Home / Berita Terbaru

Ingin Membeli Sofa? Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

27 Mei 2024 | Penulis : Adira Finance

Sahabat, sofa merupakan salah satu furniture interior penting di ruang tamu. Selain menjadi tempat yang nyaman untuk santai keluarga dan menerima tamu, sofa juga dapat menambah nilai estetika sebuah ruangan.

Sesuai dengan fungsinya, tempat duduk santai yang nyaman ini memiliki berbagai bentuk dan jenis. Kehadiran sofa dalam interior juga dapat mencerminkan kepribadian individu pemilik rumah sekaligus konsep gaya rumah yang diusungnya.

Saat Sahabat hendak memilih sebuah sofa yang digunakan untuk ruangan, ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan. Diantaranya siapakah yang nantinya paling sering menggunakan sofa, kapasitas yang dibutuhkan serta dimana sofa akan ditempatkan?.

Dalam menentukan pilihan,  Sahabat juga tidak sekedar hanya melihat penampilan estetikanya, mulai dari warna, pola, bahan serta tekstur yang serasi sesuai konsep interior. Namun juga dari sisi ukuran, gaya yang diusung serta karakteristik bahan pelapisnya yang akan disesuaikan dengan penempatannya di dalam ruang.

Dengan begitu banyaknya jenis sofa yang tersedia, memilih yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang dan perlu perhatian khusus. Untuk membantu Sahabat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan, konsep serta gaya ruangan Sahabat, mari kita ulas berbagai jenis sofa yang ada.

Jenis – Jenis Sofa 

1. Sofa Chesterfield

Sofa Chesterfield merupakan sofa yang dapat mencerminkan simbol keanggunan dan klasik dalam ruangan. Sofa ini dikenal memiliki lengan bergelombang dengan bantalan yang besar dan dalam sehingga sofa ini menampilkan kesan elegan, detail sekaligus berkelas saat ditempatkan di dalam ruangan. Bahan kulit adalah pilihan populer untuk sofa Chesterfield, tetapi Sahabat juga dapat menemukan versi dengan bahan lain seperti kain.

2. Sofa Lipat (Futon)

Sofa lipat, atau futon, merupakan pilihan yang praktis untuk ruang tamu yang juga bisa berfungsi untuk tempat istirahat tamu. Futon dapat dilipat menjadi tempat tidur datar sehingga Sahabat bisa menjadikan sofa jenis ini sebagai solusi ideal bagi ruangan terbatas yang membutuhkan fleksibilitas.

3. Sofa Bentuk L (Sectional)

Sofa bentuk L atau dikenal sebagai sectional merupakan salah satu sofa yang bisa menjadi pilihan Sahabat. Sofa jenis ini akan terlihat sempurna untuk ruang tamu yang besar atau untuk menciptakan zona duduk yang terpisah. Dengan berbagai bentuk dan ukuran yang tersedia, sofa sectional dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan Sahabat.

4. Sofa Divan

Sofa divan memiliki ciri khas punggung yang tinggi dan lengan yang rendah. Desainnya yang klasik dan sederhana membuatnya cocok untuk berbagai gaya dekorasi. Sofa divan seringkali dilengkapi dengan bantalan tambahan untuk kenyamanan ekstra.

5. Sofa Bergaya Mid-Century Modern

Jika Sahabat menginginkan sentuhan retro di ruang tamu, pilihlah sofa bergaya mid-century modern. Sofa ini dikenal dengan kaki kayu miring, tampilan yang simpel dan menggunakan bahan seperti wol atau kain berpola geometris, sofa ini memberikan nuansa vintage namun berkesan kekinian.

6. Sofa Bed

Sofa bed adalah solusi sempurna untuk ruang tamu yang juga berfungsi sebagai kamar untuk istirahat. Sofa ini dapat disetel menjadi tempat duduk atau sofa yang lebih luas dan nyaman untuk istirahat. Dengan mekanisme yang mudah, sofa bed dapat dilipat menjadi tempat tidur untuk tamu yang menginap.

7. Sofa Recliner

Bagi mereka yang mencari kenyamanan maksimal, sofa recliner adalah pilihan yang sempurna. Dengan melipat atau meluruskan sandaran punggung dan bagian sandaran kaki yang bisa disesuaikan, sofa ini dapat menemani Sahabat saat bersantai menonton televisi atau membaca buku dengan lebih nyaman.

8. Sofa Loveseat

Sofa loveseat adalah pilihan yang sempurna untuk ruang tamu kecil dan minimalis. Dengan desain yang kecil dan biasanya hanya terbatas hingga dua tempat duduk saja, loveseat dapat menambah sentuhan romantis atau hangat dalam ruangan karena jarak duduk yang berdekatan.

9. Sofa Tuxedo

Sofa tuxedo dikenal dengan lengan yang setinggi punggung, menciptakan tampilan yang simetris, rapi, simpel sekaligus elegan. Desainnya yang sederhana dan modern membuatnya cocok untuk berbagai gaya dekorasi dalam ruangan.

Sahabat, mengetahui jenis sofa yang cocok dan sesuai dengan ruangan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Selain dari segi desain, ukuran sofa juga menjadi pertimbangan penting sebelum sahabat memutuskan untuk membelinya. Oleh karena itu, pastikan Sahabat telah mengukur luas ruangan dengan teliti agar sofa yang dibeli pas dengan dengan ukuran ruangan. 

Agar tidak salah dalam memilih sofa yang paling sesuai, berikut beberapa tips lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Sahabat dalam menentukan sofa yang diinginkan.

Tips Sebelum Membeli Sofa

1. Anggaran

Sebelum Sahabat mulai mencari-cari sofa, di awal pastikan untuk menentukan anggaran yang Sahabat alokasikan. Dengan menentukan anggaran, Sahabat dapat mempersempit pilihan dan memastikan untuk tidak menghabiskan lebih dari kemampuan.

2. Dimensi Ruangan

Ukur ruang dimana sofa akan ditempatkan. Hitung dengan seksama dimensi ruangan, ukuran pintu masuk hingga akses ke ruangan tersebut. Selain pas dengan ruangan, akses saat menempatkan sofa juga perlu diperhatikan agar sofa dapat keluar masuk ruangan dengan mudah.

3. Gaya Dekorasi

Gaya dekorasi juga menjadi salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih sofa. Apakah Sahabat lebih suka gaya klasik, modern atau mungkin mixed? Pastikan sofa yang Sahabat pilih cocok dengan gaya yang sudah Sahabat tentukan sebelumnya.

4. Bahan

Pilihlah bahan sofa yang sesuai dengan gaya hidup Sahabat dan kebutuhan rumah. Kulit adalah pilihan yang tahan lama dan mudah dibersihkan, sedangkan bahan kain menawarkan pilihan warna dan tekstur yang lebih kaya. Pastikan Sahabat memilih bahan yang menurut Sahabat paling nyaman, mudah perawatannya dan sesuai dengan style yang diinginkan.

5. Kualitas

Periksa kualitas konstruksi sofa sebelum membelinya. Pastikan rangka sofa terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti kayu keras atau logam. Periksa juga kualitas jahitan dan padding untuk memastikan kekuatan dan kenyamanan yang optimal.

6. Pengujian

Sebelum Sahabat memutuskan untuk membeli sofa, uji kenyamanan dan fitur yang ada. Duduklah atau berbaringlah di sofa selama beberapa menit untuk merasakan kenyaman dan kekuatan bahannya. Pastikan tinggi dan kedalaman dudukan serta tinggi lengan sofa sesuai dengan preferensi Sahabat.

7. Fitur Tambahan

Pertimbangkan fungsi tambahan yang mungkin Sahabat inginkan dari sofa, seperti sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur atau yang dilengkapi dengan mekanisme recliner. Ini dapat menambah nilai fungsionalitas sofa dan memenuhi kebutuhan spesifik Sahabat.

8. Garansi

Pastikan Sahabat memeriksa ketersediaan garansi sebelum membeli sofa. Garansi dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan atau cacat yang mungkin terjadi setelah pembelian.

9. Kebijakan Retur

Sebelum Sahabat membeli sofa, pastikan Sahabat memahami kebijakan pengembalian toko. Ini memberi jaminan bahwa jika Sahabat tidak puas dengan pembelian, Sahabat dapat mengembalikan atau menukarnya tanpa masalah.

10. Ulasan dan Referensi

Terakhir, sebelum Sahabat membuat keputusan akhir, baca ulasan dan referensi tentang sofa yang Sahabat minati. Pendapat dan pengalaman orang lain dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kualitas dan kinerja sofa tersebut.

Sahabat, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli sofa yang bisa dilakukan. Bagi Sahabat yang telah menentukan sofa jenis apa yang dijadikan pilihan untuk di beli, namun memilih untuk membelinya secara kredit, kini Sahabat bisa mendapatkannya dengan layanan Kredit Furniture di Adira Finance.

Selain furniture, layanan kredit ini juga dapat menjadi solusi bagi Sahabat yang ingin mengajukan barang-barang elektronik, gadget hingga smartphone. Sahabat dapat mengajukan kredit melalui website resmi Adira Finance atau melalui aplikasi adiraku.

Adira Finance telah terdaftar dan diawasi Oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang menjamin keamanan keuangan nasabahnya. Sahabat juga dapat melakukan berbagai layanan pengajuan kredit lain seperti kredit mobil, kredit motor hingga kredit hp/smartphone.

Yuk, ajukan kredit di Adira Finance sekarang dan dapatkan sofa impian Sahabat sekarang juga!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN