Home / Berita Terbaru

Hobi Touring? Cek Yuk Persiapan Sebelum Touring dan Apa Saja Manfaatnya

23 Februari 2024 | Penulis : Adira Finance

Bagi sebagian orang, touring bukan hanya sekadar aktivitas liburan biasa, akan tetapi merupakan sebuah kegiatan menyenangkan sekaligus ajang petualangan. Banyak hal positif yang bisa didapatkan Sahabat dari kegiatan ini, mulai dari ketenangan jiwa, menemukan hal-hal baru hingga memperluas jaringan pertemanan lewat interaksi. 

Touring biasanya dilakukan secara berkelompok dalam sebuah komunitas. Saat berkumpul dengan komunitas atau keluarga, tidak hanya dapat memberikan hiburan tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.
Sahabat, kunci untuk menikmati setiap momen dalam perjalanan touring adalah persiapan yang matang. Pada kesempatan ini kami akan membahas langkah-langkah dan tips untuk memastikan perjalanan touring Sahabat dapat berjalan lancar dan bebas hambatan.

Berikut ini beberapa tips mempersiapkan touring yang Sahabat bisa lakukan, diantaranya sebagai berikut:

Persiapan Touring

1. Rencanakan Perjalanan

Sahabat, rencana perjalanan yang baik menentukan kenyamanan saat touring. Tentukan destinasi utama dan aktivitas yang bisa dilakukan saat sampai tujuan. Buat rencana perjalanan harian yang realistis dengan memberikan cukup waktu untuk menikmati setiap tempat tanpa terburu-buru. Pastikan untuk menyertakan waktu istirahat dan kemungkinan-kemungkinan untuk mengantisipasi perubahan rencana yang tidak terduga.

2. Siapkan Dokumen

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk memeriksa dan menyiapkan semua dokumen perjalanan yang diperlukan. Ini termasuk paspor, visa (jika diperlukan), tiket pesawat atau transportasi lainnya, serta reservasi akomodasi. Pastikan bahwa semua dokumen tersebut masih berlaku dan simpan salinan cadangan di tempat yang aman.

3. Packing

Packing adalah kegiatan mengemas barang yang perlu Sahabat kuasai sebelum touring. Sahabat bisa memulai dengan membuat daftar barang yang akan dibawa selama perjalanan hingga pulang pergi sampai destinasi.

Pilih pakaian yang sesuai dengan tempat tujuan, dan pastikan untuk membawa perlengkapan pribadi yang penting seperti obat-obatan, peralatan mandi, tenda dan perlengkapan darurat yang diperlukan. Periksa kembali bagasi Sahabat dari mulai berat hingga volume dan pastikan tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan agar tidak menjadi beban selama perjalanan.

4. Kesehatan

Sebelum berangkat, Sahabat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ringan untuk memastikan kondisi fisik yang prima untuk perjalanan jauh. Periksa apakah vaksinasi tertentu diperlukan atau disarankan untuk destinasi yang akan Sahabat kunjungi. Bawa juga obat-obatan dan perlengkapan pertolongan pertama yang mungkin Sahabat butuhkan selama perjalanan.

5. Pertimbangkan Asuransi

Asuransi perjalanan dapat menjadi perlindungan tambahan selama touring yang Sahabat lakukan. Saat menempuh perjalanan jarak jauh yang melibatkan moda transportasi lain selain kendaraan roda dua, asuransi perjalanan bisa memberi perlindungan ekstra terkait pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi hingga bantuan medis darurat.

Luangkan waktu untuk membandingkan opsi asuransi perjalanan dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan rencana perjalanan Sahabat.

6. Komunikasi

Pastikan semua perangkat teknologi komunikasi dan dokumentasi seperti ponsel, kamera, laptop hingga power bank memiliki daya baterai yang cukup. Aktifkan pemberitahuan roaming jika Sahabat bepergian ke daerah-daerah terpencil atau pertimbangkan untuk membeli kartu provider SIM tertentu. Hal ini dilakukan guna memastikan Sahabat tetap terhubung dengan keluarga dan teman seperjalanan.

7. Pelajari Destinasi

Mengetahui lebih banyak tentang tempat tujuan Sahabat dapat meningkatkan pengalaman perjalanan Sahabat. Pelajari tentang budaya lokal, bahasa yang digunakan, dan adat istiadat yang harus dihormati. Mengetahui tentang transportasi umum, restoran lokal dan atraksi wisata juga akan membantu Sahabat merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

8. Persiapan Cuaca

Persiapkan diri Sahabat untuk menghadapi cuaca dan iklim di tempat tujuan. Bawa pakaian dan perlengkapan sesuai dengan perkiraan cuaca, terutama jika Sahabat bepergian ke daerah dengan iklim yang cukup ekstrem. Jika perlu, bawa perlengkapan tambahan seperti jas hujan atau tenda.

9. Berbagi Informasi

Beritahu orang terdekat atau keluarga tentang rencana perjalanan Sahabat, termasuk rencana perjalanan dan informasi kontak penting yang bisa dihubungi. Ini dapat membantu jika ada keadaan darurat atau jika mereka perlu menghubungi Sahabat selama perjalanan.

10. Keuangan

Pastikan untuk membawa cukup uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari. Selain  itu, pertimbangkan juga membawa kartu kredit atau debit untuk membayar pembelian besar atau dalam keadaan darurat.

Sahabat itulah tips persiapan sebelum melakukan perjalan touring agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Sahabat, touring terbukti memberikan begitu banyak yang manfaat. Dari mulai mengurangi stres dan relaksasi fisik dan pikiran, hingga berbagai hal positif lainnya. Apa saja manfaat touring?. Berikut beberapa diantaranya:

Manfaat Touring 

1. Aktivitas fisik

Sahabat, touring seringkali melibatkan aktivitas fisik dari mengemudi hingga berjalan kaki. Aktivitas fisik ini memiliki dampak positif pada kesehatan. Jalan-jalan kaki di tempat-tempat baru tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga meningkatkan daya tahan fisik.

2. Mengurangi stres 

Perubahan lingkungan dan pengalaman baru dapat membantu mengurangi tingkat stres dan berpengaruh dalam menjaga mental tetap stabil. Touring memberikan kesempatan untuk melupakan rutinitas sehari-hari, melepaskan diri dari tekanan pekerjaan dan menikmati momen-momen kecil dengan fokus penuh.

3. Hubungan sosial

Touring seringkali dilakukan bersama teman atau keluarga. Hal ini menjadi salah satu cara untuk memperbaiki, berinteraksi hingga memperkuat hubungan sosial. Berbagi pengalaman baru dan tantangan bersama-sama dapat menciptakan kenangan yang berkesan.

4. Kreativitas dan daya pikir

Melihat dunia dari perspektif berbeda terbukti dapat merangsang kreativitas. Touring bersama keluarga atau komunitas dapat memberikan kesempatan untuk lebih memahami dan menghargai hal-hal baru seperti keanekaragaman budaya arsitektur dan alam. Interaksi dengan lingkungan baru dapat memicu ide-ide segar yang baru untuk mendapatkan inspirasi yang mungkin sulit ditemukan di lingkungan sehari-hari.

5. Kepedulian

Touring dapat memberikan kesempatan untuk lebih menghargai keindahan tempat-tempat yang dikunjungi. Dengan melihat sendiri pesona pegunungan, pantai dan hutan, kita dapat menjadi lebih peduli terhadap lingkungan. Kesadaran lingkungan ini dapat mendorong perubahan perilaku menuju gaya hidup yang lebih baik dan ramah lingkungan.

6. Belajar hal baru

Mengunjungi tempat-tempat baru memberikan kesempatan untuk belajar  dan memahami hal yang tak ternilai. Contohnya seperti sejarah lokal, kekayaan budaya atau bahkan pemahaman lebih dalam tentang diri sendiri. Touring memungkinkan kita untuk terus belajar dan berkembang melalui pengalaman langsung yang sulit dicapai melalui buku atau media lainnya.

7. Pengalaman baru

Saat kita mengunjungi tempat-tempat yang berbeda, kita sering kali mendapati diri kita terpukau oleh keindahan dan keunikan setiap destinasi yang dikunjungi. Hal ini dapat memicu rasa bersyukur dalam diri atas pengalaman-pengalaman yang disaksikan selama touring.

Jika Sahabat memiliki rencana untuk touring namun bingung mencari dana tambahan, kini tidak perlu khawatir. Sahabat bisa mendapatkan dana tambahan untuk liburan dan perjalanan wisata menggunakan layanan pinjaman gadai BPKB mobil atau motor dari Adira Finance dengan proses pencairan dana yang cepat.

Sahabat yang saat ini ingin mengganti kendaraan baru yang lebih optimal untuk touring juga dapat mengajukan Kredit Motor atau Kredit Mobil di Adira Finance dengan persyaratan dokumen yang mudah, proses cepat dan bunga rendah dengan tenor yang bisa disesuaikan kemampuan.

Adira Finance merupakan salah satu lembaga keuangan yang terpercaya selama bertahun-tahun dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjamin keamanan keuangan nasabah.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN