Home / Berita Terbaru

Ingin Ajukan Pinjaman Dana Online? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Ingin Ajukan Pinjaman Dana Online? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

09 Agustus 2021 | Penulis : Adira Finance

Meningkatnya kebutuhan setiap orang terhadap berbagai hal, membuat perusahaan pembiayaan menghadirkan layanan pinjaman dana online. Layanan ini diharapkan dapat memudahkan siapapun yang membutuhkan dana tunai dengan cepat. 

Sebab, mungkin saja sebagian orang tidak memiliki uang tunai atau belum memiliki jumlah tabungan yang memadai, sehingga memanfaatkan layanan pinjaman dana online jadi pilihannya. Biasanya layanan ini diperuntukkan bagi konsumen yang ingin membeli barang atau membayar kebutuhan yang bersifat konsumtif. 

Saat ini pengajuan pinjaman dana online pun terbilang cukup mudah. Namun, di balik kemudahan itu, Sahabat harus lebih hati-hati karena banyak perusahaan pembiayaan ilegal yang justru merugikan. Oleh karena itu, Sahabat perlu memerhatikan beberapa hal sebelum mengajukan pinjaman dana online. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Dana Online 

Sebelum Sahabat mengajukan pinjaman dana online di sebuah perusahaan pembiayaan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih perusahaan pembiayaan yang tepat

    Pastikan Sahabat lebih cermat dalam memilih perusahaan pembiayaan yang tepat. Sebab, saat ini banyak perusahaan pembiayaan yang telah ditutup oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena terindikasi ilegal. perusahaan pembiayaan ilegal tersebut berpotensi merugikan konsumen karena bunga dan tenggat pinjaman tidak transparan, serta adanya ancaman dan intimidasi saat penagihan. 

    Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Sahabat memilih perusahaan pembiayaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, seperti Adira Finance. Di Adira Finance tersedia berbagai layanan pinjaman, mulai dari kredit mobil, kredit motor, kredit multiguna, pembiayaan syariah, serta kredit elektronik dan furnitur. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance termasuk penyedia layanan pinjaman online yang terpercaya, aman, dan memudahkan Sahabat sebagai konsumen. 

  • Tentukan kebutuhan pinjaman dana online 

    Sebelum mengetahui syarat dan proses pengajuan, penting bagi Sahabat untuk menentukan kebutuhan pinjaman dana online yang akan diajukan. Artinya, Sahabat harus pastikan terlebih dahulu pinjaman dana tersebut untuk apa? Apakah untuk biaya kesehatan, biaya pendidikan, biaya pernikahan, atau untuk pembelian barang-barang tertentu? 

    Hal tersebut penting dilakukan karena perusahaan pembiayaan memiliki jenis layanan pinjaman dana online yang berbeda. Bila Sahabat butuh pinjaman dana untuk biaya renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, wisata, kesehatan, atau perayaan acara tertentu, maka Sahabat bisa memanfaatkan layanan kredit multiguna

  • Cermati syarat dan ketentuan layanan

    Sekarang saatnya Sahabat mencermati syarat dan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan pembiayaan yang bersangkutan. Sahabat mungkin akan tergiur dengan persyaratan yang mudah, namun perlu diingat kembali bahwa kemudahan persyaratan harus sesuai dengan reputasi atau rekam jejak perusahaan tersebut. Apabila rekam jejaknya sudah baik dan terpercaya, serta persyaratan mudah, maka Sahabat bisa mulai mengajukan pinjaman dana online tanpa khawatir. 

  • Perhatikan proses pengajuannya

    Setelah persyaratan sudah dilengkapi, langkah selanjutnya yaitu mencermati proses pengajuan pinjaman dana online. Setiap perusahaan pembiayaan memiliki alur atau proses pengajuan yang berbeda, ada yang hanya lewat online, tetapi ada pula yang harus datang ke gerai atau kantor perusahaan pembiayaan tersebut. Pastikan Sahabat memahami alur pengajuannya agar pinjaman dana berjalan lancar. 

  • Perhatikan besaran bunga dan tenor pinjaman

    Sahabat juga perlu hati-hati terhadap besaran bunga dan tenor pinjaman. Sebab, banyak perusahaan pembiayaan ilegal yang menjanjikan kemudahan, tetapi nyatanya justru merugikan Sahabat karena angsuran dan bunga yang sangat tinggi. 

    Oleh karena itu, pastikan Sahabat memilih perusahaan pembiayaan yang menjelaskan dengan rinci mengenai bunga dan besaran angsuran. Biasanya perusahaan pembiayaan yang terpercaya seperti Adira Finance akan memberikan gambaran awal mengenai bunga, tenor, dan jumlah angsuran kepada calon konsumen sebelum mengajukan pinjaman dana online. 

  • Sistem Pembayaran angsuran 

    Setiap perusahaan pembiayaan memiliki berbagai sistem pembayaran angsuran, seperti autodebet dari rekening tabungan, transfer melalui ATM, mobile banking, atau internet banking, hingga setor manual ke teller bank. 

    Oleh karena itu, pastikan Sahabat mengetahui sistem pembayaran angsuran sebelum mengajukan pinjaman dana online. Hal ini penting dilakukan agar Sahabat menyiapkan jumlah angsuran setiap bulannya sebelum jatuh tempo, serta agar terhindar dari kelalaian atau keterlambatan membayar angsuran. 

    Baca juga: Butuh Pinjaman Dana? Ini Syarat dan Tips Agar Cepat Cair

  • Perhatikan Biaya Tambahan Lainnya

    Saat mengajukan pinjaman dana online, memerhatikan bunga dan tenor pinjaman saja tidak cukup lho. Sahabat juga perlu memerhatikan biaya tambahan lainnya yang perlu dikeluarkan. Biasanya pinjaman dana dapat cair jika membayar biaya-biaya tersebut. 

    Biaya tambahan lainnya berupa biaya administrasi, biaya provisi, biaya pelunasan lebih awal, biaya keterlambatan angsuran, biaya asuransi, biaya transfer kredit, dan lainnya. Jadi, pastikan Sahabat mengetahui besaran biaya tambahan sebelum mengajukan pinjaman dana online. 

  • Ajukan pinjaman sesuai kemampuan

    Sahabat perlu memastikan bahwa dana pinjaman tersebut sesuai dengan kemampuan finansial Sahabat sendiri. Selain itu, pastikan juga Sahabat mampu mengembalikan pinjaman dana sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan. 

    Hindari meminjam dana tunai dalam jumlah yang sangat banyak, tetapi tidak dapat mengembalikannya kembali. Bila hal ini terjadi, kemungkinan besar perusahaan pembiayaan akan memberikan denda keterlambatan pembayaran angsuran. Bahkan, bila kondisinya sudah terlampau di luar batas, maka perusahaan pembiayaan bisa memproses sampai jalur hukum.

    Selain itu, pembayaran angsuran yang teratur juga bisa membuat reputasi atau rekam jejak pinjaman Sahabat menjadi positif. Hal ini penting bila di kemudian hari Sahabat akan mengajukan pinjaman dana lagi. 

Pinjaman Dana Online dengan Layanan Kredit Multiguna

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu layanan pinjaman dana online yang bisa Sahabat manfaatkan yaitu kredit multiguna. Berdasarkan proses pencairan dananya, layanan kredit multiguna di Adira Finance terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kredit multiguna/jasa dan fasilitas pinjaman dana. 

Kredit multiguna/jasa merupakan pencairan dana secara langsung kepada penyedia barang dan/atau jasa, bukan kepada konsumen. Misalnya, Sahabat membutuhkan pinjaman dana untuk kebutuhan biaya pendidikan, maka dana dicairkan langsung kepada Perguruan Tinggi yang bersangkutan. 

Sedangkan, fasilitas pinjaman dana merupakan pencairan dana secara langsung kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kemudian konsumen wajib menyerahkan bukti penggunaan dana tersebut berupa invoice atau kuitansi dari pihak ketiga, maksimal 3 bulan sejak tanggal perjanjian pembiayaan. 

Sahabat bisa mendapatkan pinjaman dana secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Kredit multiguna ini bisa diajukan dengan bunga rendah dan tenor panjang, sehingga tidak memberatkan Sahabat saat proses pembayaran angsurannya. Lantas, apa saja manfaat mengajukan pinjaman dana dengan kredit multiguna di Adira Finance? Berikut beberapa manfaat yang bisa Sahabat dapatkan:

  • Persyaratan mudah dan proses pencairan cepat
  • Adanya perlindungan asuransi untuk kendaraan dan konsumen
  • BPKB aman terjamin
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan, wiraswasta, profesional, dan perusahaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran dengan beragam cara, mulai dari transfer virtual account Bank, aplikasi Adiraku, melalui kantor cabang, kantor pos, dan lainnya. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, saatnya manfaatkan layanan kredit multiguna dari Adira Finance untuk kemudahan mendapatkan pinjaman dana dengan cepat dan aman! 

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN