Home / Berita Terbaru

Jurusan-Jurusan Kuliah dengan Prospek Karirnya

Jurusan-Jurusan Kuliah dengan Prospek Karirnya

20 April 2022 | Penulis : Adira Finance

Ada banyak jurusan-jurusan kuliah di berbagai universitas di Indonesia. Setiap tahunnya pasti akan ada calon mahasiswa baru yang akan menghadapi dilema di antara jurusan-jurusan kuliah tersebut.

Beberapa di antaranya mungkin mudah menentukan jurusan kuliah karena sudah diarahkan oleh keluarga atau memang sudah menyadari minat dan bakatnya sejak dini. Tapi banyak juga dari mereka yang masih mempertimbangkan banyak hal saat menentukan pilihan di antara jurusan-jurusan kuliah, seperti; prospek karir, lokasi kampus, hingga biayanya.

Wajar jika tidak mudah menentukan satu fokus di antara jurusan-jurusan kuliah. Pendidikan sarjana memang memiliki biaya, periode pendidikan serta pembelajaran yang berbeda-beda. Untuk membantu Sahabat dalam menentukannya, mari simak penjelasan mengenai jurusan-jurusan kuliah berikut:

Jurusan-Jurusan Kuliah Favorit di Indonesia

  • Kedokteran

    Sudah dari jaman dahulu, program studi kedokteran banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Dari sekian generasi di Indonesia pasti tidak asing dengan jurusan kuliah ini. Mahasiswanya akan belajar ilmu medis mulai dari anatomi tubuh manusia, jenis-jenis penyakit hingga pengobatannya. Biasanya mereka yang ada pada jurusan IPA yang bisa masuk ke program studi kedokteran. Butuh waktu sekitar 6 tahun untuk bisa berprofesi sebagai dokter dengan tambahan beberapa tahun jika Sahabat melanjutkannya ke ilmu spesialisasi.

  • Psikologi

    Ilmu psikologi adalah salah satu dari sekian jurusan-jurusan kuliah yang masih jadi favorit calon mahasiswa baru hingga saat ini. Dalam proses belajarnya, kurang lebih Sahabat akan mempelajari tingkah laku manusia lengkap dengan kemungkinan gangguan dari kesehatan mental yang bisa saja dialami kita sebagai manusia. Lulusan dari jurusan ini selalu dibutuhkan dalam setiap jenis bidang industri sebagai Human Resources. Untuk bagian profesionalnya tentu menjadi seorang Psikolog atau Psikiater.

  • Ilmu Hukum

    Jurusan lain yang juga sering dipilih calon mahasiswa baru dari banyaknya pilihan jurusan-jurusan kuliah adalah ilmu hukum. Dalam perjalanan studinya, Sahabat akan mempelajari teori hukum sampai kepada prakteknya. Selain itu mempelajari juga bagaimana teori hukum diterapkan dalam undang-undang di dalam negeri maupun di luar negeri. Lulusannya bisa menjadi seorang pengacara, hakim, jaksa atau biasanya juga menjadi seorang notaris. Sama seperti psikologi, lulusan dari ilmu hukum banyak dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan karena pada dasarnya ilmu ini akan terus mengikuti perkembangan dunia yang dinamis.

  • Ilmu Komunikasi

    Jurusan ini adalah salah satu dari sekian jurusan-jurusan kuliah yang banyak diminati. Sebab, prospek karir dari ilmu Komunikasi bisa mencakup banyak profesi. Seperti; Public Relations, Jurnalis, Broadcaster atau di bidang periklanan. Para mahasiswa di ilmu Komunikasi akan mempelajari cara komunikasi atau penyampaian pesan yang efektif dan tepat sasaran melalui berbagai jenis media mengikuti perkembangannya hingga saat ini.

  • Teknologi Informasi

    Ini adalah salah satu dari jurusan-jurusan kuliah yang cukup banyak dicari lulusannya beberapa tahun belakangan ini. Dari jurusan ini membuka banyak jenis profesi dan dibutuhkan oleh banyak bidang pekerjaan. Biasanya mereka akan menjadi programmer, tim IT, atau pengembangan keamanan siber dan perangkat lunak. Teknologi informasi adalah salah satu dari jurusan-jurusan kuliah yang banyak dituju karena prospek karirnya yang cukup menjanjikan banyak dibutuhkan.

  • Ilmu Ekonomi

    Selain komunikasi, ilmu ekonomi juga jadi salah satu dari banyak jurusan-jurusan kuliah yang banyak dituju. Biasanya calon mahasiswa baru banyak meminati program studi manajemen atau akuntansi.

    Mulai dari program studi manajemen, Sahabat akan mempelajari bagaimana pengelolaan perusahaan atau organisasi dan bagaimana seluruh prosesnya untuk mencapai tujuan atau target yang ditentukan dan diukur sebelumnya. Untuk akuntasi, Sahabat akan belajar bagaimana mempraktekkan dan menjalankan fungsi bisnis yang berdasarkan prinsip akuntansi. Semua jenis bisnis akan membutuhkan tenaga dari lulusan kedua program studi ini sehingga tentu peluang karirnya banyak terbuka di banyak lini industri dan perusahaan

  • Desain grafis

    Selain ilmu komputer, ilmu desain grafis juga jadi salah satu jurusan yang banyak diminati beberapa tahun belakangan dari pilihan jurusan-jurusan kuliah lainnya. Banyak industri yang memaksimalkan promosi dan banyak kebutuhan mereka dengan media visual. Sehingga wajar profesi desainer grafis banyak lowongannya di banyak perusahaan. Tapi banyak juga lulusannya yang tidak terikat kontrak hanya dengan satu perusahaan atau freelance, sehingga bekerja di banyak jenis industri yang membutuhkan jasa mereka

  • Ilmu Teknik

    Jurusan teknik juga satu dari berbagai jurusan-jurusan kuliah yang banyak diminati. Ada banyak fokus studi pada jurusan teknik, mulai dari industri, sipil, elektro sampai robotik. Pada dasarnya mereka yang belajar ilmu teknik berproses mulai dari perancangan, pemasangan atau pembuatan hingga mengevaluasi teknologi atau infrastruktur yang mereka ciptakan untuk memudahkan banyak aktivitas dalam keseharian manusia. Profesi ini penting dan eksklusif karena biasanya akan membutuhkan lulusan yang spesifik mempelajari ilmunya dengan tepat.

Jenis-Jenis Biaya Perkuliahan

Setelah mantap menentukan fokus di antara jurusan-jurusan kuliah yang ada, tugas selanjutnya adalah menyiapkan biaya untuk beragam jenis biaya yang dibutuhkan dalam pendidikan universitas.

Tidak membedakan universitas negeri atau swasta, biasanya beberapa jenis biaya-biaya ini muncul di tiap jurusan-jurusan kuliah. Jumlah biaya akan berbeda biasanya jika ada jalur prestasi atau beasiswa untuk beberapa orang.

Agar lebih siap, mari mempelajari jenis-jenis biaya kuliah berikut untuk mempersiapkannya:

  • Uang pangkal

    Biasanya untuk biaya jenis ini menggunakan istilah uang gedung. Biasanya akan dibayar sekali ketika calon mahasiswa baru diterima di univeristas tersebut. Beberapa universitas meringankan dengan memberikan metode cicil yang bisa dilakukan tiap semesternya. Besarannya pun beragam mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah, bergantung jurusannya.

  • Biaya pra kuliah

    Selain uang gedung tadi, ada juga biaya lain-lain untuk berbagai kebutuhan; misalnya administrasi, jaket almamater atau biaya untuk kegiatan pengenalan akademik dan universitas.

  • Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)

    Biaya ini biasanyan dibutuhkan tiap awal semester. Biasanya besaran tiap mahasiswanya sama namun berbeda pada tiap jurusan-jurusan kuliah.

  • Satuan Kredit Semester (SKS)

    Selain SPP, di tiap semester mahasiswa perlu membayarkan SKS. Setiap mata kuliah umumnya memiliki 2-4 SKS. Besaran tiap SKS tiap jurusan-jurusan kuliah juga beda. Namun jumlahnya tergantung dari jumlah mata kuliah yang diambil tiap mahasiswa. Biasanya maksimal pengambilan SKS dalam satu semester sebanyak 24 SKS.

  • Biaya praktikum dan alat

    Beberapa jurusan-jurusan kuliah butuh biaya tambahan saat proses pembelajaran memasuki fase praktek. Biaya ini bergantung dari kebijakan tiap jurusan dan universitasnya. Namun jenis biaya ini biasanya tidak dibutuhkan di tiap semester.

Untuk mempermudah Sahabat dalam menyiapkan biaya perkuliahan setelah menentukan pilihan dari banyak jurusan-jurusan kuliah, Kredit Multiguna di Adira Finance bisa jadi salah satu opsi untuk mengatur keuangan dengan lebih baik dan tidak menghambat proses perkuliahan di kemudian hari. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga transaksinya sudah pasti aman. 

Selain itu, fasilitas kredit multiguna juga memberikan berbagai keuntungan menarik bagi Sahabat, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat
  • Bunga dan angsuran lebih ringan
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas
  • Layanan yang bersahabat di raturan kantor cabang atau perwakilan, merchant, toko, contact center, dan media digital
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan (Swasta/PNS), wiraswasta, profesional, atau kelembagaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran 
  • Bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti cashback atau tambahan poin

Cukup dengan jaminan BPKB motor atau mobil, Sahabat bisa mendapatkan pinjaman untuk segala jenis kebutuhan. Sahabat bisa ajukan kredit multiguna di sini

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN