Home / Berita Terbaru

Ingin Ajukan Pinjaman Online Bulanan? Simak Tipsnya!

Ingin Ajukan Pinjaman Online Bulanan? Simak Tipsnya!

27 Juni 2022 | Penulis : Adira Finance

Saat ini kehadiran pinjaman online bulanan semakin diminati banyak kalangan. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, karena pinjaman online bulanan dianggap memiliki mekanisme yang mudah dan proses persetujuannya lebih singkat. Namun sayangnya, saat ini sebagian besar orang belum memahami produk pinjaman online bulanan yang aman dan terpercaya.

Akibatnya, tak sedikit pula orang yang menjadi korban dari oknum pinjaman online ilegal. Sebagian di antaranya harus menelan kerugian karena harus membayar cicilan yang membengkak, bahkan sebagian lainnya harus membayar denda dengan nominal yang berkali lipat. 

Melihat banyaknya oknum-oknum yang merugikan para korban membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kepolisian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika mengambil langkah cepat untuk menindak para oknum di balik pinjaman online ilegal. Terhitung sejak tahun 2018 hingga Februari 2022, OJK sudah menutup sebanyak 3.785 pinjaman online ilegal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah merangkum sejumlah ciri-ciri pinjaman online ilegal yang harus Sahabat waspadai, di antaranya:

  • Identitas perusahaan pembiayaan tidak jelas.
  • Pinjol ilegal sering melakukan penawaran melalui SMS spam.
  • Biaya atau bunga pinjaman sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 40% dari jumlah pinjaman.
  • Suku bunga dan denda sangat tinggi, bisa mencapai 1% hingga 4% per hari.
  • Jangka waktu pelunasan yang sangat singkat dan tidak sesuai dengan kesepakatan awal.
  • Cara penagihan tidak sesuai etika.
  • Pinjol ilegal selalu meminta akses data di ponsel nasabah.
  • Tidak memiliki layanan konsumen atau pengaduan yang terpercaya.

Sahabat pasti tidak ingin mengalami kerugian akibat pinjaman online ilegal, bukan? Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan saat memilih layanan pinjaman online bulanan yang terpercaya. Mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Tips Memilih Pinjaman Online Bulanan yang Aman

Berikut ini beberapa tips yang perlu Sahabat lakukan saat memilih pinjaman online bulanan yang aman, di antaranya:

  1. Pilih layanan yang sudah terdaftar legal di OJK

    Sebelum mengajukan pinjaman online bulanan, pastikan dulu perusahaan pembiayaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas resmi kegiatan finansial di Indonesia. Sahabat bisa memeriksa legalitas pinjaman online bulanan tersebut dari website resminya masing-masing. 

    Selain itu, Sahabat juga bisa membuka website resmi OJK dan menghubungi layanan konsumen OJK pada nomor 157 untuk memastikan legalitas dari perusahaan pembiayaan yang bersangkutan. 

  2. Layanan memiliki aplikasi dan website resmi

    Salah satu ciri dari layanan pinjaman online bulanan yang sudah legal yaitu memiliki aplikasi dan laman website resmi. Aplikasi bisa ditemukan dengan muda melalui PlayStore atau AppStore di smartphone Sahabat. 

    Sahabat juga bisa memeriksa kredibilitas dari layanan pinjaman online bulanan dengan melihat website perusahaan tersebut. Selain digunakan sebagai media penawaran produk, website juga biasanya dijadikan media untuk memberikan berbagai informasi terpercaya terkait perusahaan dan layanan pinjaman online. 

    Melalui website tersebut, Sahabat bisa melihat dan membaca produk-produk atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan pembiayaan tersebut, sehingga lebih mudah memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat. 

  3. Ajukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan

    Sahabat sebaiknya mengajukan pinjaman online bulanan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan saat membayar angsuran. Sahabat harus memastikan pinjaman ini untuk apa? Apakah untuk modal usaha, biaya pendidikan, liburan, pernikahan, atau biaya lainnya? Dengan mengetahui kebutuhan, maka Sahabat akan mengajukan pinjaman online bulanan sesuai dengan tujuan.

    Setelah mengetahui kebutuhan, Sahabat juga harus mengajukan pinjaman sesuai dengan kemampuan. Tips ini bisa memudahkan Sahabat untuk membayar angsuran bulanan yang sesuai dengan pemasukan. 

  4. Pilih layanan dengan banyak kemudahan

    Biasanya perusahaan yang terpercaya dan aman selalu memberikan kemudahan dan solusi kepada calon nasabahnya. Oleh karena itu, pilihlah layanan pinjaman online bulanan yang menghadirkan beragam kemudahan.

    Kemudahan yang dimaksud antara lain syarat dan ketentuan yang diberikan kepada Sahabat, berbagai pilihan jangka waktu pinjaman, transparansi bunga dan tenor, hingga pembayaran angsuran yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Sahabat. 

  5. Perhatikan bunga dan tenor pinjaman

    Umumnya layanan pinjaman online bulanan yang legal selalu memberikan informasi tentang bunga dan tenor pinjaman secara transparan. Bahkan, ada pula perusahaan pembiayaan yang menyediakan fitur khusus agar calon nasabah bisa melakukan simulasi pinjaman sendiri. Dengan begitu, calon nasabah bisa mengetahui estimasi angsuran yang harus dibayar di setiap bulannya. 

    Dengan adanya transparansi seperti ini, maka sejak awal nasabah sudah mengetahui apa saja tanggung jawab yang harus mereka lakukan sehingga tidak akan terjadi tindakan penipuan. Biasanya perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK tidak akan membebani nasabah dengan bunga yang sangat tinggi. 

  6. Perhatikan syarat dan ketentuan

    Setiap kali Sahabat mengajukan pinjaman online bulanan, pastikan untuk selalu membaca dengan teliti semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Bisa jadi nantinya ada masalah yang muncul bukan karena tindakan perusahaan pembiayaan, tetapi justru disebabkan oleh ketidakpahaman nasabah pada syarat dan ketentuan.

    Biasakan untuk membaca syarat dan ketentuan secara lengkap, hati-hati, dan teliti agar semua poin bisa Sahabat pahami. Jika ada syarat yang tidak dimengerti, sebaiknya Sahabat langsung bertanya kepada pihak perusahaan pembiayaan, bisa melalui layanan konsumen, datang ke kantor cabang, dan lain sebagainya. 

  7. Memiliki layanan konsumen

    Seperti yang telah disebutkan, layanan pinjaman online bulanan yang legal biasanya sudah memiliki dan menyediakan layanan konsumen yang mudah diakses oleh masyarakat. Layanan konsumen ini bisa berupa nomor telepon customer service, alamat email, alamat kantor yang jelas, layanan online chat, dan lain-lain. 

  8. Pengajuan bisa secara online atau offline 

    Selain memberikan syarat dan ketentuan yang mudah, biasanya layanan yang legal juga memberikan kemudahan saat calon nasabah mengajukan pinjaman. Dalam hal ini, calon nasabah bisa mengajukan pinjaman secara online maupun offline. 

Bagi Sahabat yang masih bingung dan ingin langsung bertanya seputar layanan pinjaman online bulanan yang aman, Adira Finance hadir sebagai solusi untuk memudahkan Anda mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Sahabat bisa langsung mengunjungi booth Adira Finance di Jakarta Fair 2022.

Ada banyak penawaran menarik yang bisa Sahabat nikmati mulai dari 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran. Sahabat bisa memanfaatkan pinjaman online bulanan dengan layanan Kredit Multiguna. Dengan layanan ini, Sahabat bisa mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan, mulai dari modal usaha, biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan, liburan atau wisata, perayaan khitanan, dan lain sebagainya. 

Adira Finance menawarkan layanan pinjaman dana dan/atau jasa dengan jaminan BPKB sepeda motor atau mobil, tentunya dengan persyaratan yang mudah, proses pencairan dana cepat, jaringan pembayaran angsuran luas, pilihan perlindungan asuransi yang lengkap, serta sistem penyimpanan BPKB yang aman. 

Sahabat tidak perlu khawatir karena semua layanan Adira Finance terbukti aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ingin tahu lebih banyak mengenai pengajuan pinjaman online yang mudah? Yuk, langsung klik di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN