Home / Berita Terbaru

Honda Tengah Uji Coba Fitur Keselamatan Airbag di PCXHonda Tengah Uji Coba Fitur Keselamatan Airbag di PCX

Honda Tengah Uji Coba Fitur Keselamatan Airbag di PCXHonda Tengah Uji Coba Fitur Keselamatan Airbag di PCX

27 Oktober 2017 | Penulis : Adira Finance

ASAKA – Wujud komitmen dalam mengurangi tingkat kematian di jalan raya yang diakibatkan dari kecelakaan sepeda motor. Honda Motors Co, Ltd, terus berupaya untuk mengembangkan sistem keamanan ke setiap produk yang mereka pasarkan. Terutama menarget pengaplikasian ke segmen motor kecil.


Saat ini, Honda telah menjalankan sejumlah langkah baik yang bentuknya pencegahan (preventif), penyematan fitur keselamatan aktif dan pasif, hingga langkah pengembangan teknologi keselamatan masa depan yang mereka sebut dengan eCall yakni teknologi keselamatan yang berbasis komunikasi-digital.


Bersamaan pengembangan teknologi keamanan motor masa depan, Hirokatsu Nakaie Chief Engineer Department 3 Technology Development Division Honda Motorcycle R&D Center, menyampaikan bahwa saat ini mereka tengah melakukan studi pengaplikasian sistem collision safety yakni airbag untuk motor kecil.


“Jika sebelumnya kita sudah menyematkannya di model big bike seperti gold wing, maka tim Honda R&D Center tengah berupaya untuk membawanya ke segmen motor kecil. Salah satunya model yang saat ini dalam pengujian adalah di skuter otomatik (skutik) Honda PCX,” katanya di Honda R&D Center, Asaka-shi, Saitama, Jepang, Selasa (24/10).


“Hal yang kami sedang pikirkan ketika akan mengaplikasikan airbag di PCX adalah beberapa struktur pendukung yang harus disediakan karena keterbatasan area.”


Dalam tahap tersebut, lanjut Hirokatsu, tim baru menyelesaikan cara kerja airbag yang berfungsi menjadi bantalan penahan, yang memanfaatkan kendaraan lain ketika airbag mengembang dan pengendara bisa terlindungi ketika akan menghantam struktur bodi kendaraan yang ditabrak. (Proses perlindungannya bisa dilihat ke foto pengujian)


Kapan dimulai pengaplikasiannya? “Semua masih dalam tahap studi, jadi kami tidak bisa memastikan,” tutupnya.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN