Home / Berita Terbaru

Modifikasi Land Rover Defender 1997 : Transformasi Puma StyleModifikasi Land Rover Defender 1997 : Transformasi Puma Style

Modifikasi Land Rover Defender 1997 : Transformasi Puma StyleModifikasi Land Rover Defender 1997 : Transformasi Puma Style

11 September 2017 | Penulis : Adira Finance

BANDUNG – Sejatinya sudah membawa tampilan gahar yang tak lekang lintas generasi, memang menjadi pekerjaan berat bagi Yosep – punggawa H2OBodywork saat diminta merubah Land Rover berumur 20 tahun itu kembali segar dan lebih modernis.

Wajar saja, ternyata yang disodorkan sang pemilik mobil peruntukan militer itu adalah model Defender 300tdi militery series tahun 1997. Apalagi saat pertama kali diboyong ke bengkel, mobil masih terkujur lemah.

Tentunya, bukan Yosep jika harus menyerah sebelum berperang. Bergerak atas dasar gairah akan tantangan, Yosep malah terpacu menyulapnya secepat mungkin.

Tak ayal, rumah modifikasi asal Inggris – Project Khan menjadi dasar inspirasi pengerjaannya, dengan sedikit penyesuaian. Sosok Defender Puma yang kharismatik dan tidak ketinggalan jaman jadi patokan.

Eksterior

Proses kustomisasi bodi pun berjalan apik dengan sedikit memakan waktu hingga 7 bulan, sebab terang Yosep, mereka harus melewati 3 langkah cetakan (moulding) bodi yang berbahan fiber dan sebagian carbon fiber. Ini ditujukan agar bobot mobil tidak terlampau berat.

“Kalau dibanding proses lainnya, cara ini cukup mengurangi bobot hingga 70%,” jelas Yosep saat ditemui di Bandung, beberapa waktu lalu.

Selain itu, perubahan dari atap kanvas ke model hardtop bermaterial galvanis, serta pembuatan pintu belakang juga cukup menyita waktu.

Menyempurnakan kesan gahar pada tunggangan gaek berlebel “green oval” tersebut, Yosep menawarkan pilihan warna dark titanium matt, ditambah cangkokan pelek 18 inchi special order.

Interior

Melongok ke kabin, kesan mobil militer yang apa adanya tak akan ditemui lagi. Desain dasbor ala Puma, jok jenis bucket seat yang dikustom ulang, serta lapisan sintetis MBtech Camaro Fiesta berkelir orange tomatto memenuhi ruangan yang kini jauh lebih nyaman tanpa menanggalkan kesan sporti.

Belum lagi bagian belakang. Bangku awal model face to face (hadap-hadapan) dirombak ulang, beserta penambahan sistem entertainment dan kompartemen guna menunjang perjalanan jauh. Tidak ketinggalan sistem pendingin ruangan yang tidak akan Anda temui pada model bawaannya.

Berbekal kerapian merajut lapisan sintetis ke seluruh ruangan, memilih kombinasi warna jahitan benang dan aksen diamond yang menutup interior mobil yang dijuluki pemiliknya – Bayu Avrianto Raksakadarma, sebagai Land Rover Defender HX1 ini sukses menggondol thropy juara utama MBtech Award di IAM MBtech 2017 di Bandung.

Spesifikasi

Model : Land Rover Defender 300tdi 1997
Name Project : Land Rover Defender HX1
Bengkel : H2OBodywork. Jalan Muarasari 1 No. 1, Bandung.

Eksterior :
Body kit custom Defender Puma, fiber wide body, front grille, head lamp cover, engine hood, rear door, footstep, engine gard, wheel steering belakang, kaca, dan hardtop galvanis. Cat dark titanium matt, head lamp projector, LED.

Interior :
Dasbor upgrade model Defender Puma, Jok Bride custom, kustom kompartemen, shift knob Sparco, kustom setir, kustom konsol boks, terminal pengisian gadget dan lighter custom.

Audio :
Head Unit Pioneer 1750, speaker split Venom, subwoofer 10 inchi, custom box, dan roof tv.

Kaki-kaki :
Pelek Sport Land Rover R18 Special order TCD 5X165, Ban Toyo MT.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN