Home / Berita Terbaru

Mangadu Toyota Avanza dan Wuling Confero di Atas KertasMangadu Toyota Avanza dan Wuling Confero di Atas Kertas

Mangadu Toyota Avanza dan Wuling Confero di Atas KertasMangadu Toyota Avanza dan Wuling Confero di Atas Kertas

13 November 2017 | Penulis : Adira Finance

JAKARTA – Wuling Motors telah sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia soal pilihan mobil di segmen Low MPV melalui Confero. Porsi ‘kue’ penjualan Toyota Avanza yang konsisten menjadi pemimpin pasar pun mulai tergerus oleh Confero, meski sedikit.

Sebenarnya Wuling datang berbarengan dengan Mitsubishi Xpander yang juga bermain di segmen Low MPV, namun pemain baru dari China tersebut memiliki daya tarik lebih dalam hal harga yang jauh di bawah pasaran Low MPV selama ini.

Confero juga mengandalkan berbagai keunggulan lain untuk berhadapan dengan Avanza sebagai penguasa. Dengan semua yang disajikan Wuling, mampukah Confero akhirnya mengganggu Avanza di posisinya sebagai produk terlaris?

Harga

PT Toyota Astra Motor (TAM) saat ini memasarkan Avanza dengan rentang harga Rp 190,450 juta sampai Rp 220,6 juta OTR. Harga tersebut di luar varian Veloz yang menjadi varian mewah dari Avanza di Indonesia.

Sementara Wuling merilis Confero pada Agustus lalu dengan rentang harga Rp 128,8 juta sampai Rp 162,9 juta OTR. Jauhnya selisih harga Confero di bawah Avanza bahkan memunculkan potensi Wuling mencuri pula pasar di segmen LCGC yang saat ini sudah ada produk dengan harga sampai Rp 150 juta.

Mesin dan Transmisi

Avanza menyediakan varian 1.300 cc dan 1.500 cc untuk mesin, sementara Confero saat ini hanya memiliki mesin 1.500 cc. Untuk mesin 1.500 cc milik Avanza menyimpan tenaga 102 hp dan torsi 136 Nm, sedangkan mesin Wuling unggul tipis dengan tenaga 107 hp dan torsi 142 Nm.

Perihal transmisi, Wuling yang hanya memiliki jenis manual 5-speed harus akui keunggulan Toyota dengan opsi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Baik Avanza dan Confero sama-sama mengadopsi jenis penggerak roda belakang.

Dimensi

Melihat data angka yang dimiliki Confero, tidak heran Wuling mengangkat tema kelegaan ruang kabin dalam memasarkan Confero. Panjang keseluruhan Confero adalah 4.493 mm, dengan lebar 1.691 mm, tinggi 1.730 mm dan wheelbase 2.720 mm, serta ground clearance 205 mm.

Sementara Avanza mengandalkan panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.655 mm. soal ground clearance, Avanza memiliki tinggi 200 mm.

Fitur Eksterior

Pada fascia depan Avanza dan Confero masih sama-sama menggunakan lampu utama jenis halogen dengan pancaran cahaya berwarna kuning. Namun Confero sudah menggunakan lampu jenis proyektor dengan fitur Follow Me Home, sedangkan Avanza tidak punya.

Kelebihan lampu utama Confero (varian C dan L) lainnya adalah adanya fitur pengaturan sudut pencahayaan dengan tiga tingkat pilihan. Sama-sama dilengkapi fog lamp, Confero kembali unggul karena disertai LED DRL.

Sementara spion juga sudah saling dilengkapi lampu sein, Wuling lebih lengkap dengan memasang roof rack, sesuatu yang tidak pernah dimiliki oleh Avanza.

Avanza varian G menggunakan velg berdiameter 14 inci, sedangkan Confero varian C dan L punya velg 15 inci di mana pada masing-masing roda sudah mengandalkan rem cakram. Kembali Confero unggul di sektor ini.

Fitur Interior

Untuk kabin Avanza, Toyota masih mengandalkan balutan kain pada seluruh joknya yang bisa memuat sebanyak tujuh orang. Dashboard menampilkan warna two tone berbahan plastik, dengan tambahan aksen warna perak.

Sistem infotainment menggunakan layar sentuh 6,1 inci dengan fungsi DVD, CD, radio, USB, AUX, Bluetooth dan koneksi iPod. Sementara di panel instrumen menampilkan lampu indikator Eco driving.

Wuling membuat kabin Confero lebih ‘wah’, meski sama-sama mengusung warna two-tone, Confero menggunakan paduan bahan plastik, balutan bahan kulit, dan kain. Sementara pada konsol tengah mendapat sentuhan aksen Piano Black.

Sistem infotainment memiliki layar lebih besar yakni 8 inci dengan tambahan fitur koneksi HDMI untuk gadget. Wuling membuat interior Confero lebih mewah dengan memasang jam analog di tengah dashboard, sementara MID di panel insterumen memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Wuling juga lebih memanjakan penumpang dengan pilihan konfigurasi jok standar dan captain seat, juga penumpang lebih lega di kabin Confero. Penumpang di jok baris kedua dan ketiga mendapat USB port untuk mengisi ulang baterai gadget selama perjalanan.

Fitur Keselamatan dan Lain-Lain

Kelengkapan fitur keselamatan pada Avanza terdapat dual SRS Airbag di depan, ABS, side impact beam dan ISOFIX. Anak kunci Avanza pun sudah termasuk fitur Immobilizer. Sensor parkir Avanza terdapat di bumper belakang dengan jumlah 2 sensor.

Confero memiliki kelengkapan fitur keselamatan seperti dual SRS Airbag di depan, ABS, EBD, kunci dengan Immobilizer dan Anti Theft System. Sensor parkir terdapat dua di bumper depan dan empat di bumper belakang, didukung dengan kamera parkir.

Fitur tambahan lain pada Confero adalah kemampuan membuka jendela dan bagasi via remote kunci. Jendela juga disematkan Anti Pinch Window yang akan membatalkan kaca jendela tertutup saat ada obyek seperti tangan masih di area jendela, sehingga tidak terjepit.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN