Home / Berita Terbaru

Ketahui Apa Itu Mobil LCGC dan Berbagai Keunggulannya

Ketahui Apa Itu Mobil LCGC dan Berbagai Keunggulannya

24 Mei 2022 | Penulis : Adira Finance

Pernah mendengar istilah mobil LCGC? Apa yang dimaksud dengan mobil LCGC? Nah, mobil LCGC adalah singkatan untuk Low Cost Green Car, sebuah program dari pemerintah yang mengatur tentang kendaraan harga ekonomis serta ramah lingkungan. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kendaraan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, serta bermesin ramah lingkungan.

Harganya yang terjangkau membuat mobil LCGC menyasar kepada pemilik mobil pertama. Sasarannya juga ditujukan kepada masyarakat yang beralih dari sepeda motor. Pilihannya pun beragam, mulai dari yang berkapasitas lima hingga tujuh penumpang. Mobil LCGC umumnya dibanderol pada kisaran harga di bawah Rp200 jutaan. Mobil LCGC juga dirancang dengan spesifikasi dasar yang telah ditentukan pemerintah. 

Secara sekilas, mobil LCGC memang terdengar “basic”, namun, apa saja keunggulan mobil LCGC? 

Keunggulan Mobil LCGC

Mobil LCGC dibuat untuk menekan gas emisi buang. Mobil jenis ini telah menjadi pilihan kalangan masyarakat karena disebut-sebut ramah lingkungan dan tidak terlalu mencemari udara. Di samping itu, mobil jenis ini memiliki beberapa kunggulan bagi para pengendara. Mulai dari durabilitasnya, dimensinya, hingga irit bahan bakar. 

Mobil ini memang diciptakan sebagai kendaraan yang tepat bagi Sahabat, terutama yang baru belajar mengemudikan mobil. Mobil LCGC memang diperuntukkan untuk segmen menengah karena cc-nya cukup kecil. Untuk itu, jangan harap kamu dapat mengemudikan mobil jenis ini dengan kecepatan yang tinggi.

Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan karena membeli mobil ini, antara lain:

  1. Ramah untuk pengemudi pemula

    Keungguan mobil LCGC ini adalah ramah untuk pengemudi pemula. Mobil ini sangat cocok dipilih bagi pemula, baik dari segi harga karena cukup murah dan memiliki variasi tak kalah beragam. Dari segi variasi mobil ini juga tak kalah beragam, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat saja.

  2. Dimensi kendaraan lebih compact

    Keunggulan selanjutnya dari mobil LCGC adalah dimensi kendaraan yang lebih compact. Dengan dimensi yang telah ditentukan tersebut, mobil jenis ini tergolong cukup lincah untuk digunakan sehari-hari, terutama pada kondisi jalanan kota yang umumnya padat dan macet.

  3. Hemat bahan bakar

    Low Cost Green Car atau LCGC merupakan mobil ramah lingkungan, sesuai dengan tujuan utama diciptakannya mobil ini. Oleh karena itu, mobil LCGC dirancang dengan menghabiskan satu liter bahan bakar saja untuk menempuh jarak minimal 20 kilometer. Hal ini sejalan dengan salah satu syarat utama sebuah produk kendaraan masuk ke segmen ramah lingkungan (green car). Dengan begitu, penggunaan komponen bahan bakar harus seefisien mungkin agar tidak terlalu banyak menimbulkan polusi.

  4. Durabilitas

    Mobil LCGC dirancang sedemikian rupa sehingga bisa awet dan teruji kualitasnya. Oleh sebab itu, durabilitas kendaraan LCGC pun akan semakin panjang karena didukung dengan perawatan yang mudah serta ketersedian suku cadang. Apabila Sahabat ingin memiliki kendaraan yang murah meriah dan ramah lingkungan, maka mobil jenis ini bisa menjadi pilihan tepat. LCGC umumnya tidak hanya dijual dengan harga ekonomis, namun juga dilengkapi oleh spesifikasi handal sehingga pengguna akan merasakan manfaat lainnya.

  5. Pajak kendaraan lebih murah

    Penting untuk dicatat, Sahabat akan dikenakan biaya pajak mobil yang jauh lebih murah dari jenis mobil lainnya. Ini terjadi lantaran mobil LCGC termasuk dalam daftar pembebasan PPnBM yang diberlakukan sejak tahun 2021 lalu. 

Tips Memilih Mobil LCGC

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil LCGC. Hal ini penting untuk diperhatikan secara khusus agar tidak menyesal dikemudian hari. Mobil LCGC memiliki banderol terjangkau dan usia pakainya terbilang muda. Model baru mobil jenis ini rata-rata mengaspal sejak tahun 2013 lalu. Maka, perhatikan dulu komponen-komponen mobil yang sesuai untuk kebutuhan Sahabat.

  • Desain body yang optimal

    Tampilan luar mobil LCGC wajib disesuaikan dengan selera pribadi Sahabat. Ada beberapa pilihan mobil LCGC untuk penggemar mobil sporty, begitu juga untuk yang menyukai mobil jenis city car. Termasuk ada juga mobil jenis ini yang memiliki desain minimalis. Semua itu bisa Sahabat sesuaikan baik dengan bujet hingga kebutuhan sehari-hari.

  • Luas kabin

    Dari tampilan luar, pastikan juga Sahabat memperhatikan ruang kabinnya. Pastikan ukuran mobil LCGC yang Sahabat pilih itu sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari kapasitas penumpangnya hingga volume bagasi yang cukup untuk menunjang aktivitas Sahabat sehari-hari.

  • Performa mesin

    Pastikan juga Sahabat memilih mobil LCGC dengan spesifikasi mesin yang tepat. Perhatikan dan bandingkan terlebih dahulu spesifikasi dari kapasitas silinder mesin serta tenaga yang dihasilkan dari beberapa jenis mobil ini. Pasalnya, beberapa merek mobil mungkin memiliki tampilan yang kurang lebih sama, namun jelas berbeda dari segi tenaga yang dihasilkan. Sahabat pun bisa memilih mobil yang memberikan tenaga paling besar dan handling terbaik untuk menunjang aktivitas Sahabat sehari-hari.

  • Fitur

    Beberapa mobil LCGC kini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Di antaranya adalah spion otomatis, power window empat sisi, sepasang airbag, rem ABS plus EDB, hingga headunit touchscreen dengan konektivitas USB dan iPhone. Fitur-fitur menarik ini disertakan dalam satu unit mobil merek tertentu yang mungkin saja tidak memiliki fitur menarik lainnya seperti yang ditawarkan merek lainnya pula.

  • Harga

    Dari spesifikasi mesin hingga fitur-fitur canggih yang ditawarkan, mobil-mobil LCGC umumnya berada di harga yang cukup terjangkau. Sahabat bisa segera membawa pulang satu unit mobil LCGC yang dibanderol dengan harga mulai Rp110 jutaan hingga Rp180 jutaan. 

Jika Sahabat berencana membeli mobil namun dananya belum memadai, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kini Sahabat dapat manfaatkan layanan Kredit Mobil dari Adira Finance. Kredit mobil merupakan cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dicicil. Layanan ini memudahkan siapapun untuk mendapatkan mobil impian dengan lebih cepat dan mudah. Ada skema pembayaran, seperti persentase uang muka (DP) dan cicilan yang sudah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. 

Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan kredit mobil dari Adira Finance sudah pasti aman dan legal. Yang lebih spesial, persyaratan dan prosesnya juga cepat lho. Sebelum Sahabat mengajukan kredit mobil baru murah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

Di Adira Finance sendiri, ketentuan konsumennya terbagi ke dalam beberapa kategori, di antaranya konsumen perorangan karyawan (PNS atau swasta), konsumen perorangan wiraswasta dan profesional, serta konsumen perusahaan atau kelembagaan. Untuk mengetahui ketentuan konsumen Adira Finance, Sahabat bisa klik di sini

Lalu, bagaimana dengan ketentuan lainnya? Sebagian besar ketentuan di Adira Finance tidak akan memberatkan Sahabat, asalkan Sahabat sudah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Beberapa persyaratan tersebut antara lain merupakan WNI, usia minimal 21 tahun saat mengajukan kredit dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas, serta memiliki penghasilan tetap. Sahabat pasti ingin pengajuan kredit mobil baru murah berjalan lancar dan cepat, kan? Oleh karena itu, Sahabat juga harus memperhatikan riwayat pinjaman sebelumnya, agar proses verifikasi berjalan lebih mudah.

Pengajuan kredit mobil di Adira Finance cukup mengagunkan BPKB kendaraan bermotor (motor atau mobil) yang dimiliki sebagai jaminan. Selain itu, ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi, seperti KTP, kartu keluarga, NPWP, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui persyaratan lengkap, bisa klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN