Home / Berita Terbaru

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Jasa Cuci Sofa

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Memulai Jasa Cuci Sofa

08 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Memulai jasa cuci sofa memang lebih jarang terdengar ketimbang membuka model bisnis yang lain. Padahal, peluang usaha jasa cuci sofa ini cukup besar, apalagi jika jenis usaha ini dibuka di kota-kota besar di tanah air. Peluang untuk meraup penghasilan juga sama besarnya dengan kesempatan memulai serta mengembangkan bisnis ini. Apalagi jika Sahabat sudah mengetahui cara-cara mendapatkan konsumen dengan mudah.

Sahabat tentu dapat memulai usaha kecil menengah (UKM) di bidang jasa cuci sofa ini. Jika memang tertarik dan ingin segera memulainya, Sahabat bisa menyimak panduan memulai jasa cuci sofa berikut ini.

Peluang Usaha Jasa Cuci Sofa

Usaha jasa cuci sofa, maupun produk rumah tangga yang mirip seperti spring bed, masih jarang keberadaannya di tanah air. Tidak seperti bisnis laundry atau kuliner yang sudah semakin banyak, jasa cuci sofa masih sangat jarang. Peluang usaha jasa cuci sofa di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, tentu bisa dipertimbangkan.

Meskipun usaha jasa cuci sofa memang bukan hal baru di Indonesia, peluangnya masih cukup besar. Namun, beberapa pelaku usaha di bidang jasa ini kebanyakan menyasar pada konsumen rumahan saja. Sementara konsumen yang lingkupnya jauh lebih besar seperti kantor, hotel, atau penginapan yang memiliki banyak sofa atau spring bed terbilang masih sedikit. Oleh karena itu, Sahabat bisa melakukan survei untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penyedia jasa yang lain.

Persiapan Memulai Jasa Cuci Sofa

  1. Siapkan modal

    Modal tentu menjadi langkah awal bagi Sahabat yang ingin memulai usaha jasa cuci sofa ini. Besaran modal antara Rp10-15 juta pun sudah cukup untuk permulaan yang dapat digunakan untuk membeli peralatan mencuci sofa, mengeringkan sofa, cairan pencuci, dan aksesori lain. Setelah membeli peralatan, usahakan untuk melakukan uji coba dan latihan dahulu pada sofa di rumah agar terbiasa melakukan pekerjaan ini di tempat lain. Untuk tahap awal, Sahabat bisa melakukannya sendiri. Seiring berkembangnya usaha, Sahaabt bisa mempertimbangkan pula untuk merekrut karyawan .

  2. Kenali target pasar

    Pahami dan kenali target pasar yang akan diambil. Langkah ini penting untuk menentukan apakah hanya akan menyasar individu saja atau masuk ke kantor, hotel, dan akomodasi lainnya. Sahabat juga bisa membuka kerja sama dengan perusahaan besar yang tentunya didukung dengan proses negosiasi yang baik.

  3. Lakukan promosi awal

    Promosi awal penting untuk dilakukan ketika Sahabat ingin memulai bisnis di bidang jasa. Sahabat bisa mengenalkan produk jasa cuci sofa ini lewat media sosial, misalnya. Bisa juga lewat kerabat, tetangga, atau teman-teman di lingkungan sekitar.

  4. Ketahui harga pasaran

    Lewat survei yang telah dilakukan, Sahabat juga dapat mengetahui berapa tarif layanan yang diberlakukan oleh jasa cuci sofa yang sudah ada sebelumnya. Dengan begitu, Sahabat tidak akan membuat harga terlalu tinggi atau malah terlalu rendah. Sahabat juga bisa memberikan semacam potongan harga, harga khusus, atau sejenisnya agar menarik banyak konsumen.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebenarnya tidak ada hal khusus yang harus diperhatikan dari layanan jasa ini. Namun, Anda perlu melakukan hal ini secara terus-menerus:

Ada beberapa hal khusus yang perlu Sahabat perhatikan ketika memulai usaha jasa cuci sofa ini secara berkelanjutan, di antaranya:

  • Melakukan proses cuci dengan baik dan tidak terburu-buru. Meski ada banyak pesanan, pastikan kualitas layanan jasa cuci sofa yang Sahabat mulai ini terus terjaga.
  • Mintalah umpan balik dari konsumen untuk meningkatkan kredibilitas, kualitas, serta layanan dari usaha jasa cuci sofa ini.
  • Buat media sosial dan website untuk menguatkan promosi secara online.

Manfaat Layanan Jasa Cuci Sofa

Sofa adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang jarang dicuci. Padahal, sofa sering digunakan oleh penghuni rumah untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. Oleh sebab itu, ada beberapa manfaat yang bisa konsumen dapatkan lewat layanan jasa cuci sofa ini.

  1. Proses cuci dan kering yang cepat

    Manfaat yang bisa didapatkan lewat layanan jasa cuci sofa ini adalah kecepatan dalam prosesnya. Sofa benar-benar akan dicuci dengan cairan khusus, sofa juga akan dibersihkan dengan alat untuk menghilangkan semua noda dan menyerap semua busa hingga bersih. Proses mengeringkannya dilakukan menggunakan mesin vakum yang tidak memakan banyak waktu lama. Proses pengerjaannya memakan waktu rata-rata sekitar 2 jam hingga selesai.

  2. Mengembalikan warna asli sofa

    Warna asli sofa yang sering digunakan biasanya akan memudar, bahkan bisa mengandung banyak debu dan kotoran. Nah, mencuci sofa perlu rutin dilakukan secara berkala agar warna asli sofa tetap terjaga. Cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan sofa juga akan membersihkan kotoran dan bau yang menempel sehingga sofa akan terlihat seperti baru.

  3. Lebih steril

    Sofa tentu akan kotor dan dipenuhi banyak bakteri karena jarang dicuci. Layanan jasa cuci sofa pastinya akan menangani hal ini demi menjaga kebersihan sofa sehingga lebih steril, bersih, dan aman untuk digunakan kembali.

  4. menggunakan bahan pembersih yang aman

    Bahan-bahan yang digunakan untuk mencuci sofa sama halnya dengan detergen yang dipakai untuk mencuci baju. Sahabat tak perlu khawatir jika bahan kimia yang digunakan akan berbahaya untuk tubuh, khususnya anak-anak yang bermain di atasnya. Sebab, lewat proses-proses mencuci sofa, sebagian besar cairan pencuci akan ikut terangkat. Kotoran yang tersisa akan hilang dan setelah kering sofa bisa langsung digunakan.

Dari beberapa hal di atas, usaha jasa cuci sofa dapat memberikan peluang yang besar. Tidak hanya untuk konsumen rumahan saja, peluang untuk menjalin kerja sama dengan hotel, kantor, atau lingkup lain yang memiliki banyak sofa dan butuh perawatan secara berkala pun cukup besar. Di balik itu, Sahabat hanya perlu mempertahankan kualitas jasa cuci sofa ini agar konsumen puas dan menambah kredibilitas usaha Sahabat.

Untuk Sahabat yang ingin memulai usaha jasa cuci sofa ini namun modal kurang cukup, Sahabat tak perlu khawatir. Kini, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan, seperti Kredit Multiguna untuk mendapatkan pinjaman dana untuk memulai usaha.

Adira Finance menawarkan fasilitas pinjaman dana kredit multiguna dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil dengan syarat yang mudah, proses pencairan dana cepat, ada pilihan asuransi yang lengkap, dan keuntungan lainnya. 

Tunggu apalagi? Dengan menggunakan Kredit Multiguna, Sahabat bisa menikmati waktu berlibur jadi lebih nyaman, aman, dan mudah. Yuk, langsung ajukan pinjamannya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN