di luar ekspektasi atau tidak sesuai dengan keinginan. Nah, contoh soft skill mahasiswa dalam hal pengelolaan diri inilah diperlukan untuk membantu Sahabat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, terutama untuk menciptakan kontrol diri yang lebih baik. 

    Sahabat dianjurkan untuk dapat mengendalikan diri dengan bersikap tenang dan yakin semua kesulitan atau tantangan akan ada jalan keluarnya. Oleh karena itu, sikap pengelolaan diri saling berkaitan dengan sikap memecahkan masalah (problem solving). Pengelolaan diri juga mencakup usaha untuk tetap fokus, terorganisir, dan mampu mengelola waktu dengan baik. 

  6. Kemampuan beradaptasi

    Contoh soft skill mahasiswa yang tak boleh Sahabat lewatkan adalah kemampuan untuk beradaptasi. Adaptif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan dengan cepat. Maka dari itu, contoh soft skill ini diperlukan dalam masa perkuliahaan maupun dunia kerja.

    Sahabat pasti paham bahwa setiap tugas atau pekerjaan pasti akan berat di permulaan, ketika Sahabat belum terbiasa dengan banyak hal, maka Sahabat harus mempelajarinya dengan baik. Nah, jika Sahabat memiliki kemampuan beradaptasi, seharusnya kondisi tersebut bukan jadi masalah besar karena Sahabat bisa menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perubahaan, menyumbangkan gagasan inovatif, dan menjadi agent of change. 

  7. Kepemimpinan

    Kepemimpinan merupakan salah satu contoh soft skill mahasiswa yang cukup penting saat Sahabat terjun ke dunia kerja. Ini karena jika Sahabat ingin sukses, maka harus paham bagaimana menjadi seorang pemimpin. Akan ada saatnya Sahabat perlu memberikan arahan secara jelas, menyelesaikan konflik dengan solusi yang tepat, serta mampu memberikan inovasi yang lebih baik. 

    Cukup mudah untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam diri Sahabat, beberapa caranya yaitu memiliki rasa percaya diri, tanggung jawab, bersikap tegas, adil, menghargai setiap proses, serta memiliki rasa simpati dan empati terhadap sesama. 

  8. Motivasi diri

    Motivasi diri juga termasuk contoh soft skill mahasiswa yang cukup penting lho, Sahabat. Sebagai mahasiswa, ketika Sahabat sedang menghadapi suatu masalah, pastinya perlu hal yang membuat Sahabat semangat dan bertahan, kan? Di sinilah sikap motivasi diri diperlukan. 

    Dengan adanya keinginan untuk memotivasi diri, maka Sahabat juga bisa yakin bahwa setiap kesulitan atau tantangan pasti akan ada hikmah dan jalan keluarnya jika Sahabat berusaha. Selain itu, motivasi juga diperlukan untuk mengingat kembali tujuan awal Sahabat sebelum tantangan muncul. Dengan begitu, Sahabat akan tetap fokus untuk mencapai tujuan yang dimaksud walaupun ada tantangan atau kesulitan di tengah jalan. 

  9. Keinginan untuk belajar

    Jika Sahabat ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama, maka Sahabat sebaiknya memiliki keinginan untuk belajar. Ini merupakan salah satu contoh soft skill mahasiswa yang diperlukan di dunia kerja. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat dan persaingan yang semakin tinggi, contoh soft skill mahasiswa ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan Sahabat di masa mendatang. Setiap orang sebaiknya memiliki keinginan untuk belajar hal-hal baru agar dapat mengikuti perkembangan zaman. 

  10. Memiliki tujuan

    Sahabat pasti tahu bahwa setiap perusahaan atau lembaga pasti memiliki visi misi yang harus dijalani agar bisa mencapai tujuan bersama. Nah, tujuan juga perlu Sahabat miliki sebagai individu agar bisa mengetahui kemana arah selanjutnya yang akan Sahabat tempuh. Arah ini bisa mengacu pada karir Sahabat saat sudah bekerja nanti. 

Itulah beberapa contoh soft skill mahasiswa yang perlu Sahabat miliki dan dapat memengaruhi kesuksesan di masa mendatang. Selain itu, sebenarnya ada beberapa soft skill lain yang tak kalah penting, di antaranya kerja keras, percaya diri, mampu diandalkan, dan sopan. Semua soft skill ini akan membantu Sahabat untuk bersaing dalam perkembangan zaman. Nah, soft skill tersebut juga bisa Sahabat kembangkan lebih dalam dengan mengikuti berbagai pelatihan, kursus, atau training di lembaga tertentu. 

Saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan jasa pelatihan, kursus, atau training supaya menjadi pribadi yang lebih unggul di dunia kerja. Namun, terkadang pelatihan tersebut membutuhkan biaya tak sedikit. Akan tetapi, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada pinjaman dana untuk kebutuhan pendidikan, pelatihan, kursus, atau training, yaitu dengan menggunakan layanan Kredit Multiguna.

Kredit Multiguna adalah jenis pembiayaan barang dan/atau jasa dengan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang bersifat konsumtif dengan tujuan penggunaan pembiayaan yang spesifik. Dengan layanan ini, Sahabat bisa mengikuti pelatihan, kursus, atau training dengan mudah. Yuk, saatnya ajukan pinjaman modal usaha dengan kredit multiguna di sini.

Selain kredit multiguna, Adira Finance juga menyediakan layanan kredit motor lho. Untuk Sahabat yang sedang mencari motor dengan cicilan yang ringan dan prosesnya cepat, langsung ajukan kredit motornya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN