Home / Berita Terbaru

Mau Pilih Sekolah Internasional? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Mau Pilih Sekolah Internasional? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

10 September 2021 | Penulis : Adira Finance

Berbicara mengenai sekolah internasional, mungkin Sahabat sudah tidak familiar dengan istilah pendidikan tersebut. Di Indonesia, banyak orang yang mengetahui sekolah internasional sebagai sekolah yang memiliki sistem pendidikan, kurikulum, lingkungan, dan proses pengajaran asing atau internasional. 

Pada awalnya, keberadaan sekolah internasional sebenarnya ditujukan bagi warga negara asing yang tinggal di Indonesia, baik dari keluarga diplomat, investor, tenaga ahli, maupun sebagai pekerja pada berbagai bidang usaha, dan badan perkumpulan internasional. 

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak warga Indonesia yang memasukkan anak-anaknya ke sekolah internasional. Hal inilah yang lantas membuat pemerintah menerbitkan Permendikbud nomor 31 tahun 2014. 

Tujuannya untuk menyediakan layanan pendidikan yang tak hanya sesuai dengan sistem pendidikan internasional, tetapi juga sesuai dengan ketentuan perundang-undangan di Indonesia. Dengan diterbitkannya peraturan tersebut, maka status sekolah internasional berubah menjadi Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK). 

Apa itu Sekolah Internasional?

Menurut Permendikbud, sekolah internasional atau Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) adalah satuan pendidikan yang diselenggarakan atau dikelola atas dasar kerjasama antara Lembaga Pendidikan Asing (LPA) yang terakreditasi atau diakui di negaranya dan Lembaga Pendidikan Indonesia (LPI) pada jalur formal atau informal, mulai dari PAUD, pendidikan dasar, hingga menengah. 

Bagi sekolah internasional yang telah mendapat status SPK wajib memasukkan tiga mata pelajaran lokal, di antaranya pendidikan agama, bahasa Indonesia, dan kewarganegaraan. Untuk pendidikan pancasila dan kewarganegaraan diberikan kepada WNI, sementara bahasa Indonesia dan budaya Indonesia diberikan kepada WNA. 

Tiga mata pelajaran tersebut wajib diberikan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme pada anak. Dengan begitu, anak-anak yang bersekolah di sekolah internasional dapat memiliki kompetensi global sekaligus memiliki karakter Indonesia. Selain itu, dengan adanya tiga mata pelajaran ini, diharapkan para pendiri sekolah berstatus internasional atau SPK tetap berada dalam koridor sistem pendidikan nasional. 

Jenis Kurikulum Sekolah Internasional

Reputasi, infrastruktur, dan tenaga pengajar. tak cukup menjadi tolak ukur Sahabat dalam memilih sekolah bagi anak, adik, atau saudara. Ada satu hal yang tak kalah penting, yaitu kurikulum. 

Kurikulum yang baik dan terstruktur dapat memudahkan proses belajar mengajar, memudahkan tenaga pendidik untuk menyampaikan materi, serta memudahkan peserta didik untuk menyerap mata pelajaran yang diberikan. 

Di Indonesia, setiap sekolah negeri dan swasta harus mengacu pada sistem kurikulum nasional. Nah, berbeda dengan sekolah internasional atau SPK, kurikulum yang digunakan pasti berbasis sistem pendidikan internasional. Mau tahu apa saja kurikulum internasional yang diterapkan di setiap sekolah internasional di Indonesia? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

  • Kurikulum Montessori 

    Kurikulum montessori termasuk salah satu kurikulum yang terkenal di kalangan sekolah internasional. Kurikulum ini hanya diterapkan di jenjang pendidikan usia dini atau pra sekolah dan sekolah dasar. Sebab, fokus utamanya adalah perilaku, aktivitas pengembangan karakter anak, dan penyesuaian diri. 

  • Kurikulum Cambridge International 

    Berdasarkan namanya, kurikulum ini berasal dari negara Inggris dan melalui perencanaan dan pembinaan langsung oleh Universitas Cambridge. Kurikulum ini mengajarkan peserta didik untuk latihan berpikir kritis dan analitis. 

    Ada empat hal yang jadi fokus utama kurikulum ini, di antaranya cara pandang internasional, pentingnya belajar bahasa Inggris untuk anak, metode pendidikan yang modern, dan memberikan peluang yang besar untuk melanjutkan pendidikan di universitas terbaik. 

  • Kurikulum International Baccalaureate (IB)

    International Baccalaureate (IB) termasuk kurikulum yang berasal dari Jenewa Swiss sejak tahun 1960. Kurikulum ini lebih mengajarkan peserta didik untuk berpikir kreatif, memiliki kecerdasan emosi, kemampuan intelektual, dan sosial yang baik. Selain itu, kurikulum IB juga melatih rasa solidaritas dan empati agar tetap peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. 

    Baca juga: 4 Jenis Pinjaman Dana Tunai Beserta Cara Pengajuannya

  • Kurikulum International Primary Curriculum (IPC)

    Tahukah Sahabat, IPC merupakan kurikulum yang saat ini banyak diterapkan di sebagian besar sekolah internasional di Indonesia lho. Salah satu keunggulannya yaitu fokus terhadap pembentukan karakter dan pribadi peserta didik (student centered). Kurikulum IPC tak hanya mengajarkan mengenai pentingnya akademis, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian yang unggul di ajang nasional dan global. 

  • Kurikulum Singaporean Primary School Curriculum (SPC) 

    Sesuai dengan namanya, kurikulum SPC berasal dari Singapura. Kurikulum ini berfokus pada fleksibilitas belajar sesuai dengan potensi dan minat peserta didik. Tujuannya agar setiap peserta didik memiliki daya saing yang besar di ranah internasional. 

Perbedaan Sekolah Internasional dan Nasional

Seperti yang telah disebutkan, kurikulum di sekolah nasional dan internasional tentu berbeda. Ternyata, kurikulum ini juga berpengaruh terhadap pelaksanaan ujian di setiap sekolah. Di sekolah nasional, peserta didik harus mengikuti dua jenis ujian, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). 

Sementara, di sekolah internasional, selain dua ujian tersebut, setiap peserta didik juga harus mengikuti ujian lainnya, yaitu ujian resmi sesuai kurikulum internasional yang diterapkan di sekolah. Perbedaan lainnya terletak pada bahasa pengantar dan tenaga pengajar. 

Di sekolah berbasis internasional umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sedangkan, di sekolah nasional menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris dan bahasa daerah termasuk ke dalam mata pelajaran biasa. 

Hal yang Harus Disiapkan untuk Sekolah Internasional

Memang tidak mudah memilih sekolah Internasional yang tepat karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Dalam menentukan sekolah yang tepat, sebaiknya Sahabat memilih sesuai dengan tujuan di awal. Apa tujuan Sahabat memasukkan anak atau adik ke sekolah tersebut?

Tujuan ini penting karena berkaitan dengan kurikulum yang dimiliki oleh sekolah tersebut. Seperti yang Sahabat ketahui, masing-masing kurikulum memiliki fokus pengajaran, keunggulan, dan kekurangannya sendiri. 

Selain itu, hal penting lainnya yang harus dipersiapkan adalah dana pendidikan. Sahabat tentu mengharapkan yang terbaik bagi anak atau adik yang akan masuk sekolah berbasis internasional. Namun, biasanya sekolah-sekolah terbaik memerlukan dana yang tak sedikit. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari kurikulum, fasilitas, dan tenaga pengajar. 

Meski begitu, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada kemudahan dalam mendapatkan pinjaman dana pendidikan. Dengan dana pinjaman pendidikan ini, Sahabat tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk menyiapkan uang tunai atau menunggu uang di bank terkumpul dengan sempurna. Dana pinjaman ini memudahkan Sahabat untuk membayar biaya pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

Nah, Sahabat bisa memanfaatkan aplikasi Adiraku untuk mendapatkan dana pinjaman yang mudah, praktis, dan terpercaya. Aplikasi Adiraku ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh Adira Finance, yaitu salah satu lembaga pembiayaan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Di aplikasi Adiraku, Sahabat bisa menggunakan layanan kredit multiguna untuk mendapatkan pinjaman dana pendidikan. Adiraku memudahkan Sahabat untuk mengajukan layanan pinjaman dana tanpa harus keluar rumah. Sahabat cukup mengakses pengajuan pinjaman hanya melalui smartphone saja lho. Selain kredit multiguna, aplikasi Adiraku juga menyediakan berbagai layanan lainnya, seperti kredit mobil, kredit motor, pembiayaan syariah, pembiayaan umrah, serta kredit elektronik dan furnitur.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lantai 53, 56-61
Jl Jenderal Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920

Call Center : 1500511
WhatsApp Chat / SMS : 0811 811 5811
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN