Home / Berita Terbaru

Jangan Takut Gagal, Ini 7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

Jangan Takut Gagal, Ini 7 Cara Memulai Bisnis dari Nol

19 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Cara memulai bisnis dari nol mungkin terlihat sulit bagi Sahabat yang baru pertama kali ingin terjun ke dunia usaha. Banyak pertimbangan yang perlu Sahabat perhatikan saat hendak merintis sebuah bisnis, baik itu secara online maupun offline. Apalagi jika Sahabat memulainya dari nol, semua butuh persiapan yang matang agar bisnis yang dijalani bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Sebelum Sahabat terjun ke dunia bisnis, sebaiknya perhatikan dulu beberapa cara memulai bisnis dari nol agar lebih siap untuk melakukan berbagai strategi bisnis di depan mata. Yuk, simak dulu cara memulai bisnis dari nol melalui artikel ini.

Tips dan Cara Memulai Bisnis dari Nol

Berikut ini beberapa cara memulai bisnis dari nol yang perlu Sahabat perhatikan, antara lain:

  1. Pilih jenis bisnis yang tepat 

    Cara memulai bisnis dari nol yang pertama yaitu memilih dan menentukan jenis bisnis yang akan Sahabat kelola. Jika masih merasa bingung untuk membuka usaha jenis apa, Sahabat bisa menentukan jenis usaha sesuai dengan apa yang Sahabat suka. 

    Dalam memilih jenis bisnis yang tepat, Sahabat juga perlu riset berbagai hal, mulai dari riset target market, kompetitor, peluang bisnis, kebutuhan target market, dan lain sebagainya. Pasalnya dengan menjalankan cara memulai bisnis dari nol yang satu ini, Sahabat akan menjalankan bisnis dengan menempatkan posisi sebagai konsumen yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan.

  2. Buat anggaran bisnis yang jelas

    Dalam menentukan cara memulai bisnis dari nol, Sahabat harus menyiapkan anggaran yang jelas, termasuk modal bisnis yang dibutuhkan. Anggaran ini harus masuk ke dalam catatan keuangan bisnis yang dijalani agar Sahabat bisa mengetahui seputar pemasukan dan pengeluaran dengan lebih detail.

    Selain itu, anggaran diperlukan agar Sahabat menjalankan cara memulai bisnis dari nol dengan baik dan tidak melampaui budget atau modal yang dimiliki. Hadirnya Anggaran juga penting dalam memaksimalkan jalannya strategi bisnis. 

    Buatlah anggaran sesuai dengan kebutuhan esensial dari usaha Sahabat. Jangan terlalu terburu-buru untuk menyempurnakan seluruh lini dari bisnis. Jika Sahabat tidak berhemat dan memiliki anggaran yang baik, bisa jadi Sahabat yang akan rugi nantinya.

  3. Siapkan modal bisnis

    Cara memulai bisnis dari nol yang tak kalah penting yaitu mempersiapkan modal. Setiap usaha yang dijalani pasti membutuhkan modal yang mencukupi. Terkadang, masalah modal yang membuat sebagian orang mundur untuk merintis sebuah usaha.

    Padahal faktanya, modal bisa didapatkan dengan mudah dan cepat lho. Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas Kredit Multiguna dari Adira Finance. Fasilitas Kredit Multiguna memudahkan konsumen untuk mendapatkan modal usaha sebagai salah satu cara memulai bisnis dari nol. Sahabat bisa langsung mengajukan pinjamannya di sini. 

  4. Tentukan daya jual dari produk atau jasa

    Cara memulai bisnis dari nol yang lainnya yaitu menentukan daya jual dari produk atau jasa yang hendak Sahabat tawarkan kepada konsumen. Daya jual ini berkaitan dengan keunggulan atau keunikan dari produk dan/atau jasa tersebut. Seperti yang Sahabat ketahui, saat ini persaingan bisnis semakin ketat, sehingga setiap produk atau jasa yang dipasarkan harus memiliki daya tarik lebih dan menarik hati konsumen. Selain itu, dengan menentukan keunikan produk atau jasa usaha, para konsumen akan lebih mengingat produk Sahabat dibanding dengan produk brand lain yang serupa.

  5. Buat strategi promosi yang tepat

    Cara memulai bisnis dari nol yang ini harus Sahabat pikirkan matang-matang dan tepat sasaran. Membuat strategi promosi yang tepat untuk usaha merupakan hal wajib. Tujuannya untuk memperkenalkan produk usaha ke calon konsumen. 

    Semakin tepat promosi yang Sahabat lakukan, semakin banyak orang yang mengetahui produk di usaha Sahabat. Apalagi zaman semakin canggih dan mudah dalam mempromosikan apapun. Itu menjadi nilai plus yang bisa Sahabat manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis tersebut. 

Seperti yang sudah disebutkan ya Sahabat, cara memulai bisnis dari nol memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, bukan berarti Sahabat tidak bisa merintisnya, karena sekarang ada banyak kemudahan yang bisa Sahabat manfaatkan agar bisnis yang dijalani semakin berkembang.

Salah satu fasilitas yang sangat memudahkan para pengusaha pemula adalah Kredit Multiguna. Melalui fasilitas ini, Sahabat bisa mendapatkan modal usaha dengan cara yang cepat. Apalagi jika Sahabat mengajukan pinjaman dananya melalui aplikasi Adiraku. 

Adiraku merupakan aplikasi pinjaman uang cepat cair yang menyediakan berbagai layanan atau fitur pembiayaan dana dengan lebih mudah, karena Sahabat bisa bertransaksi hanya menggunakan HP lho. 

Sederhananya, aplikasi Adiraku hadir sebagai solusi bagi konsumen yang membutuhkan pinjaman uang cepat cair untuk berbagai keperluan, mulai dari biaya pernikahan, renovasi rumah, kesehatan, pendidikan, sunatan, dan berbagai kebutuhan lainnya. 

Tak hanya itu, aplikasi Adiraku juga menghadirkan berbagai layanan lain yang menguntungkan, di antaranya layanan kredit mobil baru atau bekas, kredit motor baru atau bekas, kredit elektronik dan furnitur, serta pembiayaan syariah Umrah. 

Dengan begitu, Sahabat cukup menggunakan handphone saat mengajukan pinjaman modal usaha. Praktis, kan? Yuk, langsung install aplikasi Adiraku di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN