Home / Berita Terbaru

Ingin Gaspol Sunmori? Intip 4 Tips yang Aman dan Nyaman di Sini

Ingin Gaspol Sunmori? Intip 4 Tips yang Aman dan Nyaman di Sini

25 Februari 2022 | Penulis : Adira Finance

Sunmori atau sunday morning ride jadi salah satu kegiatan yang sedang hits dan diminati oleh para pecinta motor. Sesuai dengan namanya, sunmori biasanya dilakukan pada hari Minggu pagi yang diikuti oleh sejumlah pengendara motor untuk touring ke daerah-daerah yang sudah ditentukan, biasanya daerah tempat wisata yang terdekat hingga yang jauh. 

Tampak menyenangkan ya, Sahabat? Di balik keseruan sunmori, tapi banyak pula lho orang yang menghiraukan peraturan lalu lintas yang berlaku, bahkan ada pula yang tidak mengikuti peraturan tata cara berkendara yang baik dan benar. Akibatnya, tak jarang terjadi masalah saat berkendara di jalan.

Sahabat pasti tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Untuk itu, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan sunmori bersama kerabat terdekat. Nah, ada beberapa tips aman agar mencegah terjadinya kecelakaan saat sunmori, kita simak penjelasannya berikut ini, yuk! 

Tips Aman Agar Mencegah Terjadinya Kecelakaan saat Sunmori

Berikut ini beberapa tips aman yang bisa Sahabat lakukan saat sunmori agar mencegah terjadinya kecelakaan, antara lain: 

  1. Pikirkan titik tumpul

    Saat melakukan sunmori, sebaiknya Sahabat mencari area yang luas dan muat untuk parkir motor. Hindari parkir motor di pinggir jalan ya, karena akan mengganggu pengendara lain dan menyebabkan jalanan jadi macet.

    Lalu, pastikan juga Sahabat untuk mengatur jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak peserta karena dapat mengakibatkan kerumunan. Upayakan juga untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, ya! 

  2. Persiapan mental

    Sebelum melaju, sebaiknya para pengendara sudah menentukan jalur sunmori. Para pengendara juga disarankan untuk saling mengenal satu sama lain agar dapat mengenali dan membantu bila terjadi suatu hal di jalan. 

    Kemudian, lakukanlah safety brief sebelum berkendara terkait rute yang ada agar mental para pengendara lebih siap dalam perjalanan. Para pengendara sunmori pun wajib mengenakan safety gear, seperti helm, sepatu, jaket, sarung tangan, dan lain sebagainya. 

    Safety gear bukan hanya berlaku untuk pengendara saja ya, Sahabat, tetapi juga berlaku bagi penumpangnya. Pastikan pula untuk menjaga kecepatan dan jarak aman sesama pengendara sunmori maupun pengendara lain di jalan. 

  3. Hindari ugal-ugalan

    Saat sunmori, Sahabat dan para pengendara lain wajib untuk menghindari ugal-ugalan di jalanan, ya. Pastikan untuk menghindari perilaku tidak aman lainnya, seperti memainkan gas yang mengganggu pengendara lain, berkendara dengan gaya zig-zag, memainkan handphone, merokok, dan lain sebagainya.

    Jika Sahabat menggunakan action camera saat sunmori, pastikan komponen tersebut terpasang dengan baik dan kuat, serta tidak mengganggu aktivitas selama berkendara di jalan. Selain itu, pastikan para pengendara membawa surat-surat kendaraan dan patuhi rambu-rambu serta peraturan lalu lintas. 

  4. Pastikan kondisi motor dengan baik

    Satu hal yang tak kalah penting, yaitu memastikan kondisi motor Sahabat berfungsi dengan baik dan layak digunakan untuk sunmori. Tips ini sering kali luput dari perhatian sebagian pengendara motor karena sudah terlalu excited mengikuti sunmori. Akibatnya, bisa jadi ada hal yang tak diinginkan terjadi di tengah jalan.

    Sahabat pasti tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Untuk itu, pastikan motor yang digunakan memang masih layak pakai. Lantas, apa saja hal-hal yang harus dipastikan motor tersebut masih layak digunakan untuk sunmori? Kita baca ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Bagaimana Cara Memastikan Motor Layak Pakai?

Ada banyak jenis sepeda motor yang bisa Sahabat gunakan untuk sunmori. Apapun jenisnya, Sahabat tetap perlu memastikan motor tersebut masih layak pakai, apalagi jika sunmori yang dilakukan memiliki rute yang cukup jauh.

Pasalnya, banyak pula orang yang kurang peduli terhadap kelayakan sepeda motor yang digunakan. Jika hal ini dialami Sahabat, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal yang penting untuk memastikan motor layak pakai, antara lain: 

  1. Sesuai dengan peraturan dari kepolisian

    Jika Sahabat termasuk orang yang gemar memodifikasi motor untuk sunmori, sebaiknya perhatikan dulu apakah motor hasil modifikasi tersebut sudah sesuai dengan peraturan dari kepolisian atau belum? 

    Sebaiknya Sahabat tidak memodifikasi motor dengan cara yang ekstrem. Artinya, Sahabat perlu menghindari modifikasi motor yang mengganti dimensi rangka atau body, serta mesinnya. Akan lebih baik jika Sahabat cukup memodifikasi motor yang ringan-ringan saja, ya! 

  2. Lakukan perawatan motor secara teratur

    Hal yang tak kalah penting untuk memastikan motor Sahabat layak pakai yaitu melakukan perawatannya secara rutin dan teratur. Gunakanlah waktu luang Sahabat untuk service motor, tidak perlu terlalu sering ya, cukup dengan 3 bulan sekali. 

    Service motor ini tidak membutuhkan waktu yang lama kok, Sahabat, tidak sampai harus menunggu berjam-jam, jadi pastikan untuk selalu merawat motor tersebut meskipun tidak digunakan untuk sunmori, ya! 

    Nah, perawatan motor juga sebaiknya dilakukan di bengkel-bengkel resmi nih, Sahabat. Sebab, perawatan atau service di bengkel resmi tentu akan lebih aman dan terjamin, baik dari segi sparepart maupun para stafnya yang sudah memiliki SOP dalam bekerja. Selain itu, bengkel resmi juga pasti memiliki berbagai peralatan yang sangat memadai dan pas untuk service motor. 

  3. Periksa sesaat sebelum memakai motor

    Selain rutin merawat motor di bengkel resmi, Sahabat juga perlu memeriksa kondisi motor sesaat sebelum digunakan lho. Sebab, banyak pula orang yang menyepelekan kondisi kendaraan, seperti tekanan ban, rem, lampu (sein, lampu utama, dan lampu belakang), serta komponen lainnya. Meskipun terdengar sepele, tetapi hal-hal sederhana tersebut bisa membantu mencegah terjadinya kecelakaan atau kondisi yang tak diinginkan saat di jalan. 

Dengan tiga cara di atas, Sahabat bisa memastikan motor yang digunakan sunmori sudah layak jalan atau belum. Cukup sederhana kan? Namun, jika sepeda motor yang Sahabat gunakan sudah di bawah standar kelayakan, sebaiknya ganti dengan motor yang spesifikasinya lebih baik.

Hal tersebut penting dilakukan bagi Sahabat yang gemar sunmori agar perjalanannya lebih aman dan nyaman. Terus, bagaimana mendapatkan motor impian, sedangkan dana tunai belum tercukupi untuk membelinya? Eits, Sahabat tidak perlu khawatir lagi dong. 

Sebab, Sahabat bisa dengan mudah mendapatkan motor impian, baik yang baru ataupun yang bekas hanya dengan menggunakan layanan Kredit Motor. Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki motor baru atau bekas secara kredit, cukup dengan mengagunkan BPKB kendaraan bermotormu lho! 

Ada banyak jenis motor yang bisa Sahabat pilih, mulai dari merek Jepang, Eropa, dan lainnya, bahkan bisa juga untuk motor premium. Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan Kredit Motor dari Adira Finance sudah pasti terpercaya, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menggunakan layanan Kredit Motor dari Adira Finance, Sahabat bisa mendapatkan beragam kemudahan, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat, mudah, dan aman
  • Pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen
  • Jaringan pembayaran angsuran luas
  • Dilengkapi perlindungan asuransi kendaraan dan kecelakaan diri
  • Sistem penyimpanan BPKB yang aman
  • Layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang atau perwakilan, dealer, contact center, dan media digital 

Yang tidak kalah spesial, layanan ini bisa Sahabat manfaatkan dengan lebih untung jika Sahabat hadir dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan secara hybrid, pada 31 Maret - 10 April 2022.

Indonesia International Motor Show (IIMS) adalah perhelatan pameran otomotif tahunan yang digelar di Jakarta dan sudah berlangsung sejak tahun 2016. IIMS menjadi pameran mobil dan motor yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang karena menghadirkan berbagai promo menarik, khususnya bagi Sahabat yang ingin membeli mobil keluaran terbaru.

Nah, buat Sahabat yang ingin mendapatkan motor impian dengan cepat, bisa juga lho langsung mengajukan kredit motor di Adira Finance sekarang. Yuk, langsung ajukan di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN