Kok Bisa! Sigra Lewati Popularitas Xenia, Ini Kata DaihatsuKok Bisa! Sigra Lewati Popularitas Xenia, Ini Kata Daihatsu
Kok Bisa! Sigra Lewati Popularitas Xenia, Ini Kata DaihatsuKok Bisa! Sigra Lewati Popularitas Xenia, Ini Kata Daihatsu
JAKARTA – Setelah setahun lamanya beredar di pasar Indonesia, Daihatsu Sigra akhirnya berhasil menjadi produk terlaris dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengalahkan Xenia yang selama ini berjaya. Hal ini ditunjukkan oleh data Gaikindo dari Januari sampai Agustus 2017.
Menurut data wholesales Gaikindo sampai Agustus, Sigra berhasil mengungguli Xenia dengan angka penjualan 28.293 unit berbanding 24.969 unit. Menurut pihak ADM, Sigra saat ini berkontribusi sebanyak 26 persen dari keseluruhan merek Daihatsu.
Meski Xenia tergeser dari tahtanya, ADM menegaskan bahwa penjualan Xenia saat ini masih terbilang stabil.
“Jadi kalau kita lihat memang Sigra ini sekarang memberikan kontribusi lebih besar dari komposisi Daihatsu ya, jadi sekitar 26 persen itu dikontribusi oleh Sigra, sementara Xenia hanya 20 persen,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head Astra International- Daihatsu Sales Operation, Sabtu (23/9).
“Tapi itu secara komposisi, memang Sigra lebih dominan, tetapi kan sebenarnya kalau dari sisi volume sendiri Xenia masih cukup stabil penjualannya. Itu karena Sigra secara volume lebih tinggi jadi kan kontribusinya lebih tinggi.”
Menurut Hendrayadi, Xenia saat ini penjualannya masih cukup stabil di antara 2.500 sampai 3.000 unit setiap bulan.
Salah satu faktor yang menjadi penyebab adalah Sigra memiliki harga lebih terjangkau dan masih dalam euforia model baru karena baru meluncur Agustus 2016. Sementara Xenia sejak 2004 belum berganti generasi, terakhir mengalami facelift pada 2015.