Home / Berita Terbaru

Mengenal Jenis Mobil SUV, MPV, Hatchback, Citycar dan LCGC

12 Februari 2024 | Penulis : Adira Finance

Sahabat, industri otomotif di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Tingginya permintaan pasar tentunya diiringi dengan meningkatnya kebutuhan kendaraan roda empat sebagai sarana transportasi yang praktis untuk berbagai keperluan. Pilihan kendaraan pun kemudian terbagi menjadi beberapa segmen yang disesuaikan dengan kondisi finansial dan kebutuhan konsumen di pasaran.

Setidaknya ada 5 jenis mobil yang saat ini hadir di pasar kendaraan roda empat Indonesia. Diantaranya seperti SUV, MPV, Hatchback, Citycar, dan LCGC (Low Cost Green Car). Dari kelima jenis ini, hampir semuanya populer dan menjadi pilihan berbagai kalangan.

Jika pada saat ini Sahabat kebetulan sedang berencana membeli kendaraan roda empat, artikel ini mungkin bisa jadi referensi perbandingan terkait dengan karakteristik, serta keunggulan dari masing-masing jenis mobil tersebut sebelum. Seperti apa perbedaan mobil SUV, MPV, Hatchback, Citycar, dan LCGC (Low Cost Green Car)?. Yuk, simak ulasannya berikut ini:

SUV (Sport Utility Vehicle)

SUV adalah jenis mobil yang dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang sekaligus performa yang baik di berbagai kondisi jalan. Mobil jenis SUV sangat cocok digunakan Sahabat untuk berbagai aktivitas harian atau bepergian jarak jauh, misalnya seperti mudik atau berwisata.

Dari segi desain, mobil SUV memiliki desain yang kokoh dengan ground clearance yang tinggi sehingga memberikan kemampuan untuk melewati kontur jalan tidak rata. Saat ini mobil jenis SUV banyak yang telah menggunakan roda penggerak depan, hal ini demi meningkatkan stabilitas berkendara, kabin yang lebih luas tanpa adanya gardan, efisiensi bahan bakar serta perawatan yang lebih mudah dan ekonomis.

Sport Utility Vehicle atau SUV umumnya memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak, membuatnya ideal untuk keluarga besar atau perjalanan yang dilakukan bersama rombongan. Beberapa SUV juga sudah dilengkapi dengan fitur off-road yang memungkinkan kendaraan dapat melewati berbagai kondisi medan jalan.

MPV (Multi-Purpose Vehicle)

MPV, atau sering disebut sebagai mobil keluarga, dirancang untuk memberikan kenyamanan ekstra berkat ruang kabin yang cukup luas untuk penumpang. Desainnya yang lega juga menjadi pertimbangan mengapa MPV diminati di Indonesia, sebab selain mampu membawa banyak penumpang sekali jalan, MPV juga biasanya memiliki bagasi yang besar untuk mengangkut banyak barang bawaan saat bepergian.

Beberapa model MPV dapat menampung hingga delapan orang. Kursi dapat dilipat atau disusun ulang untuk lebih meningkatkan luas ruang kabin, sehingga ideal untuk keluarga atau perjalanan yang dilakukan bersama anggota keluarga Sahabat. Dari segi konsumsi bahan bakar, MPV relatif cukup efisien. Meskipun demikian, tentunya hal itu tergantung dari besar kecilnya kapasitas mesin yang digunakan.

Hatchback

Hatchback adalah mobil penumpang bergaya sedan dengan karakteristik pintu belakang yang terhubung dengan bagasi. Tampilannya cenderung mirip mobil sedan namun dengan desain yang lebih ringkas. Tampilan bak sedan dengan kesan elegan membuat mobil ini begitu diminati di Indonesia. Mobil jenis hatchback umumnya lebih kecil dari SUV dan MPV dengan kapasitas penumpang empat hingga lima orang.

Hatchback memiliki keunggulan dari segi ukuran yang lebih compact. Dikarenakan ukurannya yang kecil, hatchback lebih mudah untuk di parkir dan bermanuver di wilayah perkotaan dengan jalan-jalan yang sempit. Dari sisi konsumsi bahan bakar, hatchback juga lebih efisien sehingga membuat mobil ini sangat cocok untuk berbagai aktivitas dan perjalanan sehari-hari.

Citycar

City Car merupakan mobil kecil yang dirancang khusus untuk digunakan di perkotaan. Sesuai namanya, citycar memiliki desain dan ukuran yang compact dan ringkas, sehingga ideal untuk mobilitas perkotaan yang padat.

Citycar dirancang untuk menampung dua hingga empat penumpang. Habitat citycar yang sejatinya untuk perkotaan dengan kondisi jalan macet, membuatnya dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien. Citycar ideal untuk perjalanan singkat dari satu tempat ke tempat lain di perkotaan. Sangat mudah untuk di parkir dengan lahan terbatas dan kemudi yang dapat bermanuver lebih baik di jalan-jalan kota yang sempit.

LCGC (Low Cost Green Car)

LCGC merupakan jenis mobil yang dirancang sebagai kendaraan dengan emisi yang rendah. Sesuai dengan namanya, LCGC dirancang dengan harga yang paling terjangkau dan ekonomis jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

LCGC umumnya memiliki ukuran yang kecil, berbobot ringan dan kapasitas mesin yang lebih kecil dibandingkan dengan semua jenis kendaraan lain, sehingga membuatnya lebih cocok untuk perjalanan dalam kota.

Sahabat, itulah penjelasan dari beberapa jenis kendaraan roda empat yang bisa dipilih. Sesuaikan mobil yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup hingga karakteristik masing-masing mobil. 

Baik SUV, MPV, Hatchback, Citycar, dan LCGC menawarkan kelebihannya masing-masing, sehingga Sahabat harus lebih cermat sebelum memutuskan untuk membeli. Adira Finance siap membantu Sahabat melalui pengajuan Kredit Mobil. Adira Finance menawarkan kemudahan memiliki mobil baru dan bekas secara kredit dari berbagai pilihan jenis dan merek dengan persyaratan dokumen yang mudah, proses cepat, pilihan angsuran dan tenor yang sesuai dengan kemampuan konsumen.

Adira Finance memiliki jaringan pembayaran angsuran yang luas, pilihan perlindungan asuransi yang lengkap, sistem penyimpanan BPKB yang aman, serta layanan yang bersahabat di ratusan kantor cabang/ perwakilan, dealer, contact center dan media digital.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang


Kantor Pusat Adira Finance

Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61
Jl. Jend. Sudirman Kav. 25
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12920

Call Center : 1500511
Email : customercare@adira.co.id
Cari Lokasi Cabang
  • Copyright @ Adira Finance Berizin dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN