Home / Berita Terbaru

Ini Saat yang Tepat Untuk Ajukan Kredit Motor Syariah

Ini Saat yang Tepat Untuk Ajukan Kredit Motor Syariah

20 November 2020 | Penulis : Adira Finance

Indonesia masih masuk dalam jajaran negara termacet di dunia. Hal tersebut direpresentasikan melalui hasil riset Tom Tom Index yang menempatkan Jakarta, Ibu kota Indonesia, sebagai kota termacet di dunia peringkat 10 pada tahun 2019 lalu. Oleh karena itu, pemilihan moda transportasi yang memiliki daya jelajah tinggi menjadi primadona banyak masyarakat Indonesia, khususnya warga yang beraktivitas di perkotaan. Alhasil, volume pengajuan kredit motor syariah atau pembiayaan motor syariah terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Memiliki dua roda dan berbadan ramping, membuat motor menjadi idaman banyak orang untuk beraktivitas. Harganya yang lebih terjangkau dan banyaknya varian yang tersedia semakin memanjakan calon customer untuk bisa mendapatkan motor dengan spesifikasi terbaik dengan harga yang kompetitif.

Tujuan orang memiliki motor ada banyak, tetapi umumnya adalah untuk bisa tetap melaju di tengah kemacetan. Sahabat yang saat ini tengah mencari motor idaman, bisa juga mendapatkan varian yang cocok dengan kepribadian Sahabat.

Apalagi, hampir setiap tahun selalu bermunculan 2 hingga 3 varian motor baru dari setiap merek. Di tengah kondisi pandemik sekarang, kebutuhan motor malah diprediksi bakal meningkat.

Mudahnya persyaratan pengajuan kredit motor syariah membuat banyak orang mulai beralih untuk menjadi pengendara motor, namun tetap beberapa hal yang harus Sahabat penuhi agar proses pengajuan berjalan lancar.

Menggunakan skema kredit motor syariah akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Sahabat. Pasalnya, Sahabat bisa mengetahui berapa keuntungan yang diambil oleh perusahaan pembiayaan secara jelas. Hal tersebut dikarenakan prinsip murabahah yang dikedepankan oleh lembaga pembiayaan seperti Adira Finance.

Selain itu, suku bunganya juga berjalan flat sampai akhir masa pinjaman. Dalam pengajuan kredit motor syariah digunakan skema bagi hasil.

Berikut adalah beberapa tips agar pengajuan kredit motor syariah disetujui

1. Riwayat kredit bersih

Sahabat yang ingin mengajukan kredit motor syariah, harus bisa memastikan bahwa riwayat kredit yang dimiliki Sahabat berjalan mulus. Tetapi jika Sahabat selama ini mampu menyelesaikan kewajiban angsuran secara disiplin, maka motor baru hanya tinggal menunggu waktu saja. Proses pengajuan kredit motor syariah yang Sahabat ajukan memiliki peluang lebih besar untuk disetujui oleh lembaga keuangan.

2. Siapkan persyaratan

Tips pengajuan kredit motor syariah berikutnya adalah dengan mempersiapkan dokumen pendukung sebagai persyaratan pengajuan. Kumpulkan semua data diri, mulai dari KTP, SIM, KK, NPWP, Surat Keterangan kerja bagi yang berstatus karyawan, surat izin usaha bagi yang menjadi pengusaha dan juga cetak rekening Koran selama 3 bulan terakhir.

Jangan sampai ada yang tercecer atau tertinggal. Karena dengan begitu, proses pengajuan kredit motor syariah Sahabat tidak akan tertunda lantaran masalah kelengkapan dokumen. Persiapkan dokumen apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat pengajuan kredit motor syariah.

3. Tentukan waktu pengajuan

Tips pengajuan kredit motor syariah berikutnya adalah tentang perihal waktu pengajuan. Dengan memperhatikan timing atau waktu yang tepat, Sahabat bisa menjadi lebih cepat untuk mendapatkan unit motor yang diinginkan.

Pertama adalah, Sahabat bisa memasukkan aplikasi di saat promo baru saja diadakan. Sahabat bisa melihatnya di halaman online resmi perusahaan, akun resmi sosial media, maupun media digital lainnya. Saat perusahaan otomotif meluncurkan produk baru, biasanya akan langsung digenjot penjualannya sembari melihat respon pasar.

Kedua, apabila Sahabat berencana akan membeli varian motor baru dirilis, stoknya juga tidak terlalu banyak. Jika Sahabat terlambat saat mengajukan, maka Sahabat akan mengikuti daftar antrian alias mendapatkan barang inden.

Tidak ada yang salah dengan inden, tetapi jika Sahabat ternyata membutuhkan sepeda motor dengan proses yang cepat, maka hal itu akan menjadi kendala.

Waktu berikutnya adalah pengajuan kredit motor syariah jelang akhir tahun, Dalam dunia bisnis, perusahaan memasang target pendapatannya selama tahunan dalam Rapat Kegiatan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang ditentukan sebelum tahun baru dimulai.

Jelang akhir tahun, banyak perusahaan termasuk lembaga keuangan akan berupaya keras untuk dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan perusahaan. Hal tersebut bisa Sahabat jadikan momentum untuk memasukkan aplikasi pengajuan kredit motor syariah.

Tidak ada yang berubah dalam hal verifikasi dokumen, Sahabat tetap harus memenuhi syarat laik untuk mendapatkan kredit.

Hal itu dikarenakan perusahaan tengah mengejar target pendapatan yang akan segera berakhir. Selain itu, jelang akhir tahun juga biasanya muncul banyak varian sebagai teaser di tahun depan.

Sahabat bisa mendapatkan referensi kapan unit tersebut akan diluncurkan. Siapkan dokumen sebelum tanggal peluncuran, jadi begitu akan diluncurkan semua persyaratan sudah lengkap, Sahabat hanya perlu mengajukan saja aplikasi kredit motor syariah tersebut.

Tips pengajuan kredit motor syariah lainnya adalah ajukan saat gajian. Masa-masa seperti itu merupakan masa yang indah dan ditunggu oleh setiap karyawan. Sebelum Sahabat membayarkan semua kebutuhan dan juga kewajiban, cetak rekening Koran sampai tanggal tersebut. Dengan begitu, saldo yang tertera di buku tabungan Sahabat masih cukup banyak, sehingga Sahabat merasa lebih percaya diri saat akan mengajukan fasilitas pinjaman.

Sahabat bisa menggunakan layanan pembiayaan motor secara syariah lewat Adira Finance. Tidak hanya motor baru, motor bekas juga bisa dibiayai lewat perusahaan pembiayaan Adira Finance. Usia motor yang bisa dibiayai maksimal 15 tahun sampai dengan akhir masa kredit.

Agar Sahabat semakin ringan saat membayarkan angsuran bulanan, Sahabat bisa memperbesar uang muka. Hal itu akan membantu Sahabat saat akan melakukan pembayaran angsuran.

Selain itu, dengan uang muka yang lebih besar juga, profil risiko Sahabat menjadi semakin kecil, karena berarti Sahabat memiliki kekuatan finansial yang lebih baik.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN