Home / Berita Terbaru

HP Mati Total? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

HP Mati Total? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

24 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Permasalahan HP mati total pasti cukup meresahkan hati hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, saat ini HP sudah menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mobilitas dalam berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi sekarang sudah banyak orang yang sulit lepas dari gawai satu ini, sehingga persoalan HP mati total bisa sangat menghambat produktivitas. 

Apakah Sahabat sedang mengalami masalah HP mati total? Jika iya, maka artikel ini sangat cocok untuk Sahabat yang ingin mengetahui cara mengatasi HP mati total dengan tepat. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, akan lebih baik jika Sahabat mengetahui terlebih dahulu penyebab HP mati total. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Penyebab HP Mati Total

Sebenarnya terdapat berbagai faktor penyebab HP mati total. Beberapa di antaranya bisa disebabkan oleh kesalahan serta kebiasaan buruk dari pengguna atau memang sistem HP-nya sudah cukup tua dan tidak berfungsi dengan optimal. Nah, berikut ini beberapa faktor yang sering menyebabkan HP mati total, di antaranya: 

  1. Kerusakan software 

    Software merupakan sistem operasi yang menjadi ‘nyawa’ dari sebuah gadget, termasuk HP. Jika software HP error akibat munculnya suatu gangguan, maka akan menyebabkan HP tersebut tidak bisa berfungsi dengan normal. 

  2. HP terkena air

    Salah satu penyebab HP mati total yang sering dikeluhkan adalah terkena air. Meskipun saat ini sudah banyak HP yang menawarkan fitur anti air, namun apabila komponen di dalamnya terkena air, tetap saja tak akan bisa bertahan lama dan bisa menyebabkan HP mati total. Ini karena komponen di sebagian besar perangkat elektronik tidak tahan terhadap cairan, sehingga harus dalam keadaan yang kering.

  3. HP ngelag 

    HP sering lemot atau ngelag? Hati-hati, jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang terus menerus, maka bisa menyebabkan HP mati total. HP lemot merupakan kondisi saat HP tidak dapat merespon perintah apapun yang diberikan oleh pengguna. Hal ini biasanya karena smartphone tidak bisa mengatasi beban processing data yang terlalu besar.

  4. Kesalahan modifikasi sistem

    Untuk sebagian HP, khususnya jenis android, sistem operasinya bersifat open source. Artinya, pengguna bisa saja melakukan modifikasi dengan operating system (OS) di perangkat HP-nya. Namun, hal ini juga bisa mendatangkan risiko sendiri lho. Jika proses modifikasi tidak dilakukan dengan benar, maka software tidak akan bisa berjalan normal dan mengakibatkan HP mati total.

  5. Baterai drop atau rusak

    Penyebab HP mati total lainnya bisa disebabkan karena kondisi baterai yang sudah rusak. Sebelum smartphone mati total, sebenarnya Sahabat sudah bisa melihat beberapa gejala yang mungkin muncul, salah satunya yaitu saat baterai sering drop meskipun tidak sering digunakan. 

  6. Konslet 

    Sering memainkan HP sambil mengisi daya baterainya? Hati-hati, ini merupakan kebiasaan buruk yang sering membuat HP mati. Sebab, hal tersebut berbahaya untuk perangkat seperti HP karena menyebabkan baterai cepat rusak. Selain itu, kebiasaan tersebut juga bisa menyebabkan daya yang masuk ke perangkat menjadi tidak stabil.

    Baca juga: 11 Cara Mengatasi HP Lemot yang Praktis!

Cara Mengatasi HP Mati Total

Sahabat tidak perlu khawatir jika HP tiba-tiba mati total, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Sahabat lakukan jika HP mati, di antaranya: 

  1. Coba charge HP

    Cara pertama untuk mengatasi masalah HP mati total yaitu dengan mengisi dayanya terlebih dahulu. Sahabat dapat mencolokkan HP dengan kabel charger agar daya baterainya terisi. Cobalah untuk membiarkan daya terhubung selama beberapa waktu untuk mengetahui kondisi baterai HP Sahabat. Bila HP bisa nyala kembali, ada kemungkinan baterainya sudah drop. Akan tetapi, jika HP tidak nyala meskipun sudah di-charger dalam waktu yang lama, kemungkinan ada masalah lain dalam sistem HP. Namun, Sahabat tidak perlu khawatir, ada tips selanjutnya yang bisa dicoba. 

  2. Periksa kondisi baterai

    Seperti yang sudah dijelaskan, jika HP sahabat tiba-tiba mati total, bisa jadi masalah itu muncul karena kondisi baterai yang drop atau rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, ada dua cara yang bisa dilakukan berdasarkan jenis baterai pada masing-masing HP. 

    Jika baterai pada HP Sahabat terpisah dari HP, maka cara mengatasinya dengan melepas baterai dari HP. Namun, jika baterainya menyatu dalam badan HP, maka Sahabat bisa mematikan paksa daya ponsel ketika keadaan darurat atau tekan tombol power sekitar 20-30 detik.

  3. Periksa kabel dan adaptor

    Tips ini bisa dilakukan jika kondisi HP sudah terlebih dahulu kehabisan daya dan saat diisi daya, HP tak kunjung menyala. Nah, bisa jadi masalahnya ada pada kabel atau adaptornya. Maka dari itu, bila HP mati total, Sahabat sebaiknya coba mengisi daya dengan kabel dan adaptor lain yang satu tipe. Dengan begitu, Sahabat bisa memastikan apakah kabel dan adaptornya yang rusak atau memang HP-nya. 

  4. Periksa masalah di layar HP

    HP mati total tak hanya disebabkan oleh masalah daya, tetapi bisa juga karena layar mati atau gelap. Untuk mengetahui apakah layar HP yang bermasalah atau tidak, Sahabat bisa menekan tombol power selama 30 detik dan tunggu reaksinya. Jika HP bergetar tetapi layar tidak menampilkan proses boot, ada kemungkinan memang layar HP bermasalah. Bila hal ini terjadi, sebaiknya Sahabat langsung datangi service center untuk mengganti layar dengan yang baru. 

  5. Lakukan factory reset dari recovery mode 

    Jika HP kadang nyala, tetapi kadang terjebak dalam booting ataupun nyala dan kemudian mati lagi, kemungkinan masalahnya terletak pada perangkat lunak (software). Hal ini bisa terjadi setelah Sahabat melakukan update OS ke versi baru atau melakukan modifikasi sistem. 

    Untuk mengatasi HP mati total karena hal ini, Sahabat harus coba melakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus semua data dalam HP dan kembali layaknya HP baru. Sebelum melakukan factory reset, pastikan Sahabat memindahkan data-data penting dalam HP ke memori atau laptop agar data tidak hilang. 

    Untuk melakukan factory reset, pertama Sahabat harus menekan tombol volume atas + volume bawah + tombol power sekaligus. Kombinasi tombol bervariasi, tergantung dari tipe HP. Setelah berada dalam recovery mode, navigasi biasanya menggunakan tombol volume dan carilah pilihan factory reset, lalu tekan tombol power untuk melakukan factory reset. 

Itulah beberapa cara mengatasi HP mati total yang bisa Sahabat lakukan sebagai pertolongan pertama. Namun, jika HP tetap tidak bisa menyala, bisa jadi hardware HP sudah bermasalah atau kerusakan sudah lebih parah dan menyebar pada semua sistem HP. Untuk memastikan kondisi tersebut, sebaiknya Sahabat konsultasi dengan service center resmi agar bisa diperbaiki dengan benar. 

Apabila proses service HP memakan waktu yang sangat lama atau harganya hampir setara HP baru, mungkin sudah saatnya Sahabat mengganti HP lama dengan HP baru yang memiliki spesifikasi lebih baik. Jika Sahabat terkendala dengan dana untuk membeli HP baru, sekarang Sahabat tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada kemudahan untuk mengajukan kredit HP melalui aplikasi Adiraku

Dengan aplikasi Adiraku, Sahabat bisa lebih mudah untuk mengajukan kredit HP hanya dari rumah. Ini karena di aplikasi Adiraku tersedia layanan kredit elektronik dan furnitur yang bisa dimanfaatkan Sahabat untuk mendapat dana pinjaman untuk membeli HP idaman. 

Selain itu, aplikasi Adiraku juga menyediakan layanan pinjaman dana lain, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, dan kredit multiguna. Aplikasi Adiraku sudah pasti aman dan terpercaya termasuk fasilitas dari Adira Finance yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN