Home / Berita Terbaru

Ingin Beli Mobil Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu, Yuk!

Ingin Beli Mobil Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Dulu, Yuk!

01 Oktober 2021 | Penulis : Adira Finance

Di Indonesia, mobil eropa masih menjadi idaman untuk sebagian besar kalangan. Hal tersebut berkaitan dengan kualitas dan kemewahan dari setiap jenis mobil eropa yang dijual di dalam negeri. Meskipun begitu, untuk membeli mobil eropa pun Sahabat perlu merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang lebih tinggi dibandingkan mobil jepang dan korea. 

Umumnya, mobil eropa memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, rata-rata di atas 1500 cc. Bahkan, ada pula mobil yang memiliki mesin hingga 3000 cc. Tak heran, kapasitas mesin yang besar tersebut membuat performa mesin mobil eropa lebih bertenaga. Namun, konsumsi bahan bakarnya pun cenderung lebih boros.

Selain itu, untuk urusan suku cadang juga sama, mobil eropa memiliki spesifikasi suku cadang dengan kualitas terbaik dengan usia pakai yang terbilang cukup lama, tetapi harganya lebih tinggi. Itulah sebabnya, Sahabat perlu memikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil eropa atau mobil dari negara lain. Nah, penjelasan dalam artikel ini bisa jadi solusi yang tepat supaya Sahabat tidak bingung dan lebih mudah untuk mendapatkan mobil impian. Simak penjelasannya sampai selesai, yuk!

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Eropa

Seperti yang Sahabat ketahui, mobil eropa memiliki sejumlah keunggulan, baik dari segi mesin, interior, dan eksterior mobilnya. Akan tetapi, keunggulan tersebut juga perlu jadi pertimbangan karena harga dan perawatan mobil eropa terbilang cukup tinggi dibandingkan mobil dari Jepang. Itulah sebabnya, Sahabat harus memerhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli mobil eropa, di antaranya: 

  1. Tentukan Budget 

    Budget merupakan hal utama yang paling penting sebelum Sahabat membeli suatu produk atau barang, termasuk mobil. Penentuan budget ini sesuai juga dengan kebutuhan harian Sahabat. Artinya, akan lebih baik jika Sahabat membeli mobil sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. 

    Sebagai contoh, jika Sahabat sudah berkeluarga dan memiliki istri, serta 2 orang anak, sebaiknya Sahabat memilih mobil yang bisa diisi oleh anggota keluarga dibandingkan mobil sport yang kapasitas penumpangnya terbatas. Setelah itu, Sahabat dapat mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria, baik secara online maupun offline. 

    Bagi Sahabat yang budget-nya masih kurang, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dana dari berbagai perusahaan pembiayaan yang terpercaya. Bagi Sahabat yang tertarik mengajukan pinjaman dana dengan mudah dan cepat, baca artikel ini sampai selesai ya karena tim Adira akan membahas layanan yang memudahkan Sahabat untuk mendapatkan mobil eropa impian. 

  2. Pilih segmen mobil yang sesuai

    Setelah budget dan kriteria mobil sudah ditentukan, saatnya Sahabat memilih segmen mobil yang sesuai. Mobil yang bisa ditumpangi oleh anggota keluarga memiliki jenis atau segmen yang beragam, maka dari itu penting bagi Sahabat untuk riset terlebih dahulu perbandingan antara 1 jenis mobil dengan mobil lainnya. 

    Sebagai contoh, jika Sahabat hendak melakukan perjalanan jauh dengan rute yang didominasi aspal mulus, Sahabat bisa memilih mobil eropa di segmen sedan, city car, atau medium MPV (multi purpose vehicle) yang menunjang kenyamanan. 

    Sedangkan, jika rute yang hendak ditempuh sehari-hari mayoritas jalanan menanjak dan kontur aspal tidak rata atau belum teraspal, segmen mobil eropa yang bisa Sahabat pilih yaitu low MPV, SUV, atau mobil dengan jarak pijak yang tinggi karena memiliki daya tahan lebih baik. 

  3. Perhatikan kapasitas mesin

    Meskipun sebagian besar mesin mobil eropa sangat berkualitas, tetapi Sahabat juga perlu memerhatikan spesifikasi mesin karena memengaruhi konsumsi bahan bakar sepanjang perjalanan. Jika Sahabat melintasi rute yang didominasi jalur bebas hambatan dan jalanan umum yang cenderung luas, sebaiknya pilih mobil eropa dengan kapasitas mesin lebih besar untuk melaju lebih cepat. 

    Sedangkan, jika rute yang hendak dilewati cenderung padat dan sering terjadi kemacetan, Sahabat dapat memilih mobil dengan kapasitas mesin lebih kecil dan dimensi body mobil lebih compact. Tujuannya agar konsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan mobil berkapasitas besar. Selain itu, biaya perawatan mobil eropa dengan kapasitas mesin lebih kecil juga cenderung lebih murah dan mudah.

    Baca juga: Apa itu Pembiayaan atau Kredit Mobil Syariah? Ini Penjelasannya

  4. Perhatikan harga jual kembali

    Hal yang tak kalah penting sebelum membeli mobil eropa yang baru yaitu memerhatikan harga jual kembali. Oleh karena itu, Sahabat juga bisa mempertimbangkan harga jual kembali mobil yang hendak dibeli agar tetap tinggi. Memerhatikan harga jual kembali memang tergantung dari keputusan setiap individu.

    Akan tetapi, setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu mungkin Sahabat berpikir untuk mengganti mobil ke model lain di atasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting. Umumnya, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan mobil, desain yang tidak mudah ketinggalan zaman, dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari mobil.

  5. Pemilihan pinjaman dana yang tepat

    Nah, poin kelima ini berkaitan dengan poin pertama, yaitu perihal budget atau dana yang harus Sahabat keluarkan sebelum membeli mobil eropa yang baru. Bagi Sahabat yang membutuhkan mobil, tetapi dana tunai atau dana di tabungan masih belum cukup, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada kemudahan dalam menggunakan layanan kredit mobil baru dan bekas dari Adira Finance

Kredit mobil adalah cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dicicil atau diangsur kepada lembaga atau perusahaan pembiayaan yang menyediakan layanan tersebut. 

Kredit memudahkan Sahabat untuk mendapatkan mobil impian dengan cepat dan mudah. Terdapat skema pembayaran, seperti persentase uang muka dan cicilan yang telah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Lantas, bagaimana persyaratan untuk mengajukan kredit mobil eropa yang baru maupun bekas? Nah, untuk mengajukan kredit mobil eropa yang baru dan bekas, ada beberapa persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan pembiayaan seperti Adira Finance. 

Biasanya syarat pengajuan kredit mobil untuk konsumen baru terbagi dalam empat kategori, di antaranya karyawan, wiraswasta, profesional, dan perusahaan. Masing-masing kategori memiliki syarat khusus. Untuk konsumen baru, persyaratan umumnya meliputi:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun pada saat kredit lunas
  • Memiliki penghasilan tetap

Saat Sahabat mengajukan kredit mobil baru atau bekas, nantinya perusahaan pembiayaan membutuhkan bukti asli mengenai data calon konsumen yang akan mengajukan kredit mobil baru maupun bekas. Ada berbagai dokumen penting yang harus dipenuhi oleh konsumen, umumnya dokumen tersebut berupa fotokopi KTP, kartu keluarga, kepemilikan rumah, rekening tabungan, NPWP, dan lainnya. 

Perlu Sahabat ketahui bahwa memilih layanan kredit mobil harus dilakukan secara cermat karena saat ini banyak oknum yang justru merugikan konsumen. Bagi Sahabat yang ingin mengajukan kredit mobil, pilihlah perusahaan pembiayaan yang aman, terpercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), salah satunya adalah Adira Finance

Dengan menggunakan layanan kredit mobil dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan mobil impian yang baru atau bekas dengan persyaratan kredit yang mudah, tenor yang panjang, dan disertai perhitungan simulasi kredit yang memudahkan Sahabat untuk mengetahui berapa nominal dana dan bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN