Home / Berita Terbaru

Layar HP Retak? Ini 7 Cara Mudah dan Murah Mengatasinya

Layar HP Retak? Ini 7 Cara Mudah dan Murah Mengatasinya

02 September 2022 | Penulis : Adira Finance

Layar HP retak adalah sebuah kendala yang sangat mungkin dialami oleh setiap pengguna HP. Apalagi layar adalah bagian dari HP yang paling sering disentuh oleh penggunanya. Oleh karenanya risiko kerusakan mungkin terjadi mulai dari respon layar yang berkurang atau malah mati total.

Lebih menghambat lagi jika layar HP retak. Karena insiden ini, mungkin layar HP akan tidak merespon dengan baik instruksi penggunanya, lampunya yang mungkin tidak berfungsi, dan lain sebagainya.

Meski fungsi layarnya masih baik, namun tentu rasanya risih melihat kondisi layar yang retak saat menggunakan HP. Baik layar HP retak di pinggir atau tengah rasanya mengganggu estetika tampilan aplikasi HP di layar.

Layar HP retak ini sering kali terjadi karena jatuh, mendapatkan tekanan di kantong atau di tas, atau terbentur benda lain. Jika sudah begini tentu Sahabat akan panik dan mencoba mencari solusi memperbaiki layar HP retak ini. 

Jika Sahabat masih merasa sayang untuk mengganti HP lama dengan HP yang baru, beberapa cara berikut bisa diikuti untuk mengatasi layar HP retak untuk beberapa waktu. Cara-cara yang akan dijelaskan ini bisa Sahabat lakukan mandiri di rumah dengan alat dan bahan sederhana. Namun jika dirasa kurang yakin, tetap bawa layar HP Retak ini ke ahli untuk mendapatkan solusi dari kerusakannya ya.

Cara Mengatasi Layar HP Retak

Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan untuk mengatasi layar HP retak. Berikut beberapa caranya:

Mengatasi Layar HP Retak dengan USB OTG

Layar HP retak sering kali akan berdampak pada performa touchscreen yang berkurang. Bisa jadi sensitivitasnya berkurang sehingga sulit untuk melakukan navigasi di dalam aplikasi atau menu. 

Sahabat bisa mengakalinya dengan fitur USB OTG. Dengan fitur ini Sahabat bisa menavigasikan aplikasi di dalam HP tanpa menyentuh layarnya. Caranya seperti ini:

  • Sambungkan kabel USB OTG
  • Pasang mouse wireless ke adaptor USB OTG
  • Pastikan mouse wireless terhubung ke perangkat
  • Jika sudah terhubung, gunakan pointer untuk menavigasikan HP

Mengatasi Layar HP Retak dengan Pasta Gigi

Cara alternatif memperbaiki layar HP retak ini bisa dicoba di rumah secara mandiri. Untuk mencobanya, Sahabat bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan layar HP dengan tisu atau kain lap khusus untuk gadget
  • Oleskan pasta gigi secukupnya di permukaan layar HP yang retak
  • Gosok perlahan layar HP dengan sikat gigi yang sikatnya lembut
  • Bersihkan sisa pasta gigi di layar HP dengan tisu kering

Mengatasi Layar HP Retak dengan Lem

Memperbaiki suatu benda yang retak tentu umumnya dengan menggunakan lem. Untuk melengkapi alternatif cara memperbaiki layar HP yang retak, selain lem Sahabat juga memerlukan tisu kering, lem besi, tisu basah, plastik bening dan penggaris. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bersihkan permukaan layar HP retak dengan tisu basah yang kemudian dikeringkan dengan tisu kering
  • Oleskan seluruh permukaan layar HP retak
  • Tempelkan plastik bening yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran layar HP
  • Lepaskan plastik dengan perlahan dan teliti
  • Bersihkan sisa-sisa lem besi dari layar HP retak dengan mengeroknya menggunakan penggaris
  • Bersihkan lagi layar HP retak dengan tisu basah dan keringkan dengan tisu kering

Mengatasi Layar HP Retak dengan Memasang Tempered Glass

Mengatasi layar HP retak yang kondisinya tidak parah dan keretakannya masih halus, bisa diatasi dengan memasang tempered glass. Jika harus mengganti layar HP dengan yang baru, tentu alternatif memasang tempered glass akan jauh lebih murah biayanya. 

Sebaiknya gunakan tempered glass ini sejak awal pemakaian HP sehingga layar gadget terlindungi dan tercegah dari keretakan atau kerusakan lainnya.

Mengatasi layar HP Retak dengan Selotip

Sahabat bisa mengatasi layar HP Retak dengan menggunakan selotip. Tutupi layar yang retak dengan menggunakan selotip sehingga layar akan terasa lebih mulus dan retakan akan tetap rekat. Selain itu, jari tangan akan lebih nyaman untuk menavigasikan aplikasi jika layar terasa lebih licin.

Mengatasi Layar HP dengan Mengganti Sendiri

Sebenarnya ada layar HP yang bisa dijual bebas di toko atau e-commerce. Bahkan dilengkapi dengan alat pelengkap untuk memasangnya. Apalagi, sudah banyak tutorial yang bisa diikuti di social media jika Sahabat ingin mencoba mengganti layar HP sendiri. Tapi, lakukan dengan benar-benar teliti dan butuh ekstra hati-hati dalam melakukannya.

Mengatasi Layar HP Retak dengan Membawa ke Tempat Service

Jika semua cara di atas kurang membantu kondisi layar HP retak, Sahabat tentu perlu membawanya ke tempat service untuk mendapatkan penanganan yang terbaik. Diskusikan dan pahami solusi yang ditawarkan untuk memperbaiki layar HP retak. 

Jika layar HP retak terjadi di saat-saat yang tidak tepat dan anggaran sudah padat tentu hal ini bisa menghambat produktivitas. Apalagi semua urusan pekerjaan hingga keluarga tentu terpusat pada HP. Jika kondisi ini sampai terjadi, Sahabat bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan kredit elektronik, furnitur, dan gadget dari Adira Finance. 

Kredit elektronik, furnitur, dan gadget merupakan jasa pembiayaan produk-produk elektronik, seperti HP, televisi, kulkas, komputer, mesin cuci, serta furnitur seperti lemari, spring bed, alat olahraga, dan berbagai barang lainnya yang diperlukan konsumen. 

Adira Finance menawarkan kemudahan bagi Sahabat untuk memiliki handphone, produk elektronik, serta furnitur secara kredit dengan proses cepat, mudah, dan aman. Sahabat tidak perlu khawatir karena Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang tak kalah spesial, Sahabat bisa mendapatkan berbagai keuntungan menarik saat mengajukan Kredit elektronik, furnitur, dan gadget di Adira Finance, di antaranya:

  • Persyaratan dokumen mudah
  • Proses cepat
  • Bunga dan angsuran lebih ringan
  • Jaringan pembayaran angsuran yang luas
  • Layanan yang bersahabat di raturan kantor cabang atau perwakilan, merchant, toko, contact center, dan media digital
  • Terbuka bagi konsumen dengan profesi karyawan (Swasta atau PNS), wiraswasta, profesional, atau kelembagaan
  • Kemudahan pembayaran angsuran melalui berbagai platform, seperti kantor cabang, aplikasi Adiraku, transfer ke virtual account, aplikasi LinkAja, jaringan Bank Danamon, Indomaret atau Alfamart, serta kantor pos
  • Bisa mendapatkan berbagai promo menarik, seperti cashback atau tambahan poin

Cukup mudah kan untuk mengajukan dengan fasilitas dari Adiran Finance? Yuk, langsung ajukan kredit HP pilihan Sahabat di halman ini.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920
+62139733232/322

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN