Home / Berita Terbaru

Mau Lebih Hemat? Kredit Motor Bekas Aja

Mau Lebih Hemat? Kredit Motor Bekas Aja

01 Desember 2020 | Penulis : Adira Finance

Sepeda motor masih menjadi primadona bagi banyak kalangan. Kegesitan dan harganya yang jauh lebih ekonomis dibanding jenis transportasi pribadi lainnya menjadikan sepeda motor memiliki nilai tersendiri di hati masyarakat. Maka tak aneh, jika setiap tahunnya, selalu bermunculan variasi baru dari pelbagai merek sepeda motor. Sahabat yang tengah mengidamkan motor, bisa memilikinya dengan harga yang lebih hemat. Caranya dengan kredit motor bekas.

Kredit motor bekas menjadi idaman banyak orang karena biayanya lebih hemat dari motor baru. Meskipun begitu, harga motor baru juga masih jauh lebih murah dibanding mobil. Sahabat sudah terbayang bagaimana hematnya kredit motor bekas.

Karena hal itu pula, permintaan akan kredit motor bekas masih cukup tinggi. Terlebih jika mendekati Hari Raya Idul Fitri, jumlah orang yang mencari fasilitas kredit motor bekas mengalami lonjakan lebih dari 20% secara rata-rata.

Kenaikan yang sama juga terjadi setelah hari raya. Untuk lebih menarik minat konsumen, beberapa lembaga keuangan juga memberikan keringanan cicilan. Pengguna motor di Indonesia memang sangat dimanjakan oleh berbagai fasilitas yang diberikan.

Baik dari nilai uang muka yang harus dibayarkan, kemudahan layanan untuk mendapatkannya hingga perihal status kepemilikan kendaraan lewat kredit motor bekas.

Selain itu, memiliki motor di negeri ini, bekas maupun baru tergolong mudah. Karena jika dilihat dari sisi persyaratan, yang dibutuhkan hanyalah slip gaji, beberapa lampiran data diri dan data pendukung lainnya.

Apalagi proses pembeliannya menggunakan skema kredit motor bekas, ada banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan. Diantaranya adalah

1. Harga jauh lebih murah

Sahabat yang sedang mengidamkan sepeda motor berkualitas dengan harga yang terjangkau bisa menggunakan fasilitas kredit motor bekas. Karena jika dilihat dari sisi harga, motor bekas yang dalam kondisi bagus sekalipun memiliki valuasi yang lebih rendah dibanding motor baru.

Hal itu dikarenakan adanya depresiasi harga yang disebabkan karena pemakaian, usia kendaraan dan lain sebagainya. Apalagi jika ternyata motor yang sahabat inginkan adalah motor yang masih produksi tetapi sudah dikeluarkan pertama kali pada 2 tahun sebelumnya.

Sebagai contoh, harga motor pabrikan jepang yang berjenis skuter, keadaan baru pada tahun ini dijual dengan kisaran harga Rp20 jutaan. Nah untuk harga bekasnya itu dijual seharga Rp 17 jutaan.

Dari situ sudah ada selisih harga yang lumayan untuk sahabat alokasikan ke sektor yang lain. Hanya memang, perlu ketelitian dalam melihat dan menaksir motor bekas yang sahabat inginkan.

Gali informasi lebih dalam tentang bagaimana cara pemakaiannya selama ini, digunakan untuk medan seperti apa, melakukan perawatan di bengkel resmi atau tidak, pajaknya apakah sudah dibayarkan dan lain sebagainya.

Dengan harga yang lebih rendah, Sahabat bisa mendapatkan unit yang kondisinya masih relatif baik. Cari penjual motor bekas yang memiliki informasi jelas tentang bagaimana penggunaan motornya selama ini.

Digunakan untuk apa saja, pernah melakukan service besar atau tidak, periode ganti oli, bahan bakar yang digunakan dan hal detail lainnya yang memengaruhi penggunaan motor yang Sahabat inginkan.

Jangan juga lupa untuk melakukan test ride terlebih dahulu sebelum memutuskan meminang motor. Dengan begitu, Sahabat bisa merasakan bagaimana performa motor tersebut dan apakah layak dengan harga yang ditawarkan.

2. Uang muka yang lebih ringan

JIka sahabat mengajukan kredit motor baru di lembaga pembiayaan, uang mukanya akan mengikuti harga jual motor tersebut. Hal itu menjadikan sahabat harus mempersiapkan dana yang lebih banyak dibandingkan membelinya dengan kredit motor bekas.

Seperti di Adira Finance misalnya, sahabat bisa membayarkan uang muka kendaraan sebesar 15% dari harga jual motor bekas. Jumlah yang lebih rendah bisa didapatkan jika sahabat menggunakan skema pembiayaan syariah, uang mukanya hanya sekitar 10%.

Selain itu, usia kendaraan yang bisa dibiayai maksimal adalah 12 tahun sampai dengan akhir tenor cicilan. Artinya, peluang sahabat untuk berhemat dengan skema pembiayaan seperti ini sangatlah besar.

Sisa dananya bisa sahabat gunakan untuk berbisnis kecil-kecilan atau untuk dibenamkan ke instrumen investasi. Jelasnya, sahabat bisa lebih produktif dengan skema kredit motor bekas.

3. Bunga yang sangat kompetitif

Dalam skema kredit motor bekas, suku bunga yang didapatkan juga sangat kompetitif. Perlu diingat, bahwa untuk menghitung bunga, sahabat harus mengalikannya dengan total utang pokok, atau harga jual dikurangi uang muka.

Karena sahabat membelinya secara bekas, harga jualnyapun juga sudah turun. JIka dikalikan dengan suku bunga yang sama sekalipun, sahabat tetap mendapatkan selisih harga yang lumayan.

Sisa alokasi dananya bisa digunakan untuk tambahan dana tabungan atau untuk membeli aksesoris motor supaya terlihat lebih menarik.

4. Pajak kendaraan yang lebih kecil

Penghematan lainnya yang bisa dilakukan dengan mekanisme kredit motor bekas adalah penghematan pajak. Tarif pajak biasanya mengalami kenaikan setiap tahun. Sahabat yang membeli motor keluaran tahun 2018, nilai pajaknya lebih rendah dibanding motor dengan merek dan spesifikasi yang sama keluaran tahun 2020.

Nah dengan begitu, sahabat bisa kembali menyisihkan alokasi dana yang sudah disiapkan untuk mengembangkan sektor produktif. Untuk modal usaha misalnya, jadi barang dapat usaha juga berjalan.

Jika dua-duanya sudah bisa dikelola dengan baik, sahabat tinggal memetik hasilnya saja. Perlu diingat juga, jika memang dana yang dimiliki cukup, ambil tenor pinjaman sependek mungkin.

Karena dengan begitu, sahabat bisa memikirkan untuk bisa memiliki barang apa lagi selain motor. Mungkin bisa segera membeli mobil dengan gaya hidup dan pola pikir hemat selama ini.

5. Tambah penghasilan

JIka sudah berhasil mendapatkan fasilitas kredit motor bekas, akan lebih baik jika sahabat menggunakannya untuk hal yang produktif. Seperti membuat jasa antar anak sekolah di lingkungan rumah.

Dengan begitu, cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya menjadi semakin ringan. Karena sahabat memiliki penghasilan tambahan diluar gaji. Sambil bekerja, lakukan jasa antar sepertinya bisa dicoba untuk dilakukan. Apalagi jika jalur yang dituju searah dengan jalur yang sahabat ingin tuju.

Sahabat juga bisa menggunakan sepeda motor dari hasil kredit motor bekas tersebut untuk berjualan di area sekitar perumahan. Manfaatkan peluang sebaik mungkin untuk menjadikan motor tersebut memilki nilai tambah.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, memperkuat ketahanan ekonomi keluarga dengan cara mendapatkan penghasilan tambahan adalah langkah baik untuk dilakukan.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN