Home / Berita Terbaru

iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8, Adu Dua Smartphone Super!iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8, Adu Dua Smartphone Super!

iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8, Adu Dua Smartphone Super!iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8, Adu Dua Smartphone Super!

16 September 2017 | Penulis : Adira Finance

JAKARTA – Kuartal ketiga tahun 2017 sepertinya terasa spesial bagi para penggemar gadget di seluruh dunia. Bayangkan saja, dua smartphone premium saling menampakkan wujudnya dalam waktu yang hampir bersamaan. Apalagi, adalah Apple dan Samsung yang berada di balik dua produk unggulan tersebut.

Pertama, Samsung ‘menyengat’ dengan memboyong perangkat terbaru mereka, Galaxy Note 8 pada akhir Agustus lalu. Namun kurang dari sebulan peluncurannya, Apple langsung membalas ‘serangan’ perusahaan asal Korea Selatan tersebut dengan melepas iPhone X sebagai penanda satu dekade perjalanan perusahaan asal Amerika Serikat itu di industri smartphone.

Lantas, manakah yang lebih worth it diantara kedua smartphone flagship tersebut? Yuk, kita komparasi iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8 bareng-bareng!

Desain

Sebenarnya, desain iPhone X dan Samsung Galaxy Note 8 memiliki kesamaan di beberapa bagian. Keduanya memiliki kaca belakang dan kerangka logam contohnya, meskipun sudut pada iPhone X lebih melengkung dan hampir tidak memiliki bezel di bagian depan, dengan hanya sedikit takik di bagian atas untuk kamera dan sensor depan.

Sementara itu, Samsung Galaxy Note 8 juga memiliki bezel yang tipis, dengan tambahan strip tipis di atas dan di bawah layar. Sampai tahap ini, bisa dikatakan bahwa smartphone besutan Samsung lebih melengkung ketimbang iPhone X yang memiliki desain lebih flat.

Di sisi lain, kedua ponsel memiliki bobot dan dimensi yang berbeda. Rincinya, iPhone X hadir dengan dimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm dengan bobot 174 gram, lebih enteng dari Samsung Galaxy Note 8 yang berukuran 162,5 x 74,8 x 8,6 mm dan berat 195 gram.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk urusan desain, adalah kemampuan kedua ponsel yang tahan air. Note 8 bersertifikat IP68 yang diklaim sanggup bertahan hingga 30 menit di kedalaman 1,5 meter. Sedangkan kompetitornya ‘hanya’ bersertifikasi IP67 yang baru menyentuh kedalaman 1 meter dengan batas maksimum 30 menit.

Meski begitu, perhitungan secara matematis belum tentu menunjukkan hasil nyatanya. iPhone X bisa saja lebih tangguh, karena Apple mengklaim telah menggunakan kaca terberat yang pernah menghiasi iPhone di bagian depan dan belakang, sehingga tingkat kerapatannya lebih unggul ketimbang ponsel lansiran Samsung.

Layar

Layar adalah elemen paling terhampar luas pada iPhone X, karena hampir menyelimuti seluruh bagian depan ponsel. Untuk sampai pada tahap ini, Apple bahkan membuang tombol home untuk meninggalkan ruang layar lebih banyak, dan terpaksa ‘mengorbankan’ pemindai sidik jari yang selama ini diusung para pendahulunya.

Di kubu seberang, Samsung Galaxy Note 8 juga termasuk bezel-less. Berbeda dengan iPhone X yang menghilangkan fitur fingerprint, Samsung justru memindahkan pemindai sidik jari ke bagian belakang ponsel.

Sementara untuk ukuran layar, iPhone X mengusung layar 5,8 inci 1,125 x 2,436 OLED Super Retina dengan kerapatan piksel 458 piksel per inci (ppi), sedangkan Galaxy Note 8 berlayar OLED 6,3 inci 1,440 x 2,960 dengan kerapatan piksel 521 ppi. Dengan data tersebut, bisa dipastikan layar Samsung lebih besar dengan kontras warna yang lebih tajam.

Selanjutnya, soal fitur layar. Seperti yang sudah diketahui, iPhone X memiliki fitur Face ID sebagai pengganti pemindai sidik jari. Selain itu, suksesor iPhone 8 ini sudah mendukung fitur HDR, dengan tambahan 3D Touch dan True Tone. Jadi, iPhone X lebih kaya fitur layar daripada Note 8.

Dapur Pacu

Sama-sama berstatus sebagai smartphone super, iPhone X mempercayakan ‘otak’ ponsel pada A11 Bionic six-core. Sementara Galaxy Note 8 masih mempercayakannya pada chipset buatan eksternal, yaitu Qualcomm Snapdragon 835 octa-core dan Exynos 8895.

Untuk kapasitas RAM, Samsing jor-joran mengatakan bahwa Note 8 dipersenjatai RAM 6 GB, berbeda dengan iPhone X yang masih ‘malu-malu’ mengungkapkan besaran RAM yang diusungnya. Namun jika berkaca dari varian iPhone yang pernah ada, belum ada iPhone yang melebihi RAM 3 GB.

Beranjak pada sistem operasi, Samsung Galaxy Note 8 mengadopsi OS Android Nougat, sementara iPhone X beralaskan iOS 11. Dua platform yang berbeda sehingga kurang fairjika dikomparasikan.

Pembeda lainnya, jelas pada penambahan stylus S Pen pada Note 8 yang memudahkan Ganlobers untuk menulis tangan di layar ponsel.

Kamera dan Baterai

Untuk iPhone X, tersimpan kamera ganda 12 MP dengan satu lensa wide-angle f / 1.8 dan satu f / 2.4 untuk telefoto alias zoom, lengkap dengan optical image stabilization (OIS), sehingga hasil foto lebih jernih.

Karena sudah berlabel smartphone dengan dual camera, iPhone X memungkinkan kalian untuk mengaburkan latar belakang gambar untuk efek bokeh. Jangan lupakan juga bahwa Apple telah menempatkan fitur augmented reality (AR).

Di lain sudut, Samsung Galaxy Note 8 juga memiliki kamera ganda 12 MP, namun dengan diafragma yang lebih ciamik, yakni f / 1.7 dan f / 2.4, plus OIS.

Beranjak ke kamera depan, keduanya dilengkapi kamera 8 MP f / 1.7 (Note 8) dan 7 MP f / 2.2 (iPhone X). Di atas kertas, adu kamera iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8 berpihak pada perusahaan asal Korea Selatan.

Komparasi lainnya, jatuh pada baterai. Lagi-lagi, Apple belum mengungkapkan ukuran baterai iPhone X. Meski begitu, mereka mengklaim bahwa smartphone terbaru mereka sanggup bertahan hingga 12 jam untuk penggunaan internet atau 13 jam video. Selain itu, iPhone X mendukung pengisian daya nirkabel, dan disebut-sebut mampu mengisi 50% baterai dalam 30 menit berkat fitur fast charging.

Sementara itu, baterai Samsung Galaxy Note 8 berkapasitas 3.300 mAh yang juga mendukung pengisian nirkabel dan fast charging. Soal baterai, belum bisa menyimpulkan.

Harga iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8

Berdasarkan informasi yang dipetik dari GSM Arena, harga iPhone X dipasarkan mulai USD 999 (Rp 13,2 juta) untuk iPhone X versi 64 GB dan USD 1.149 atau sekitar Rp. 15,5 juta untuk iPhone X 256 GB. Itu saja untuk wilayah Amerika Serikat. Jika sampai ke Indonesia, bukan mustahil nilainya bakal lebih bertambah.

Berbeda dengan iPhone X yang memasang harga tinggi, Samsung Galaxy Note 8 versi 64 GB lebih murah karena berbanderol Rp. 12,9 juta.

Jadi, Anda lebih pilih mana, Samsung Galaxy Note 8 atau iPhone X?

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN