Home / Berita Terbaru

Komponen Kaki-kaki Mobil dan Cara Merawatnya Agar Tetap Prima

15 Februari 2023 | Penulis : Adira Finance

Kaki-kaki mobil merupakan komponen penting yang memiliki beberapa bagian. Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda namun tetap saling berkaitan satu sama lain demi menghasilkan performa yang optimal dalam berkendara.

Agar performa mobil tetap prima, Sahabat juga perlu memperhatikan setiap komponen kaki-kaki mobil ini. Sebab, peran kaki-kaki mobil sama pentingnya dengan komponen mesin serta kelengkapan lainnya. 

Lantas, apa saja komponen kaki-kaki mobil dan bagaimana cara merawatnya agar tetap prima? Sahabat, yuk, simak dahulu beberapa komponen kaki-kaki mobil dalam artikel ini.

Komponen Kaki-kaki Mobil dan Cara-cara Merawatnya

Kaki-kaki mobil merupakan istilah yang mengacu pada rangkaian komponen undercarriage atau bagian bawah kendaraan terutama yang berhubungan dengan roda. Beberapa komponen di antaranya meliputi shockbreaker, rack steer, tie road, ball joint, laher roda, dan sebagainya. Mari kita bahas satu per satu termasuk cara-cara merawatnya agar performa mobil Sahabat tetap prima.

  • Shockbreaker

    Shockbreaker merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang cukup mudah untuk ditemukan di setiap mobil. Sahabat dapat mengecek langsung bagian ini untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada pelumasnya atau tidak. Jika terlihat ada rembesan oli atau kebocoran, Sahabat perlu segera melakukan perbaikan.

    Performa shockbreaker dapat dites dengan cara mengayunkan roda. Jika kondisinya baik, komponen ini minim ayunan, misalnya hanya sekali gerakan naik-turun. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka kondisinya sudah lemah. Pengetesan ini umumnya bisa dilakukan di bengkel.

  • Support shockbreaker

    Komponen support shockbreaker juga termasuk bagian penting pada kaki-kaki mobil. Fungsi komponen ini adalah bantalan bagi shockbreaker di bodi mobil. Karena itu, komponen ini juga perlu diperiksa di area kap mesin. 

    Saat diperiksa, jika karet support shockbreaker-nya suda getas atau retak-retak, berarti segeralah diganti. Cara lain mengeceknya adalah dengan memutar setir ke kanan-kiri. Komponen yang sudah rusak akan mengeluarkan bunyi karena kondisi laher di dalamnya aus.

  • Laher roda

    Bagian kaki-kaki mobil selanjutnya adalahh laher roda, yang pengecekannya cukup sulit dilakukan karena posisinya tertutup komponen-komponen lain. Tetapi Sahabat dapat mengeceknya berdasarkan fungsinya, yaitu dengan mendongkrak roda yang akan diperiksa.

    Jika roda sudah terangkat, cobalalh untuk memutarnya ke arah belakang, bersamaan dengan memegang shockbreaker di belakangnya. Laher roda yang rusak bisa terdeteksi dari getaran kasar pada shockbreaker saat roda diputar.

  • Tie rod, rack end, dan rack steering

    Ketiga komponen kaki-kaki mobil ini berada dalam satu rangkaian. Ketiga komponen ini berperan penting pada pengendalian mobil karena terhubung langsung dengan lingkar setir di dalam kabin, Sahabat. Jadi, kondisi ketiganya akan menentukan kestabilan saat berkendara.

    Untuk mengecek komponen kaki-kaki mobil ini, Sahabat bisa melakukannya dengan mendongkrak roda depan lalu menggoyangkan roda-roda depan ke kanan-kiri. Gejala kerusakannya umumnya ditandai dengan kondisi ‘oblak’ atau ditemukan benjolan pada rack steering yang posisinya berada di balik karet boot.

  • Ball joint

    Komponen kaki-kaki mobil berikutnya adalah ball joint yang posisinya dapat ditemukan di bawah tie rod. Komponen kaki-kaki mobil ini menghubungkan roda ke sasis mobil atau lower arm. Sesuai namanya, ball joint memiliki bentuk bola tetapi tidak akan terlihat dari luar karena tertutup karet pelindungnya.

    Untuk memeriksa kondisinya, perhatikan karet penutupnya. Ball joint ini bisa saja kotor jika karet pelindungnya mengalami robek yang menyebabkan olinya keluar. Periksa jua fungsinya dengan cara menggerakkan roda menggunakan tangan, mirip ketika mengecek tie rod. Bedanya, pengecekan dilakukan dengan menggerakkan roda ke atas dan bawah. Agar lebih akurat, usahakan untuk mendongkrak mobil terlebih dahulu di bagian lower arm-nya.

  • Stabilizer dan link stabilizer

    Wujud komponen link stabilizer adalah besi yang berdiri secara vertikal yang bagian atasnya menempel dengan shockbreaker. Sedangkan stabilizer adalah besi yang menempel pada bagian bawah link stabilizer dengan posisi horizontal.

    Stabilizer dapat dicek dengan memberinya pukulan halus menggunakan tangan. Jika terasa ada oblak, maka Sahabat perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi ini biasanya terjadi karena karet bushing sudah mengalami cacat. Kerusakan karet bushing adalah salah satu sumber bunyi berisik pada kaki-kaki mobil.

    Sementara pengecekan terhadap link stabilizer dapat dilakukannya dengan menggoyangkannya langsung menggunakan tangan.

  • Lower arm

    Pada dasarnya, lower arm merupakan komponen kaki-kaki mobil berbahan metal yang cukup kuat. Lower arm memiliki dua buah karet bushing di depan dan belakangnya. Nah, karet-karet inilah yang kerap mengalami penurun kondisi seiring usia pemakaian.

    Kondisinya dapat diketahui dengan pengecekan visual. Sahabat pun bisa menggoyang-goyangkan sambungan bushing dengan bantuan besi pengungkit. Jika karet-karet bushing sudah rusak, sebaiknya segera lakukan penggantian. Pada beberapa tipe mobil, karet bushing hanya dijual satu paket dengan lower arm-nya, dan tentunya akan membuat biaya penggantian lebih mahal. Sedangkan pengecekan baian kaki-kaki mobil lower arm ini akan lebih mudah jika mobil berada di atas car lift.

  • Bushing trailing arm

    Komponen kaki-kaki mobil yang tela disebutkan sebelumnya semua terpusat pada roda depan. Tetapi bagaimana dengan roda belakang?

    Pada roda belakang, pengecekan laher juga dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan roda depan. Tetapi, roda belakang juga memiliki komponen trailing arm yang berfungsi seperti halnya lower arm—menghubungkan roda ke sasis mobil. Trailing arm ini memiliki karet-karet bushing yang perlu dicek juga, Sahabat. Caranya mirip dengan pengecekan ball joint, yaitu menggerakkan roda ke arah atas dan ke bawah.

    Jika karetnya sudah rusak maka komponen kaki-kaki mobil ini akan terasa oblak. Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan langsung pada lokasi bushing tersebut menggunakan besi pengungkit.

Sahabat, itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai kaki-kaki mobil. Ada banyak hal yang perlu Sahabat perhatikan pada setiap komponen-komponen kaki-kaki mobil tersebut demi kenyamanan berkendara dan menjaga performa mobil tetap prima. 

Nah, jika berencana membeli mobil listrik namun dana belum mencukupi, Sahabat tidak perlu khawatir. Sebab, Sahabat dapat memanfaatkan layanan Kredit Mobil dari Adira Finance. Kredit mobil merupakan cara membeli mobil baru atau bekas dengan metode pembayaran yang dicicil. 

Layanan ini memudahkan siapapun untuk mendapatkan mobil impian dengan lebih cepat dan mudah. Ada skema pembayaran, seperti persentase uang muka (DP) dan cicilan yang sudah ditentukan sesuai dengan tenor atau periode pembayaran yang dipilih. Sahabat tidak perlu khawatir karena layanan kredit mobil dari Adira Finance sudah pasti aman dan terpercaya. Yang lebih spesial, persyaratan dan prosesnya juga cepat. Sebelum Sahabat mengajukan kredit mobil, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Ketentuan konsumen di Adira Finance sendiri terbagi ke dalam beberapa kategori, di antaranya konsumen perorangan karyawan (PNS atau swasta), konsumen perorangan wiraswasta dan profesional, serta konsumen perusahaan atau kelembagaan. Untuk mengetahui ketentuan konsumen Adira Finance, Sahabat bisa klik di sini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN