Home / Berita Terbaru

Membersihkan Busi Itu Sederhana, Tapi Bisa KeliruMembersihkan Busi Itu Sederhana, Tapi Bisa Keliru

Membersihkan Busi Itu Sederhana, Tapi Bisa KeliruMembersihkan Busi Itu Sederhana, Tapi Bisa Keliru

02 Oktober 2017 | Penulis : Adira Finance

JAKARTA – Busi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Fungsinya cukup strategis, yakni menyemburkan api saat proses pembakaran dalam mesin. Oleh karenanya, performa busi tentu harus dijaga dengan baik.

Merawat busi bukanlah usaha yang berat atau harus membawanya ke bengkel. Membersihkan busi jelas bisa dilakukan sendiri. Salah satu mekanik AHASS Honda Daan Mogot, Imam, menyarankan untuk pembersihan busi bisa dilakukan setiap pemakaian 4000 km.

Selain itu, saat membersihkan kotoran-kotoran hitamnya di kepala busi, biasanya mengambil cara pintas dengan menceburkannya ke genangan bensin. Menurut Imam, langkah ini harus dihindari.

“Kalau membersihkan busi jangan direndam menggunakan bensin, karena bisa mengikis elektroda pada busi,” terangnya, saat ditemui di bengkel, Selasa (26/9).

Untuk membersihkan busi, lanjut Imam, cukup menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut. Penggunaan bensin hanya sebatas disiramkan saja tanpa harus direndam.

“Kesalahan orang biasanya direndam dulu baru dibersihkan, itu tidak bagus. Memang pakai bensin tapi bukan direndam, pakai bensin secukupnya saja, lalu dikuas atau pakai sikat kawat yang lembut. Jika sudah dibersihkan, keringkan busi pakai lap atau disemprot menggunakan angin dari kompresor,” jelas Imam.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN