Home / Berita Terbaru

Ingin Beli Mobil Sedan Murah? Cek Tipsnya Agar Tak Rugi

Ingin Beli Mobil Sedan Murah? Cek Tipsnya Agar Tak Rugi

29 November 2021 | Penulis : Adira Finance

Bagi sebagian orang, mobil merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Itulah sebabnya, banyak yang mencari mobil yang tepat, meskipun mobil tersebut bekas atau bukan keluaran terbaru. Nah, jika Sahabat sedang mencari mobil bekas, mungkin mobil sedan murah yang bekas bisa jadi pilihannya.

Seperti yang diketahui, mobil sedan murah masih menjadi ‘primadona’ karena desainnya yang long lasting alias akan tetap bagus meski sudah ‘jadul’. Tak heran jika sebagian orang memilih mobil sedan murah untuk mendukung kegiatannya sehari-hari atau bahkan hanya untuk dijadikan koleksi yang telah dimodifikasi. 

Bagi Sahabat yang berniat membeli mobil sedan murah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tidak rugi. Simak ulasannya di bawah ini, yuk! 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Sedan Murah yang Bekas

Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus dilakukan oleh Sahabat saat memilih dan membeli mobil mobil sedan murah, antara lain:

  1. Tentukan tipe mobil sedan yang akan dibeli

    Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli mobil sedan bekas yang murah yaitu mengetahui dengan pasti jenis atau tipe model sedan murah yang sedang Sahabat incar. Sahabat tidak bisa sekadar berencana “ingin beli mobil sedan” tanpa mengetahui jenis yang spesifik. 

    Sebab, secara umum mobil sedan terbagi ke dalam 3 tipe, yaitu sedan yang kecil, sedang, dan premium. Tipe tersebut yang nantinya menentukan segmentasi harga mobil sedan, apakah murah atau harganya cukup tinggi. 

    Harga jual mobil sedan kecil terbilang lebih tinggi karena sebagian besar sifatnya fast moving. Sementara, jika sedan premium sebaliknya, harga mobil bekasnya sebagian besar akan ‘jatuh’. Ini karena selain disebabkan oleh perawatan yang mahal, mobil premium juga tergolong boros bensin. 

    Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk mengetahui jenis atau tipe mobil sedan murah yang akan dibeli. Jangan sampai membeli jenis yang tidak tepat karena bisa membuatmu merugi. 

  2. Riset harga di pasaran

    Hal selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu riset harga mobil sedan bekas di pasaran. Tips ini bisa Sahabat lakukan secara online di website yang menyediakan jasa jual beli mobil maupun riset secara langsung ke sejumlah penjual mobil sedan. Dengan begitu, Sahabat bisa mengetahui kisaran harga dan perbandingannya di pasaran.

    Hal ini juga akan mengurangi risiko Sahabat terkena tipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak mobil sedan murah yang dijual di bawah harga pasaran, jika hal ini menggoda Sahabat untuk segera membeli mobil tersebut, sebaiknya Sahabat harus lebih hati-hati. 

    Tak sedikit penjual yang tak bertanggung jawab sengaja menjual mobil dengan harga di bawah rata-rata karena kondisi mesinnya sudah tidak layak atau ada kerusakan yang tidak diberitahukan di awal. Bila hal ini terjadi dan Sahabat terlanjur membeli mobil sedan murah tersebut, siap-siap mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki kerusakan yang perlahan muncul. Akibatnya, Sahabat bisa merugi karena dana perawatan semakin membengkak. Maka dari itu, penting menjadi smart buyer sebelum membeli mobil sedan murah dengan tidak tergiur harga di bawah pasaran. 

    Baca juga: Inilah Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil Bagi Pemula

  3. Periksa kondisi eksterior mobil

    Sudah menentukan jenis mobil sedan murah yang diinginkan? Serta riset harga di pasaran? Kini saatnya Sahabat memeriksa kondisi eksterior mobil tersebut secara teliti, mulai dari bodu, lampu, ban, kaca spion, dan komponen lainnya. Apakah komponen tersebut terlihat banyak goresan atau tidak? Apakah ada yang retak atau pecah? Apakah masih berfungsi normal? 

    Sahabat juga perlu memastikan bahwa suku cadang dan komponen yang menempel pada mobil sedan bekas tersebut merupakan produk asli. Meski demikian, eksterior yang mulus sebenarnya tidak menjamin mobil sedan murah tersebut masih bagus dan layak digunakan ya, Sahabat. Untuk itu, selain memeriksa kondisi eksterior, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu memeriksa kondisi interior dan mesin. 

  4. Periksa kondisi mesin

    Memeriksa kondisi mesin merupakan tips yang tak kalah penting agar Sahabat tidak merugi saat membeli mobil sedan murah yang bekas. Pastikan Sahabat memeriksa kondisi mesinnya, apakah sudah pernah dibongkar atau belum? Supaya semakin meyakinkan, Sahabat perlu memeriksa mesinnya dengan cara menghidupkan mobil tersebut. Jika Sahabat paham mengenai perbedaan mesin mobil bekas yang masih layak digunakan dan tidak, maka Sahabat dapat memilih mobil sedan murah secara tepat tanpa merugi. 

  5. Periksa interior dan aksesoris mobil

    Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu memeriksa interior dan aksesoris mobil sedan murah tersebut. Pastikan kondisi interior yang mencakup AC, lampu kabin, lampu hazard, rem tangan, audio, dashboard, speedometer, sabung pengaman, dan komponen lainnya masih berfungsi secara normal. 

    Dengan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada interior mobil sedan murah tersebut, maka Sahabat bisa mengetahui apakah mobil tersebut masih layak atau tidak, serta Sahabat juga bisa mengetahui apakah mobil pernah terkena banjir atau tidak. Sebab, biasanya mobil sedan murah yang pernah terkena banjir memiliki bekas kotoran-kotoran yang mengendap hingga berkerak di bagian yang sulit dibersihkan. 

  6. Periksa nomor seri dan nomor rangka

    Tak sampai di situ lho. Ada hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan Sahabat sebelum membeli mobil sedan murah, yaitu memeriksa nomor seri dan nomor rangka mobil tersebut. Apabila nantinya ditemukan ketidakcocokan atau kesalahan antara nomor rangka dan nomor mesin dengan surat-suratnya, maka Sahabat harus hati-hati karena kemungkinan besar mobil tersebut merupakan hasil curian. 

    Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Pinjam Uang yang Aman dan Cepat Cair

  7. Periksa kelengkapan surat resmi

    Sebelum membeli mobil sedan bekas yang murah, Sahabat juga harus memeriksa surat-surat resminya, seperti BPKB dan STNK yang harus sesuai dengan plat nomor dan nama pemilik sebelumnya. Dengan begitu, Sahabat akan mengetahui apakah mobil sedan murah ini sudah sering diperjualbelikan atau baru dari tangan pertama? Langkah ini penting dilakukan agar terhindar dari kerugian. Sebab, tak sedikit pula mobil sedan murah yang dijual dengan cuma-cuma karena hasil curian. 

  8. Coba test drive 

    Untuk memastikan kondisi mesin dan komponen lainnya, alangkah lebih baik lagi jika Sahabat melakukan test drive sebelum memutuskan membeli mobil sedan murah tersebut. Sahabat perlu waspada jika setelah dinyalakan mesinnya tiba-tiba mati, karena itu bisa jadi pertanda ada masalah di dalamnya. Saat test drive, Sahabat juga harus memeriksa apakah ada kebocoran yang muncul di komponen mesinnya atau tidak. 

    Selain itu, Sahabat juga perlu mengetahui angka kilometer pada speedometer mobil tersebut. Banyak orang yang memilih mobil sedan bekas dengan angka speedometer yang rendah. Namun sebenarnya itu bukan jadi patokan mobil tersebut masih bagus karena saat ini sudah banyak juga lho jasa yang dapat mengatur ulang speedometer agar angkanya lebih rendah. Untuk itu, pastikan memeriksa bagian speedometer, apakah ada bekas pembongkaran atau tidak?

  9. Bawa mekanik atau orang yang ahli otomotif

    Bagi sebagian orang, memeriksa semua langkah di atas memang tidak mudah, terutama bagi Sahabat yang tidak paham mengenai otomotif. Namun tidak perlu khawatir, Sahabat masih bisa membawa mekanik ahli atau kerabat yang paham mengenai dunia otomotif, khususnya paham mengenai mobil sedan. Dengan membawa mekanik atau orang yang ahli otomotif, maka akan mengurangi risiko Sahabat tertipu oleh penjual atau oknum yang tak bertanggung jawab. 

Baca juga: 11 Tips Jitu Beli Sepeda Motor Bekas yang Aman dan Mudah

Dengan begitu, Sahabat pasti akan semakin yakin untuk membeli mobil sedan bekas yang murah. Apalagi saat ini ada kemudahan untuk membelinya tanpa harus menunggu uang tunai terkumpul atau mengganggu saldo tabungan. 

Sahabat bisa menggunakan layanan Kredit Mobil dari Adira Finance karena sudah pasti aman, terpercaya, proses cepat, dan tidak merugikan Sahabat. Layanan Kredit Mobil ini bisa digunakan untuk membeli mobil baru maupun bekas dengan mudah. Yuk, langsung ajukan kredit mobilnya di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN