Home / Berita Terbaru

Intip Inspirasi Tema Pernikahan yang Hemat di Masa Pandemi

Intip Inspirasi Tema Pernikahan yang Hemat di Masa Pandemi

10 September 2021 | Penulis : Adira Finance

Menentukan tema pernikahan terkadang jadi tantangan tersendiri untuk calon pengantin. Kedua belah pihak harus berdiskusi untuk menentukan tema yang sesuai dengan keinginan bersama. Keterlibatan dua keluarga juga biasanya berperan dalam memutuskan tema pernikahan seperti apa yang akan dipilih. 

Saat ini sudah banyak inspirasi tema pernikahan yang bisa dijadikan referensi, mulai dari tema tradisional hingga internasional. Nah, bagi Sahabat yang masih bingung menentukan tema yang sesuai budget, di artikel ini akan dijelaskan mengenai beragam tema pernikahan yang bisa jadi pilihan. 

Rekomendasi Tema Pernikahan

Berikut adalah beberapa rekomendasi tema pernikahan yang bisa Sahabat pilih, di antaranya: 

  • Tema Pernikahan Tradisional

    Pernikahan tradisional atau adat Indonesia termasuk salah satu tema yang sering dipilih oleh kebanyakan calon pengantin. Biasanya calon pengantin yang memilih tema ini ingin menunjukkan adat masing-masing daerah yang mengagumkan. Selain itu, tema ini dipilih karena ingin menciptakan momen pernikahan yang lebih sakral. 

  • Tema Pernikahan Rustic 

    Tema pernikahan rustic memiliki keunikan sendiri karena dekorasi didominasi oleh kayu-kayu, warna netral, gabungan bunga dan daun kering, serta kental dengan unsur alam. Rustic termasuk tema yang akhir-akhir ini sedang menjadi tren di Indonesia lho, Sahabat. Bahkan, tema rustic bisa menghemat biaya pernikahan karena tidak membutuhkan dekorasi yang terlalu ramai dan penuh, seperti tema modern dan elegan. 

  • Tema Pernikahan Outdoor 

    Ingin menggelar pernikahan di luar ruangan? Tema yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Tema outdoor bisa digelar di halaman rumah yang luas, taman, dan pantai sebagai lokasi pernikahan. 

    Biasanya yang memilih tema ini adalah calon pengantin yang ingin menunjukkan keindahan pemandangan di lokasi tersebut. Budget untuk menggelar tema outdoor bisa disesuaikan dengan dana pernikahan yang Sahabat miliki. Sebab, pemilihan temanya bisa sederhana, minimalis, hingga mewah.

  • Tema Pernikahan Vintage 

    Suka dengan konsep yang antik? Tema pernikahan vintage pasti cocok untuk Sahabat. Vintage adalah gaya desain yang memberikan suasana dan atmosfer yang klasik dengan tambahan elemen dekorasi yang antik. 

    Tema vintage biasanya dipilih karena dekorasi yang sederhana dengan perpaduan warna yang kalem. Karena kesederhanaan itu, tema vintage tidak perlu mengeluarkan dana yang besar.

  • Tema Pernikahan Minimalis modern

    Tema klasik minimalis modern juga tak kalah hits daripada tema pernikahan lainnya lho. Tema ini mengusung konsep kesederhanaan, namun tetap menunjukkan kesan yang modern dan elegan. 

    Tema pernikahan ini biasanya tidak memakai ornamen yang banyak pada dekorasinya, pemilihan warnanya pun menggunakan warna netral, seperti putih dan abu. Itulah sebabnya, tempat pernikahan akan terlihat minimalis dan bersih. 

  • Tema Pernikahan Sesuai Hobi atau Kesukaan

    Apakah Sahabat pernah melihat tema pernikahan yang berkonsep unik? Misalnya, konsep seperti di sebuah film, konsep klub sepakbola, cosplay jadi figur tertentu, atau lainnya? Nah, konsep seperti itu biasanya dilatarbelakangi oleh hobi atau kesukaan dari calon pengantin. Tema pernikahan ini berbeda dengan tema lainnya karena memiliki ciri khas sendiri dan memberikan kesan yang berbeda kepada tamu yang datang. 

Tips Nikah Hemat di Masa Pandemi Covid-19

  • Tentukan waktu dan estimasi biaya awal

    Dengan menentukan waktu dan estimasi biaya awal, maka Sahabat akan lebih siap untuk menggelar pernikahan sesuai dengan budget. Pemilihan waktu juga berpengaruh terhadap biaya sewa lokasi pernikahan. Jadi, pastikan ketersediaan lokasi dan waktu dari jauh-jauh hari. Estimasi biaya awal bisa menekan budget yang tidak perlu. Sahabat jadi tahu hal-hal yang menjadi prioritas untuk menggelar pernikahan di masa pandemi.

  • Pilih tema dan konsep pernikahan

    Tema dan konsep pernikahan sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Jika Sahabat ingin menghemat pengeluaran, pastikan memilih tema yang sederhana, namun tetap elegan dan berkesan. Fokus pada dekorasi yang penting-penting saja ya, Sahabat. Hindari mengeluarkan dana berlebihan hanya untuk dekorasi. 

  • Batasi tamu undangan

    Jumlah tamu undangan juga sangat berpengaruh terhadap biaya pernikahan. Saat Sahabat menggelar pernikahan di masa pandemi, sebenarnya cukup menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan biaya katering dan souvenir yang besar. 

    Misalnya, jika rencana awal jumlah tamu undangan sekitar 500, maka saat menggelar pernikahan di masa pandemi, tamu undangan harus dibatasi menjadi 100-300 orang saja. Apalagi jika Sahabat menggelar pernikahan saat ada pembatasan kegiatan dari pemerintah, maka tamu undangan akan lebih sedikit lagi lho. 

    Baca juga: Rincian Persyaratan Nikah di KUA 2021

  • Gunakan undangan digital

    Untuk menghemat pengeluaran, Sahabat juga bisa memanfaatkan undangan digital berupa video animasi. Dengan begitu, Sahabat tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyetak ratusan undangan fisik. 

  • Laksanakan resepsi virtual bagi tamu yang tak datang

    Karena jumlah tamu undangan dibatasi, maka sebagian tamu lainnya tidak bisa datang ke lokasi pernikahan. Solusinya, Sahabat bisa hadirkan prosesi akad dan resepsi dengan memanfaatkan fitur video call atau live streaming di platform media sosial. Dengan begitu, tamu undangan bisa menyaksikan pernikahan Sahabat dari rumah masing-masing. 

  • Libatkan teman untuk jadi jasa foto

    Sahabat punya teman yang hobi fotografi? Nah, cobalah ajak dia bekerjasama menjadi penyedia jasa foto dan video selama pernikahan berlangsung. Cara ini bisa memangkas sebagian biaya pernikahan, jika dibandingkan menyewa jasa foto profesional yang harganya sangat tinggi. Namun, Sahabat perlu menghindari istilah “harga teman” demi mengapresiasi kerja kerasnya, ya. 

  • Menghemat katering 

    Adanya pembatasan tamu undangan berpengaruh juga terhadap jumlah katering yang harus disediakan. Dengan begitu, Sahabat bisa mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai gantinya, Sahabat bisa mengalokasikan dana pernikahan ke hal lain yang lebih penting. 

  • Memilih wedding organizer yang tepat

    Menggelar pesta pernikahan di masa pandemi memang cukup menantang dan sulit jika tidak ada bantuan dari pihak profesional seperti wedding organizer. Namun, pastikan Sahabat memilih wedding organizer yang tepat agar dana pernikahan tidak membengkak. 

    Pilihlah paket jasa yang ditawarkan wedding organizer sesuai dengan kebutuhan. Pastikan wedding organizer tersebut sudah terpercaya, kooperatif, dan berpengalaman dalam menyelenggarakan pesta pernikahan di masa pandemi. Sahabat bisa meminta referensi wedding organizer dari saudara, kerabat, atau teman. 

Meskipun pesta pernikahan yang digelar sederhana dan hemat budget, namun tetap saja harus ada dana yang memadai agar acara berjalan lancar dan sesuai ekspektasi. Supaya tidak memakan waktu yang lama untuk mengumpulkan dana tunai, Sahabat bisa menggunakan cara praktis, yaitu dengan memanfaatkan layanan pinjaman modal nikah yang disediakan oleh lembaga pembiayaan yang terpercaya. 

Beberapa lembaga pembiayaan menyediakan pinjaman dana untuk biaya pernikahan, pendidikan, dan kegiatan konsumtif lainnya melalui layanan Kredit multiguna.

Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal biaya pernikahan yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa memanfaatkan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. 

Proses pengajuannya pun cukup praktis, Sahabat cukup menggunakan smartphone dan mengunduh aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Aplikasi Adiraku menyediakan berbagai fitur layanan pinjaman dana, mulai dari kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, hingga kredit multiguna. Suku bunganya pun sangat kompetitif sehingga tidak memberatkan proses pembayaran cicilan setiap bulan.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN