Home / Berita Terbaru

Homeschooling, Seperti Apa Metode dan Keuntungannya?

28 Juni 2024 | Penulis : Adira Finance

Sekolah formal sudah lama menjadi pilihan utama pada sistem pendidikan di Indonesia. Namun, saat ini banyak orang tua lebih memilih homeschooling untuk pendidikan anak-anaknya. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan.

Ada alasan tertentu mengapa para orang tua lebih memilih untuk homeschooling untuk anak-anaknya. Misalnya saja untuk memberikan pendidikan lebih personal ataupun mengakomodasikan kebutuhan khusus anak.

Namun, jika Sahabat memilih homeschooling untuk anak-anak, pastikan mempersiapkan semuanya secara matang. Mulai dari biaya sampai pemilihan tutornya.

Sekilas Tentang Homeschooling

Homeschooling merupakan sebuah sistem pendidikan yang diberikan oleh orang tua atau wali di rumah maupun tempat lain yang memungkinkan anak-anak untuk belajar. Pendidikannya bisa dilakukan secara berkelompok maupun mandiri.

Homeschooling mempunyai sistem pendidikan di rumah yang memungkinkan orang tua memilih dan menggunakan kurikulum dan metode sendiri untuk anak.

Perbedaan Sekolah Formal dan Homeschooling

Antara homeschooling dan sekolah formal tentu saja ada beberapa perbedaan yang perlu Sahabat tahu sehingga nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan. Inilah, perbedaannya:

1. Waktu Belajar

Lain dari sekolah formal, tentu saja homeschooling mempunyai jadwal belajar lebih fleksibel. Orang tua nantinya bisa mengatur jadwal belajarnya sesuai dengan kebutuhan anak. Sedangkan untuk sekolah formal tentunya sudah mempunyai jadwal pelajaran yang ditetapkan pihak sekolah.

2. Gaya Belajar

Homeschooling ini memberikan kesempatan untuk anak belajar menggunakan gaya belajarnya. Sehingga akan membuat anak bisa belajar mandiri, berkelompok ataupun sesuai dengan ketetapan guru.

3. Lingkungan Belajar

Lingkungan belajarnya juga bisa menjadi perbedaan yang cukup menjadi perhatian para orang tua. Anak-anak yang memilih homeschooling lebih banyak kebebasan dan juga kontrol pada lingkungan belajarnya.

Sedangkan untuk sekolah formal tentunya harus menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang sudah ditentukan pihak sekolah.

Keuntungan Homeschooling

Sistem belajar satu ini juga mempunyai beberapa keuntungan sehingga cukup banyak orang tua yang memilihnya. Berikut, beberapa keuntungannya:

1. Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Homeschooling ini menawarkan waktu belajar untuk anak yang lebih fleksibel. Jadi, anak tersebut bisa sesuai dengan jadwalnya dan kecepatan belajarnya. Hal tersebut dapat membantu anak untuk bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk istirahat, bermain serta mengembangkan minatnya.

2. Mendapat Perhatian Penuh dari Pengajar

Kemudian anak homeschooling juga akan mendapatkan perhatian penuh dari pengajar ataupun orang tua. Lain halnya dengan pendidikan formal yang perhatiannya dibagi dengan teman-teman sekelas.

3. Pengembangan Minat dan Bakat Lebih Fokus

Dengan homeschooling juga akan memungkinkan anak-anak untuk bisa fokus dengan perkembangan bakat serta minatnya. Bahkan orang tua juga bisa memilih materi serta metode pembelajaran yang sesuai akan kebutuhan anak tersebut.

4. Kurikulum Bisa Disesuaikan

Dalam pembelajaran baik di sekolah formal atau homeschooling terdapat kurikulum sebagai patokan belajar. Namun, untuk homeschooling ini kurikulumnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak. Hal tersebut memungkinkan anak untuk bisa belajar materi yang digemari dan sesuai dengan minatnya.

5. Lingkungan Belajar Lebih Aman

Homeschooling memberikan lingkungan belajar yang lebih terkendali serta aman bahkan bebas dari bullying ataupun tekanan negatif dari teman-temannya. Sehingga nantinya tidak akan menghambat kemajuan anak tersebut.

Estimasi Biaya Homeschooling

Pemilihan ingin menyekolahkan anak ke sekolah formal atau homeschooling tentu saja harus mempertimbangkan seperti apa gaya belajar dari anak tersebut, tujuan pendidikan dan juga biaya yang harus dikeluarkan.

Secara umum, kisaran biaya homeschooling di Indonesia adalah ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung dari kualitas, lokasi, jenjang pendidikan dan metode pembelajarannya.

Biayanya ini biasanya mencakup biaya materi pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan biaya pengajarnya. Setiap daerah tentu saja berbeda biayanya. Jadi, sebagai orang tua tentunya Sahabat harus bisa mempersiapkan dan mempertimbangkannya secara matang.

Biaya sekolah umum ataupun homeschooling saat ini memang semakin tinggi sehingga setiap orang tua harus mempersiapkan sedari dini untuk menunjang pendidikan anak.

Terkadang untuk sebagian orang tua terkendala masalah biaya pendidikan anak, namun tak perlu khawatir karena ada Adira Finance yang siap membantu Sahabat.

Adira Finance memberikan layanan pembiayaan pendidikan dengan pinjaman dana tunai yang prosesnya cepat serta mudah. Bahkan, hanya dengan menjaminkan BPKB kendaraan bermotor saja Sahabat sudah bisa mendapatkannya.

Selain itu jangka waktu atau tenornya cukup panjang serta bisa disesuaikan dengan kondisi, sedangkan untuk bunganya terbilang rendah. Jadi, nantinya tidak akan merugikan Sahabat.

Jadi, tunggu apa lagi jika Sahabat berniat untuk memilih pendidikan homeschooling untuk anak dan membutuhkan dana lebih, Sahabat dapat menghubungi Adira Finance sekarang juga dan untuk mengisi formulirnya di sini!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN